Article
Sep 02

Aku dan Merry Riana by Yane

Posted at 05.06 PM | No Comments | POST A COMMENT

Apalah arti sebuah nama. Satu peribahasa yang sungguh kontras dengan kenyataan, karena tiap orang pasti selalu mencari-cari arti namanya demi satu nilai kepercayaan diri dan menemukan tujuan jelas dalam hidupnya. Satu kali saya pernah bertanya kepada mama mengenai arti nama saya. Kalimat yang cukup mengejutkan dari mama, “Kamu lahir bulan Januari jadi mama kasih nama Yane Ri-ana Putri, YaneRi dibacanya Januari, Putri karena kamu anak perempuan” Sejak saat itu, kalimat simpel dari mama inilah yang selalu menjadi jawaban pamungkas ketika banyak yang bertanya tentang arti nama saya.

 

Saya menjadi salah satu orang yang setuju dengan kalimat peribahasa itu ‘Apalah arti sebuah nama’. Sampai suatu saat, ketika saya sedang mencari-cari buku di toko buku di wilayah Jakarta, saya melihat ada sebuah buku berwarna putih bercorak merah dan terpampang foto seorang wanita muda cantik yaitu Miss Merry Riana di buku Mimpi Sejuta Dollar. Miss Merry Riana berhasil menjadi milioner di usia 26 tahun. Jujur, saya langsung berbesar hati membaca cover buku ini, nama yang sama denganku. Tapi, inilah momentum istimewa dimana saya akhirnya mengerti arti nama saya sendiri dan tujuan Tuhan menciptakan saya. Ketika Tuhan mengizinkan hal-hal yang amat sungguh luar biasa dahsyat terjadi dalam hidup seorang Merry Riana, Ia pasti akan lakukan juga dalam hidup seorang Yane Riana. Pengenalan saya dengan Merry Riana memang diawali oleh sebuah buku, terus berlanjut dengan blog, media sosial seperti facebook dan twitter, seminar-seminar dan penampilannya di beberapa stasiun TV. Sungguh sosok mentor dan juga kakak yang bersahabat. Saya benar-benar sangat terinspirasi oleh Merry Riana, lewat kisah hidup dan semangatnya.

 

Saya merupakan anak kedua dari empat orang bersaudara. Saya dilahirkan di sebuah keluarga yang sederhana. Mama merupakan seorang perantau yang berjuang hidup sebagai single-parent di kota Jakarta sejak tahun 1986, namun dari mamalah spirit hidup aku dapatkan. Berbekal penghasilannya hanya sebagai penjahit, mama berjuang mengusahakan semua anaknya mendapatkan pendidikan yang layak. Hal ini terbukti sampai kakak saya mendapat gelar master di Universidad de Sevilla dari beasiswa Eramus Mundus. Berjuang adalah satu kata yang tak pernah lepas dari keluarga kami dan satu kalimat yang selalu saya katakan pada orang-orang disekitar saya adalah “Keterbatasan ekonomi bukanlah penghalang untuk kita mendapatkan pendidikan, karena semua orang berhak dan layak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik”. Inilah semangat yang dapat saya berikan ke orang-orang disekitar, adik-adik dan saudara-saudara yang saya ajar juga teman-teman saya, lewat tindakan, hasil kerja dan selipan kata-kata motivasi bagi mereka.

 

Saya adalah seorang mahasiswi Agronomi dan Hortikultura, Kebijakan Agribisnis Fakultas Pertanian dan saya berusaha tetap memberikan dampak lewat semangat perjuangan sesuai bidang ilmu. Teringat ketika beberapa bulan yang lalu saya turut serta berkontribusi membantu penataan penanaman sayuran dan tanaman obat di lingkungan RW 5 Palmerah Jakarta Barat yang menjadikan daerah ini menjadi juara 1 lingkungan pemukiman sehat, hijau dan asri. Sejak saat itu, saya sering berdiskusi masalah-masalah lingkungan dan penghijauan pertanian dengan Pak RT, Pak RW dan Pak Lurah, sampai-sampai saya mendapat telepon dari Pak Lurah yang hanya sekedar bertanya kapan pulang Jakarta. Dari hal-hal seperti inilah saya membuktikan bahwa anak Jakarta tidak salah masuk ke dunia pertanian dan memang inilah sektor yang harusnya sedang diperhatikan dan sangat menjanjikan karena menyangkut keberlangsungan kehidupan.

 


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Aku dan Merry Riana by Yane

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]