Article
May 19

An Extraordinary Woman – Najwa Shihab

Posted at 02.38 PM | 2 Comments | POST A COMMENT

Bersyukurlah bila Anda terlahir sebagai perempuan, karena perempuan adalah sosok yang sangat kuat. Di tengah perubahan jaman yang terus bergulir, perempuan semakin menunjukkan eksistensinya di berbagai bidang tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu di rumah. Tangan perempuan mampu bekerja di atas tumpukan berkas pekerjaan sekaligus bekerja di atas dapur.

Sebagai perempuan, Merry merasa bangga melihat rekan-rekan seperjuangannya melakukan banyak hal luar biasa di kehidupan keluarga maupun di kehidupan sosialnya. Perbedaan gender yang masih terus menekan mundur para perempuan tak mengalahkan semangat mereka, termasuk semangat Merry, untuk terus maju.

Masih dalam aroma hari International Women’s Day yang jatuh pada 8 Maret, The Merry Riana Show mengangkat tema An Extraordinary Woman. Bersama bintang tamunya saat itu, Merry kembali me-refresh ingatan para pendengar bahwa perjuangan perempuan tidak berhenti sampai disini. The Merry Riana Show bersama Najwa Shihab hari itu kembali menyerukan kesetaraan dalam pekerjaan dan pendidikan perempuan di Indonesia.

Begitu bangganya Merry hari itu bisa bersanding dengan Najwa Shihab, sosok perempuan pintar, bersahaja dan kritis yang sangat menginspirasi. Auranya yang cantik memenuhi ruangan. Membuat seisi studio berkonsentrasi begitu ia mulai bicara. News anchor Metro TV yang selalu hadir setiap hari rabu dalam acara “Mata Najwa” itu mulai menjawab tiap pertanyaan Merry dan menceritakan pengalaman-pengalamannya sebagai perempuan multi talented.

Anak dari seorang ulama besar, Kurai Shihab, Najwa mulai menceritakan tentang kesibukannya saat ini. Najwa kini telah diangkat menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Metro TV. Jadi ia yang mengurusi 24 jam siaran Metro TV. Wah, ketika mendengar hal itu Merry semakin kagum dengan Najwa. Pasti bukanlah hal mudah bagi perempuan yang telah berkeluarga sepertinya untuk membagi waktu antara keluarga dan kesibukan pekerjaannya yang padat. Terlebih Merry merasa sangat tersanjung di antara kesibukaannya, Najwa masih mau menyempatkan diri untuk hadir di The Merry Riana Show hari itu.

Najwa kecil hidup berpindah-pindah bersama keluarganya. Lahir di Makassar, sempat ke Solo, sampai ke Kairo karena sang Ayah mengambil S3 di Unviversitas Al Azhar, hingga akhirnya terdampar di Jakarta. Najwa dibesarkan di keluarga dengan nilai-nilai religi yang begitu taat. Ia dan saudara-saudaranya diharuskan sampai di rumah sebelum maghrib supaya bisa menjalankan shalat berjamaah yang akan ditutup dengan diskusi agama bersama sang Ayah. Namun nilai religi yang tinggi bukan berarti memenjarakan Najwa. Sang ibu justru mengikutkan dia dalam berbagai lomba. Sedangkan sang Ayah memintanya untuk mengikuti banyak kegiatan organisasi di sekolah. Hingga akhirnya Najwa diijinkan untuk mengambil beasiswa sekolah di Amerika Serikat. Dari sinilah cikal bakal lahirnya seorang news anchor dan reporter terkenal, Najwa Shihab.

Menjadi seorang News Anchor adalah passion Najwa sejak kecil. Sebetulnya hal ini belum ia sadari sampai ia bekerja di Metro TV dan sang ibu mengingatkan akan kejadian lalu, yaitu Najwa kecil sewaktu di Mesir memang paling suka mengikuti orang berbicara di TV.

Sebagai seorang reporter dan news anchor, Najwa Shihab pernah mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia dan Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia untuk liputannya atas bencana Tsunami Aceh di tahun 2004. Najwa memaparkan bagaimana kronologis dirinya saat bencana itu terjadi. Bukan hanya Merry, tapi seisi studio saat itu seakan merinding mendengar ceritanya. Itu adalah saat pertama kami mendengarkan secara langsung tentang bagaimana keadaan di Banda Aceh tahun itu. Mata Najwa berkaca-kaca. Seisi ruangan bisa merasakan bagaimana kengerian yang mencekam saat itu.

Dari liputannya terlahir gerakan kepedulian yang besar dari Indonesia dan manca negara atas tragedi tersebut. Dan peristiwa itu pula lah yang membuat Najwa menjadi makin jatuh cinta dengan pekerjaannya. Bukan hanya melaporkan, tapi melalui pekerjaannya Najwa bisa merasakan apa yang orang lain rasakan. Lewat pekerjaannya ini Najwa menyalurkan jiwa dan perasaannya.

Dari kisah perjalanannya hingga sampai menjadi sosok perempuan yang luar biasa, Merry beralih pada perbincangan mengenai perempuan masa kini. Sebagai seorang perempuan yang telah mendapatkan begitu banyak penghargaan dan telah mencapai titik atas di kehidupannya, Najwa pernah memutuskan untuk take a break dan memutuskan untuk sekolah kembali. Bagi Najwa pendidikan adalah hal yang sangat penting. Sesuai dengan apa yang pernah dikatakan kakek Najwa, Abdurahman Shihab, bahwa pendidikan merupakan agen dari perubahan.

Sebagai perempuan yang telah menempuh pendidikan dengan baik, Merry dan Najwa merasa sangat beruntung. Sayangnya, masih begitu banyak perempuan di Indonesia ini yang belum bisa mendapatkan kesempatan yang sama seperti mereka. Menurut Najwa hal ini juga yang menyebabkan begitu banyak perempuan Indonesia yang terjerat kemiskinan, tingginya angka kematian saat melahirkan, tingginya tingkat kejahatan yang menimpa perempuan seperti trafficking dan sebagainya. Ya, tak jauh dari mata mereka sesungguhnya begitu banyak perempuan yang tidak beruntung, tidak memiliki pendidikan yang cukup, dan tak bisa memperbaiki kehidupan.

Menurut penemuan di Amerika, Najwa membeberkan bahwa, memang perempuan memiiliki pola pikir yang berbeda dari pria. Perempuan lebih tidak percaya diri dan tidak menganggapi diri pantas untuk sukses. Begitu mendengar itu Merry merasa begitu beruntung karena tidak terperangkap di pola pikir yang sama. Terlebih ia dan Najwa memiliki suami dan keluarga yang sungguh-sungguh mendukung kesuksesan mereka.

Lewat The Merry Riana Show, Najwa menyampaikan pesannya kepada seluruh perempuan yang mendengarkan saat itu. Just let’s show up! Jangan ragu untuk menunjukkan jati diri. Karena perempuan jauh lebih hebat dari pria. Perempuan adalah pilar masyarakat.

Perbincangan Merry dengan Najwa Shihab hari itu, seharusnya mengingatkan seluruh perempuan yang mendengarkan. Bahwa perempuan dapat berkembang jika memiliki mimpi, usaha yang kuat, kesempatan yang luas, orang-orang yang selalu mendukung dan kepercayaan diri. Seorang Najwa Shihab bisa menjadi perempuan luar biasa di lingkungan pekerjaan dan di keluarganya. Seorang Merry Riana juga bisa menjadi perempuan yang setia dengan mimpi-mimpinya tanpa lupa akan kewajibannya sebagai seorang ibu dan istri.

Kalau begitu, tidak ada alasan bagi Anda, para perempuan Indonesia, untuk menjadi hal yang sama, bukan? Perempuan Indonesia, pasti bisa!

Live Your Best Life for Indonesia!

The Merry Riana Show – An Extraordinary Woman

8 Maret 2013


You may also like :




  • About Merry Riana

Comments (2)

  1. Deasyka Yastani

    Sangat setuju, dengan kalimat pendidikan adalah agen perubahan. Hidup hanya sekali.. Belajarlah sampai mati. ( Salah satu moto beasiswa yang sedang saya coba ikuti) hal ini belajar mencakup hal yang sangat luas, tidak hanya akademis saja, namun seluruh aspek kehidupan kita.. Perempuan adalah pilar masyarakat… Go Merry Riana…Kita pasti bisa..

  2. sungguh karunia tuhan yang tak terhingga yang melahirkan manusia-manusia hebat berhati mulia dan berjiwa kesatria berani dan tangguh..
    saya yakin kelak bangsa ini akan lebih maju dan lebih hebat lagi jika manusia -manusia pilihan itu lahir di negeri Indonesia yang akan menaklukkan dunia melalui pesan dan hubungan yang harmonis antar negara Aku Cinta Negeriku Indonesia

Post a comment

Post a comment to An Extraordinary Woman – Najwa Shihab

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]