Article
Jan 06

Belajar Bacakilat

Posted at 11.34 AM | No Comments | POST A COMMENT

Belajar Bacakilat

 

Berdasarkan data yang dilansir Organisasi Pengembangan Kerja sama Ekonomi (OECD) pada tahun 2009, budaya baca masyarakat Indonesia menempati posisi terendah dari 52 negara di kawasan Asia Timur. Sungguh ironis sekali mengetahui bahwa masyarakat Indonesia memiliki minat baca yang rendah. Padahal aktivitas membaca itu kaya akan manfaatnya.
Banyak orang yang sadar bahwa membaca itu bermanfaat tapi tidak juga melakukan nya, karena waktu mereka yang sangat terbatas untuk memahami isi buku yang memiliki lembaran yang banyak.

Bintang tamu kali ini khusus didatangkan oleh Merry Riana untuk memberikan solusi baca dengan teknik baca kilat untuk membaca 1 halaman/detik. Sistem baca kilat sudah dipopulerkan sejak tahun 2009. Kebermanfaatan sistem baca kilat yang ditemukan Agus menginspirasinya untuk membagikan ilmu baca kilat kepada banyak orang. Ia pun telah menyelenggarakan banyak workshop dan tercatat memiliki lebih dari 2.000 alumni dari 90 angkatan.

“Sebenarnya baca kilat itu apa sih?” tanya Merry mengawali perbincangannya dengan Agus.

Baca kilat adalah sebuah sistem membaca efektif dimana seseorang bisa memperdayakan pikiran bawah sadarnya untuk membaca. Ibarat corong, yang memiliki sisi ujung yang kecil dan yang besar, membaca dengan cara biasa seperti menuangkan air dari ujung corong yang kecil. Walau dibaca berulang kali, materinya tetap tidak dimengerti pembaca. Sedangkan baca kilat menampung segala informasi ke alam bawah sadar baru membuat pikiran sadar seseorang untuk mengerti.

Ada 3 langkah yang bisa dilakukan untuk mempraktekan teknik baca kilat :

  1. Tinjauan awal, cara untuk melihat gambaran besar isi dan maksud buku.
  2. Baca kilat, di sini seseorang akan membuat alam bawah sadarnya untuk belajar.
  3. Setelah baca kilat, orang perlu melanjutkan dengan langkah aktivasi manual. Dengan melakukan langkah aktivasi manual, Anda akan merasa buku itu sangat familiar. Aktivasi itu ada 2 jenis, aktivasi manual dan aktivasi otomatis. Aktivasi manual, menggunakan buku yang Anda baca kilat sebagai pemicu untuk membangun pemahamanan Anda sesuai tujuan. Sedangkan aktivasi otomatis, menggunakan kegiatan sehari-hari, ketika Anda berinteraksi dengan orang, di pekerjaan atau dimanapun.

 

Founder dari Aquarius Note dan Creator dari 30harimembaca.com ini punya moto “Kiat membaca 1 halaman perdetik”.

“Kok bisa 1 halaman perdetik?” tanya Merry Riana, terkejut.

Sebuah sel mata diyakini bisa menyerap 100.000.000 bit informasi perdetik. Sedangkan yang ditangkap oleh pikiran sadar hanya 40bit perdetik, sisanya disimpan ke bawah sadar. Kesimpulannya, mata mampu memotret seluas mata memandang. Untuk melakukan teknik baca kilat, Anda harus membiarkan mata Anda seakan-akan memotret isi buku lewat pandangan mata dalam hitungan detik, tidak perlu lama-lama. Bila terlalu lama, Anda justru akan mengijinkan pikiran sadar untuk menganalisa isi buku.

Topik makin menarik, Merry jadi ingin lebih tau cara yang bisa membantu seseorang membaca dan memahami sebuah buku. Dengan terperinci Agus menjelaskan satu-persatu tekniknya.

Pertama, Anda harus punya posisi duduk yang tegak. Duduk yang tegak bukan berarti tegang. Dengan sikap duduk yang tegak, aliran oksigen ke otak akan lancar sehingga pikiran lebih segar, lebih alert, lebih waspada pada informasi.

Kedua, punya gambaran besar dan tujuan. Anda harus tahu apa yang ingin Anda ambil dari buku yang Anda baca.

Ketiga, masuk ke kondisi flow atau kondisi fokus. Kondisi flow yang dimaksud disini bisa terjadi kalau Anda punya tujuan yang memotivasi Anda untuk membaca.

Keempat, membuat buku itu familiar. Kebanyakan orang membaca dan tak mengerti karena buku yang mereka baca tidak familiar. Jadi di sinilah langkah baca kilat sangat penting untuk dilakukan karena saat Anda melakukan baca kilat, Anda membuat bawah sadar Anda familiar.

Kelima, melibatkan imajinasi. Membaca yang efektif adalah membaca yang aktif. Jadi waktu kita membaca hal-hal yang penting, kita imajinasikan.

Keenam, mengatur kecepatan. Dalam membaca Anda harus mengatur kecepatan, kapan harus mempercepat, kapan harus memperlambatan.

Ketujuh, mind mapping. Mind mapping adalah sebuah cara mencatat yang melibatkan memori dengan sangat bagus.

Menurut Agus, waktu untuk membaca yang paling ideal adalah pas bangun pagi, dimana pikiran masih dalam kondisi jenius.

Tak terasa, karena keterbatasan waktu The Merry Riana Show kali ini harus usai. Sebelum berpisah, Agus mengutarakan bahwa teknik baca kilat yang ia temukan adalah usaha minimal dengan efek maksimal.

Membaca itu kaya akan manfaatnya. Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, membaca akan membuat Anda dapat mengembangkan diri dengan informasi-informasi yang Anda dapatkan dari buku. Dan sadar atau tidak, ternyata kegiatan membaca menjadi hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Ayo membaca!

Live Your Best Live for Indonesia.


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Belajar Bacakilat

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana By Bernard Suhengki
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
Protected with SiteGuarding.com Antivirus