Article
Aug 31

Bring Better Quality of Life

Posted at 04.35 PM | No Comments | POST A COMMENT

Semua orang tentu berangan-angan memiliki kehidupan yang lebih baik lagi dan berkualitas. Sama hal nya dengan Sutedja Sidarta Darmono, bintang tamu The Merry Riana Show yang berprofesi sebagai salah satu Direktur PT Jababeka.

 

Seperti pada jumat pagi sebelumnya, Merry membuka The Merry Riana Show dengan sapaan khas “Hi, Friends..” Disampingnya, telah duduk seorang pria tinggi yang masih muda tapi berperan penting di sebuah satu perusahaan ternama, Jababeka.

 

Pria yang baru berumur 34 tahun ini, menempuh pendidikan studi akuntansi di Monash University, Australia dan pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan Bakerzin Food Service Management di Shanghai, Tiongkok, di tahun 2006. Dan kini selain menjabat sebagai Direktur Jababeka, ia juga menjabat sebagai Presdir PT Graha Buana Cikarang.

 

“Gimana kisah suksesnya dari perjalanan hidupnya sampai menjadi direktur dari Jababeka?” tanya Merry mengulik kisah kecil dan perjalanan karir Sutedja.

 

Sutedja adalah anak Setyono Djuandi Darmono, Direktur Utama sekaligus Pendiri PT. Jababeka.  Sejak kecil, Sutedja didik sangat keras oleh sang ayah. Ia dituntut untuk menjadi pribadi yang cukup dewasa dan independen.

 

Awalnya, Sutedja tidak pernah dipersiapkan untuk memimpin di Jababeka. “Saya sempat kerja di Australi, Singapur, Shanghai, membangun perusahaan F&B.” Terang Sutedja menceritakan awal karirnya. “Akhirnya saya menemukan bahwa passion dan perjalanan karir saya di property. Rasanya kalau masuk ke property itu kayak dirumah.” tambah Sutedja. Setelah cukup lama berputar-putar di bidang lain, Sutedja akhirnya memantapkan hati untuk menggeluti bidang property.

 

Jika Anda sering melewati kawasan Bekasi – Cikampek, Anda pasti sudah familiar dengan pemandangan pabrik-pabrik disepanjang jalan. Itulah hasil karya tangan Jababeka selama 26 tahun silam.

 

Awal kisahnya Jababeka ini bermula pada tahun 1989, ketika Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memberikan izin kepada dua pengusaha bernama Setyono Djuandi Darmono dan Hadi Rahardja untuk mengelola sebidang tanah kosong di wilayah Bekasi menjadi sebuah kawasan industri. Dan kini, kawasan tersebut bukan hanya terkenal sebagai kawasan industri, tapi berkembang menjadi sebuah industrial township yang disebut Kota Jababeka.

 

“Apa nih ilmu-ilmu yang Pak Setyono tularkan ke Pak Sutedja?” tanya Merry.

Menurut Sutedja, sang ayah adalah seorang yang visioner. Dari cara berpikir dan cara sang ayah mengambil keputusan, Sutedja belajar strategi memiliki 2 – 3 langkah ke depan agar bisa mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Bagi Sutedja, sang ayah juga sangat nasionalis, dimana ia selalu bertekad untuk membangun Indonesia melalui Jababeka.

 

Setiap profesi pasti meninggalkan jejak suka duka. Begitupun dengan apa yang Sutedja rasakan. Sebagai generasi kedua, Sutedja mendapatkan tantangan untuk dapat mengembangkan Jababeka lebih baik lagi. Ia berusaha keras memperkenalkan image baru Jababeka sebagai kawasan residence. Namun kentalnya brand Jababeka sebagai kawasan industri, membuatnya harus berupaya keras. Inovasi demi inovasi terus ia lakukan, agar Jababeka residence bisa menjadi hunian yang memberikan kualitas hidup lebih baik kepada yang tinggal disana.

 

Cita-cita Sutedja, bukan hanya Bekasi dan Cikarang saja yang disulap menjadi kota-kota mandiri yang modern. Tapi ia bersama Jababeka punya komitmen untuk terus menduplikasi keberhasilan Kota Jababeka dengan membangun 100 kota mandiri di Indonesia.

 

“Apa kunci kesuksesan Sutedja?” tanya Merry sebelum mengakhiri perbincangannya dengan Sutedja di The Merry Riana Show.

 

 “Percaya Tuhan.” Jawab Sutedja. Bagi Sutedja, hal yang paling utama adalah selalu menempatkan Tuhan di tempat pertama. Ia juga membuka rahasia kunci kesuksesannya, yaitu menjadi pribadi bertanggung jawab, pantang menyerah, optimis, dan selalu punya semangat hidup yang kuat dalam menghadapi tantangan.

 

 

Live Your Best Live for Indonesia.

 


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Bring Better Quality of Life

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article