Article
Apr 25

Cara Kreatif Mendidik Anak

Posted at 01.55 PM | No Comments | POST A COMMENT

Cara Kreatif Mendidik Anak

 

Memiliki anak yang cerdas, penurut dan bisa menjadi kebanggaan tentu dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya, cara mendidik menjadi sangat berpengaruh dalam perkembangan setiap anak. Setiap orang tua pasti ingin melakukan yang terbaik untuk anaknya. Meski di jaman sekarang ini, tidak sedikit wanita yang ikut bekerja mencari nafkah.

Ada banyak keraguan bahwa seorang wanita karir mampu membagi waktu antara bekerja dengan mengurus anak. Namun, tantangan sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan. Bitang tamu The Merry Riana Show kali ini, Melly Kiong, berhasil membuktikan bahwa seorang ibu bekerja dapat mendidik anak dengan baik.

Merry Riana percaya, pendidikan bukan hanya bisa didapat di sekolah saja namun juga bisa didapat dirumah. Orang tua adalah guru pertama dan guru utama dalam mendidik seorang anak. Ini bukan hal yang mudah. Karena sesungguhnya, tidak pernah ada sekolah untuk menjadi orang tua.

Komitmen merupakan hal yang sangat penting dalam mendidik seorang anak. Ketika memutuskan untuk menjadi seorang ibu yang bekerja, Melly Kiong telah berkomitmen untuk memprioritaskan anaknya pada urutan pertama. Cita-citanya adalah menyiapkan mental agar apa yang pernah terjadi dalam kehidupannya, tidak terulang lagi kepada anak-anaknya.

Melly Kiong menuturkan bahwa kendala utama orang tua bekerja adalah pembagian waktu. Bagi Melly Kiong yang terpenting adalah kualitas. Di waktu yang terbatas, seorang ibu harus bisa megisi peran dengan sepenuhnya, mendengarkan mereka berpendapat dan menjalin komunikasi yang dekat.

Miss Merry Riana juga menambahkan, pentingnya komunikasi antara orang tua dan anak membuat anak dapat belajar untuk mengintropeksi diri, mengenal yang benar dan yang salah, serta belajar untuk melindungi dirinya sendiri.

Seorang anak harus diajak untuk terlibat dalam sebuah keputusan. Melly Kiong pun membeberkan tipsnya. Katanya, keputusan antara orangtua dan anak harus dibuat oleh kedua belah pihak. Bukan keputusan yang dibuat oleh orang tua dan anak hanya menjalankan. Dengan begitu anak ikut terlibat di dalam keputusan atau aturan tersebut dan kedewasaan seorang anak muncul untuk belajar berkomitmen.

Orangtua harus selalu berhati-hati dalam mendidik anak. Karena kendali ada ditangan mereka.

Pada umumnya, kesalahan orang tua adalah mendidik dengan cara sepihak, tanpa melibatkan anak dalam memberikan pendidikan. Selain itu, kesalahan yang sering dilakukan para orangtua adalah suka membanding-bandingkan anaknya dengan dirinya di masa lalu atau dengan anak-anak lainnya. Padahal, pada dasarnya anak itu tidak suka dibandingkan.

Ada banyak pertanyaan yang masuk dari pendengar, salah satunya mengenai belajar. Melly Kiong mempunyai pandangan sendiri mengenai hal tersebut. Kebanyakan orang menganggap belajar hanya sebatas pada kegiatan di sekolah dan membaca buku, namun Melly Kiong percaya belajar dapat diperoleh dari mana saja, termasuk saat bermain. Jangan memberikan tekanan dalam belajar, tapi biarkan anak belajar selama alami sampai kesadaran untuk belajar terbentuk dengan sendirinya.

Menurut Melly Kiong sejak anak bangun pagi bukan hanya gizi makanannya saja yang harus dijaga namun gizi psikologisnya juga harus dijaga. Pilihkan sekolah yang berada di dekat rumah untuk anak agar anak tidak perlu buru-buru untuk pergi ke sekolah dan bangun lebih santai sehingga waktu tidur lebih cukup.

Miss Merry juga menambahkan, agar orang tua menghargai segala bentuk usaha yang telah dilakukan anak. Tujuannya untuk mendorong pembentukan kesadaran anak secara alami. Dari situ, pertanyaan demi pertanyaan akan terbentuk sebagai rasa keingintahuan seorang anak untuk mencari jalan keluar. Di situlah anak belajar untuk berinisiatif.

Dalam perkembangannya, anak akan mengalami perubahan terutama saat memasuki usia remaja. Orangtua bertugas untuk mengawasi perkembangan itu. Berikan kasih sayang, teladan dan nilai-nilai baik kepada anak. Tujuannya demi anak yang kita cinta tumbuh menjadi pribadi  yang hebat.

Live Your Best Live for Indonesia.


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Cara Kreatif Mendidik Anak

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]