Article
Sep 23

Cara Pintar Berbisnis Online

Posted at 10.30 AM | No Comments | POST A COMMENT

Merry bersyukur sampai pada saat ini banyak sekali teman-teman yang telah memberikan respon positif pada buku-bukunya. Banyak sekali orang yang memention foto buku Mimpi Sejuta Dolar yang mereka beli, pada akun twitter Merry. Jika diingat kembali, dulu Merry sempat kebingungan tentang cara efektif yang bisa membuat bukunya dapat dikenal masyarakat luas. Sampai tercetuslah ide untuk mempromosikannya melalui media sosial. Dan Puji Tuhan, responnya sangat baik dan menghantarkan buku tersebut sampai terjual lebih dari 100 eksemplar dalam waktu kurang dari 1 tahun.

 

Jaman telah berubah semakin canggih. Dunia online kini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dulu, jika ingin berbelanja baju Anda perlu ke toko pakaian terdekat. Kalau sekarang, dengan kecanggihan teknologi Anda bisa menemukan segala macam barang kebutuhan pada toko-toko berbasis online. Bukan hanya itu saja, ternyata banyak sekali toko online yang menyediakan barang-barang branding, dengan harga yang bersaing ketat seperti pada toko offline.

 

Zalora.co.id, contohnya. Sebuah situs web belanja online yang menawarkan produk-produk lebih dari 600.000 brand terkemuka, baik lokal maupun internasional. Situs berkonsep departemen store versi online ini sudah ada di 8 negara didunia, dan telah diluncurkan di Indonesia pada tanggal 24 Februari 2012. Menjual lebih dari 140 macam kategori kebutuhan, mulai dari sepatu, baju atasan, bawahan, baju pesta, batik, tas, aksesoris, produk kecantikan, dan lain-lainnya. Bukan hanya untuk wanita tapi juga untuk pria dan anak-anak.

Memulai karirnya sebagai seorang konsultan, membawa Wenas mendapatkan peluang berelasi dengan para co-founder Zalora lainnya. Bersama Catherine, partnernya, mereka dipercaya membawa Zalora ke Indonesia sekaligus menjadi co-founder Zalora Indonesia. Sebelum Merry ketemu dengan Wenas, Merry memang telah mengenal Catherine lebih dulu. Mereka sama-sama sekolah kuliah di NTU di Singapore. Sayang sekali, saat itu Catherine berhalangan hadir ke acara The Merry Riana Show.

 

Berbicara soal berbisnis online, memang sangat menggiurkan. Mengingat bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Keuntungan dari segi waktu, biaya operasional yg rendah, dan dapat menjangkau pasar yang luas. Namun perkembangan dunia bisnis yang pesat saat ini, memaksa kita untuk terus kreatif dan menemukan berbagai cara baru agar dapat menguasai pasar yang luas.

 

Seperti halnya Zalora yang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Banyak sekali keunggulan-keunggulan spesial yang membuat Zalora berbeda dengan situs belanja online lainnya. Antara lain memberikan ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dapat melakukan sistem pembayaran COD atau Cash On Delivery, dimana pembeli dapat melakukan pembayaran setelah menerima barangnya diantar, dan garansi 7 hari uang kembali jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan keinginan. Dan yang paling menarik adalah fitur FITZME, fitur ini seperti virtual fitting room. Dimana pelanggan dapat mengetahui apakah tubuhnya cocok menggunakan pakaian yang akan dibeli tanpa perlu melihat barang secara fisik.Keempat hal ini yang kemudian membuat animo masyarakat cukup besar pada zalora.co.id sampai saat ini.

 

Tidak sedikit orang yang sudah merambah bisnis berbasis online. Di negara maju seperti Amerika dan Jepang, rata-rata orang yang ingin membeli produk mereka ngeceknya di offline, dan membeli di online. Fenomena inilah yang ingin sekali Wenas godok ke Indonesia. Oleh sebab itu, Wenas menuturkan bahwa ia sangat menyambut baik dan sangat mendukung perkembangan toko-toko online yang lain untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa belanja online itu save dan nyaman. Karena menurutnya saingan terberat toko online bukanlah sesama toko online, tapi toko-toko di offline.

 

Berdasarkan survey dari Nielsen Indonesia tahun 2010 silam, 68% dari populasi online di Indonesia itu pernah belanja di internet. Hal ini semakin menjelaskan bahwa berbisnis online di Indonesia memang cukup menjanjikan untuk dijadikan usaha dan potensinya masih luas sekali untuk market Indonesia.

 

Bagi Wenas, semua orang bisa memulai berbisnis online, asalkan ia mau serius. Saat ini service-service atau solusi-solusi untuk e-commerce sudah tersedia banyak. Anda bisa mencontoh bisnis-bisnis online yang sudah ada, dan memberikan inovasi baru pada hal-hal yang belum dimiliki oleh bisnis online kebanyakan. Itulah yang kemudian bisa dimanfaatkan sebagai keunggulan bisnis online Anda.

 

Sebelum memulai berbisnis, ada baiknya juga untuk menentukan konsep dan target barang yang akan dijual. Apakah yang ingin dijual baju, kendaraan, accecoris, rumah atau sebagainya. Jika barang yang mau dijual itu baju, apakah targetnya untuk anak muda, orang tua, atau anak-anak. Jadi sangat penting untuk menentukan secara jelas target pasar dan konsep bisnis yang ingin dibuat.

 

Setelah tau ingin konsep seperti apa. Yang diperlukan selanjutnya adalah mencari koneksi ke distributor, supplier, atau ke parbrik yang menyediakan produk yang ingin dijual. Beruntung, kini kita telah dimanjakan dengan perkembangan teknologi yang canggih sekali, sehingga kita bisa mencari berbagai informasi seperti ini melalui internet.

 

Melihat toko-toko online sampai saat ini masih dipandang sebelah mata, karena banyaknya aksi-aksi penipuan, maka Wenas juga berbagi tips kepada Merry juga kepada para calon consumer agar tidak tertipu ketika belanja di situs online. Pertama, jangan mudah tergiur dengan deal harga yang tidak masuk akal. Misal harga handphone 5 juta, dijual dengan harga 2 juta. Kedua, lihat tampilan websitenya, apakah ada nomor customer servicenya. Jika ada, coba hubungi nomor yang tertera, apakah nomor tersebut bisa dihubungi atau tidak. Ketiga, apakah pembayaran bisa dilakukan dengan sistem COD atau tidak. Karena dengan sistem COD, memungkinkan Anda untuk meminimalisir kerugian yang bisa saja terjadi. Ketiga hal tersebut yang kemudian bisa membantu Anda untuk mensortir kembali, mana toko-toko online yang bisa dipercaya.

 

Perbincangan dengan Hadi Wenas memberikan pandangan baru bahwa kunci utama untuk dapat berbisnis online adalah dengan lebih kreatif, inovatif, smart, dan harus think different, think out of the box. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini memacu manusia untuk terus berkreasi tanpa batas. Dan sesuatu yang unik akan mudah mendapatkan tempat dihati masyarakat. Think different, be different.

 

Pada episode ini pun Merry mengutarakan pendapatnya dalam catatan inspirasi. Berpikir secara berbeda dari yang lainnya, diluar rutinitas yang dilakukan, diluar pada umumnya.Berpikir diluar apa yg pernah dilihat mata, yang pernah didengar telinga, dan terbuka pada sesuatu yang berbeda. Karena Merry percaya siapa yg cepat, dia yg dapat. Siapa yg sigap, dia yg lengkap. Siapa yg berani, dialah pemenangnya.

 

Live Your Best Life for Indonesia!


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Cara Pintar Berbisnis Online

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]