Article
Aug 03

CeweQuat in Life, Love and Career

Posted at 04.30 PM | No Comments | POST A COMMENT

Kita bisa sama-sama lihat bahwa sekarang ini, ada banyak sekali pemimpin negri, para leader dan tokoh ahli yang berasal dari kaum perempuan. Sebagai kaum perempuan sekaligus motivator wanita no 1 di Indonesia dan Asia, Merry Riana pun merasa bangga karena sudah banyak perempuan yang mampu mengembangkan potensi dengan maksimal di era yang semakin maju ini.

Adalah Bunga Mega, salah satu perempuan yang punya semangat yang sama dengan Merry Riana dalam menyuarakan inspirasi melalui komunitas. Wanita yang akrab disapa dengan Mega, berbagi kisah perjalanannya di The Merry Riana Show. Ia adalah seorang Public Speaker yang pernah menjadi Top 10 Indonesia Womenpreneur Competition pada tahun 2013.

Tahun 2011, adalah cikal bakal terbentuknya komunitas CeweQuat, sebuah komunitas dan unit bisnis yang punya tujuan untuk membangun, memberdayakan, dan mengembangkan perempuan di dalam tiga hal yang berfokus pada pengembangan diri, hubungan asmara/sosial, dan tujuan hidup.

Berawal dari curahan hati seorang Mega di blog, yang tujuannya ingin berbagi seputar dunia perempuan. Mega mendapatkan banyak feedback positif yang menggodanya untuk lebih serius membentuk para followers menjadi satu komunitas.

Salah satu program yang sudah digalangkan adalah CeweQuat Sisterhood. Program ini merupakan simulasi dalam dunia profesional, dimana perempuan bisa mengembangkan potensi dan karakter dalam bekerja.

Seperti namanya, CeweQuat adalah komunitas untuk para cewek-cewek / perempuan dengan rentan usia 18-25 tahun, yang ingin memahami nilai dan prinsip hidup mereka serta mengaplikasikannya dalam pola pikir sehat dan mental yang kuat. Para member CeweQuat akan dibina selama 6 bulan dan diberi pelatihan sesuai dengan potensi masing-masing secara praktikal. Menjelang masa berakhirnya masa mentoring, biasanya member CeweQuat akan diberi project sosial yang disebut dengan CeweQuat Feedback. Selain itu, CeweQuat sering mengadakan pertemuan intens antar kaum perempuan di Jakarta yang diberi sebutan Datang Bulan.

Merry mengambil salah satu tulisan tangan Mega yang sedari tadi tergeletak diatas meja. Sebuah buku bercover warna biru muda dengan gambar cewek memakai sarung tinju, memang begitu menarik perhatian Merry. Judulnya CeweQuat Book : To Help and Save your LIFE, LOVE, CAREER.

Mengapa sarung tinju?

Mega mengibaratkan hidup seperti sebuah pertandingan tinju. Pertandingan tinju adalah olahraga individu, dimana seseorang harus bisa berjuang demi dirinya sendiri. Dalam tinju ada yang namanya bertahan dan menyerang. Bertahan berarti kita harus bisa kebal dari rasa minder, pergaulan yang salah, dsb. Menyerang berarti bisa memerangi rasa takut dan tak percaya diri. Mega sadar, dalam hidup setiap orang pasti pernah mengalami jatuh atau kalah berkali-kali, tapi selama pertandingan itu belum berakhir kita masih bisa bangkit lagi.

Seperti yang tergambar dalam cover, isi buku CeweQuat memang unik sekali dan pembahasannya pas untuk para perempuan karena memakai ilustrasi unik, seperti sepatu high heels, sendal jepit, sepatu flat. Sama dengan analogi sepatu yang memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda, setiap perempuan juga punya keunikannya sendiri-sendiri. Jadi jangan pernah mengunderestimate diri kita sendiri. “Kita selalu merasa diri kita lemah. Kelemahan itu ada ketika kita membanding-bandingkan.” Tutur Mega.

Menurut Mega, perempuan cenderung  lebih kompleks yang menginginkan keseimbangan hidup. Dan 3 hal yang sangat penting bagi perempuan adalah life, love and career.

Life : Seorang perempuan harus bisa memaafkan masa lalunya, tidak membandingkan diri dengan orang lain dan untuk terus menambah pengetahuannya.

Love : Perempuan harus mampu membuka mata tentang esensi dari relationship yang sebenarnya. Relationship adalah tentang perjalanan hidup yang akan kita lalui bersama pasangan kita. To make your relationship work, you dont need a prince charming. You just need an equal partner.

Melihat fenomena saat ini yang banyak anak muda susah move on. Mega menuturkan pendapatnya. Masa lalu adanya dibelakang, jangan pernah dibawa-bawa. Tidak ada orang yang bisa hidup di masa lalu dan di masa depan. So you have choose wisely.” Kata Mega.

Career : Para perempuan harus bisa mengidentifikasi apa sebenarnya talenta mereka sehingga mereka bisa berkarir sesuai dengan calling mereka, passion, cita-cita, tujuan hidup mereka.

Ada banyak sekali pertanyaan yang masuk ke sms dan akun twitter Merry Riana. Ia pun membacakan salah satunya. “Gimana cara supaya bisa kuat setelah disakiti berkali-kali?” tanya Friends Sonora bernama Jeannice.

“Kalau Tuhan mau ngasih mercy kenapa nangisin bajaj yang lewat.” Kata Mega. Setiap orang pasti pernah mengalami sakit hati. Bagi Mega, tersakiti atau tidak tergantung dari ijin masing-masing pribadi. Terima dan jangan jadikan pengalaman sakit hati itu menjadi penghambat untuk maju, tapi jadikan alasan untuk jadi lebih kuat.

Dalam mendirikan komunitas CeweQuat banyak suka duka yang harus ia lalui. Segalanya ia mulai sendiri. Dari mengundang teman-temannya, membuat event, mencari narasumber, mencari tempat, promosi dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang Mega adalah salah satu the real cewek kuat. Karena dalam perjalanan hidupnya, ia punya segudang pengalaman jatuh bangun dalam membangun karirnya di dunia bisnis dan juga relationship. Mega mengharapkan CeweQuat menjadi komunitas yang bisa mengubah kehidupan perempuan dan memberdayakan potensi perempuan.

 

Live Your Best Life for Indonesia!

 

 


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to CeweQuat in Life, Love and Career

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article