Article
May 09

Follow Your Passion – Prita Laura

Posted at 11.09 AM | No Comments | POST A COMMENT

Passion. Tampaknya kata ini baru exist di kalangan orang Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Dulu banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang bernama passion yang harus ditemukan dalam hidup ini. Sama seperti Merry dahulu. Dalam pikirannya setelah lulus SMA adalah tentang bagaimana kuliahnya nanti untuk mendapatkan pekerjaan yang bisa menopang hidupnya. Merry tidak begitu mengenal apa itu namanya passion. Sampai pada akhirnya Merry mendobrak pagar pembatas yang memisahkan dirinya dengan passion tersembunyi. Merry menemukan passion itu sedang menunggu untuk ditekuni.
 
Pada hari itu di The Merry Riana Show Merry ditemani oleh seorang perempuan luar biasa yang beruntung bisa menemukan passion tersembunyi dalam dirinya. Kenapa Merry bilang tersembunyi? Karena Prita dulu memulai kariernya sebagai pengacara. Tapi siapa sangka bahwa kini ia bekerja sebagai news anchor di Metro TV dan menemukan passionnya di dalam dunia traveling.
 
Ya, setiap orang memang punya caranya masing-masing dalam menemukan dan menjalankan passionnya. Passion adalah apa yang membedakan diri Anda dari mereka yang hanya bekerja keras dalam hidupnya. Passion inilah yang membuat Anda menikmati semua prosesnya, baik sakit mapun senang.
 
Prita mulai menuturkan tentang perjalanannya hingga sampai pada titik tempat ia berada sekarang. “Memang awalnya karena berpikir ingin jadi lawyer, seperti itu… kemudian belajarlah sekolah hukum dengan tujuan satu… mau jadi lawyer,” katanya kepada Merry. Setelah menjadi lawyer, Prita membaca sebuah buku “Permainan Cantik” yang ditulis oleh Jeffrey Rahmat. Dan disitulah ia menemukan apa yang namanya passion. Di buku itu dikatakan bahwa jika Tuhan menciptakan segala sesuatu, Dia bukanlah pencipta yang iseng, jadi kalau Dia ciptakan seseorang dengan bentuk, kesukaaan, talenta, kelebihan dan kekurangan, semua pasti ada tujuannya. Itulah cikal bakal bagaimana Prita Laura menemukan passionnya.
 
Prita mulai mengingat-ingat apa yang membuatnya bisa begitu bersemangat. Teringat saat ia menjadi jurnalis sekolah waktu SMA, ia pernah menjadi produser waktu kuliah dalam membuat drama-drama radio penyuluhan hukum. Dari situlah Prita berusaha menemukan pekerjaan apa yang bisa ia lakukan mencakup semua kencintaannya itu. Terarahlah Prita pada satu pekerjaan yaitu “jurnalis.”
 
Menemukan passion tentu bukan hal yang mudah. Kepada Merry, Prita Laura pun menuturkan bahwa ia memerlukan waktu untuk menemukannya. Prosesnya juga tak berhenti pada menemukan. Prita harus mengumpulkan keberanian, berani untuk mencoba dan harus keluar dari zona amannya demi untuk menjalani passionnya. Di tengah kariernya sebagai jurnalis, passionnya semakin dipertajam melalui kecintaannya dengan dunia wisata.
 
Suatu hari Prita melakukan perjalanan ke Hongkong. Saat ia memuji keindahan di sana seseorang menimpalinya, “ini nggak ada apa-apanya dengan Negara kamu”.
 
Hati Prita tertegun. Jauh-jauh pergi ke negeri orang, sampai lupa mengelilingi rumah sendiri. Saat kesempatan untuk menjadi penyiar dan juga produser traveling di Metro TV, tanpa berlama-lama Prita memanfaatkan kesempatan itu. Dan diterima!
 
Lewat pekerjaan itulah Prita akhirnya jatuh cinta pada rumahnya sendiri, Indonesia. Untuk pertama kalinya setelah sekian tahun hidup, Prita menyadari bahwa tanah yang ia pijak selama ini menyimpan keindahan yang tak terjamah. Di dirinya pun timbul mimpi besar yang harus ia wujudkan. Yaitu memperkenalkan Indonesia kepada semua orang. Dengan segala keindahan di dalamnya.
 
Lembeh, Togean, Bunaken, itu cuma sedikit dari begitu banyak spot-spot indah di Indonesia. Bahkan ketika sampai ke Las Vegas pun, seorang asing mengatakan pada Prita, “Aduh, Orang Indonesia itu kalau tidak diving itu sama saja seperti punya Ferrari tapi tidak pernah dipakai. Kami mengumpulkan uang untuk bisa diving on your own back yard… di halaman kamu sendiri. Sementara kamu yang punya rumah, tidak melakukan itu…”
 
Bukan hanya Prita. Merry sendiri merasa sedih ketika mendengari itu. Ya, memang rumput tetangga terlihat selalu lebih hijau dari rumput rumah sendiri. Kita lupa bahwa Indonesia begitu indah. Dicintai oleh begitu banyak orang. Tapi kita sendiri lupa untuk mencintai rumah kita sendiri.
 
Perbincangan Merry dengan Prita hari itu membawakan begitu banyak pelajaran. Passion adalah kekuatan yang akan membuat Anda terus maju. Prita telah menemukan passionnya. Begitupula dengan Merry, yang telah menemukan passionnya untuk menciptakan dampak positif di kehidupan sejuta orang di Asia terutama Indonesia. Passion itu adalah energi. Passion adalah kekuatan. Membawa Anda pada sesuatu yang dicintai.
 
Mungkin tidak semua orang beruntung dalam menemukan passion. Atau juga mungkin tidak semua orang bisa menjalani proses berat untuk mewujudkan passion itu. Untuk itu, Merry membagikan tiga tips soal passion.
 
Just take action. Lakukan saja. Lebih baik buat keputusan yang salah daripada tidak melakukannya sama sekali. Kalau tidak dilakukan, bagaimana Anda bisa tahu itu adalah passion Anda atau bukan.
 
Kerjakan dengan sepenuh hati. Hasil dari sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan hati pasti akan berbeda dan jauh lebih baik dari hasil sebuah pekerjaan yang dilakukan karena suatu keharusan.
 
Have faith! Dari semuanya, rasa percaya adalah yang paling penting. Bagaimana Anda bisa menggapainya, kalau Anda sendiri tidak percaya bahwa semua itu akan tercapai? Just do your best and  God will do the rest.
 
Itulah 3 tips Merry, mengakhiri The Merry Riana Show episode ini. Selamat melakukan perjalanan menemukan passion Anda. Apapun itu mimpi Anda, jangan pernah membiarkan orang lain meremehkannya. Cintai prosesnya, janganmenyerah.
 
Live Your Best Life for Indonesia!
The Merry Riana Show – “Follow Your Passion”


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Follow Your Passion – Prita Laura

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article