Article
Jun 05

From Nothing To Something – Adji Watono

Posted at 02.42 PM | No Comments | POST A COMMENT

Chance always come only one time, you have to do it, dan opportunity itu harus kamu manfaatin.”Begitulah penuturan dari Adji Watono, Founder dan CEO PT. Dwi Sapta Pratama yang mulai merintis usahanya sejak tahun 1981.

Percaya diri dan nekat adalah modal utama yang membawa Adji Watono berhasil menjadi besar di bidang periklanan. Kepada Merry, pada salah satu kesempatan The Merry Riana Show, Adji pun menuturkan bahwa dirinya masih aktif memantau iklan pertelevisian hingga sekarang. Posisi yang ia duduki saat ini, memiliki perjalanan yang sangat panjang.

Adji pagi itu menumpahkan semua perasaaannya kepada pendengar Sonora. Ketika muda ia adalah anak yang punya semangat yang tinggi dan pantang menyerah, tapi sayang uangnya dulu tak sebanyak semangatnya. Hampir sama seperti yang dialami Merry Riana, Adji pun mengawali bisnisnya dari nol.

Mengawali karir sebagai tukang foto dan jasa cuci cetak foto, usaha Adji mengalami pasang surut. Pertama kali ia mendapatkan kepercayaan adalah saat mendapatkan order pertamanya dari Djarum. Meski pengalamannya masih kurang, Adji bisa membuktikan bahwa jika seseorang mau mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh, tentu hasilnya akan memuaskan. Puas dengan hasil kerja Adji, Djarum pun membanjiri Adji dengan orderan-orderan lainnya dan membawa Adji kepada kesempatan-kesempatan besar lainnya. Dari sanalah, Adji mulai semakin percaya diri untuk membangun perusahaan advertising sendiri yang memperkerjakan 50 karyawan. Tidak tanggung-tanggung, ia bahkan memberanikan untuk membuat perusahannya sebagai full service advertising agency pada tahun 1989 yang merambah sampai pembuatan TV komersial.

Ketika krisis moneter melanda Indonesia, Dwi Sapta pun tak luput terkena imbasnya. Saat Merry Riana pada saat itu terpaksa harus di ungsikan ke Singapura, dan memulai perjuangan hidupnya sebagai mahasiswi pas-pasan. Adji di Jakarta, harus menjual BMW kesayangannya juga rumahnya, untuk membayar gaji karyawan dan biaya operasional kantor yang mau tak mau harus survive.

Ide cemerlang selalu muncut disaat kepepet. Melihat Dwi Sapta hampir terseok-seok tanpa job, Adji pun mendatangi perusahaan Astra dengan memberikan tawaran jasa gratis kepada Astra. “Kalau hasilnya sudah pas baru dibayar. Kalau nggak, aku nggak mau dibayar”. Kata Adji mengenang kembali moment itu. Keputusan yang sangat berani diambil oleh Adji menuai hasil yang menakjubkan. Dari hasil komitmen yang selalu ia jaga terhadap kliennya, ia pun dipercayakan oleh 6 perusahaan besar di Indonesia.

“Dan itulah contoh kekuatan komitmen dalam mempengaruhi usaha kita. Dengan komitmen itulah kita akan terus bertahan di dalam situasi apapun juga, sesulit apapun juga.” komentar Merry atas perjuangan yang Adji lakukan.

Perbincangan semakin seru, pendengar Sonora pun semakin penasaran ingin tau kunci sukses Adji Watono. “Keberanian membuat terobosan supaya yang dari zero itu jadi hero, yang nothing jadi something.” Tutur Adji mengungkapkan rahasia suksesnya kepada Merry dan pendengar Sonora.

“Pak Adjie bagaimana sih caranya agar nggak kehabisan ide dan kreativitas dalam menekuni bisnis advertising”. Tanya Merry membacakan salah satu pertanyaan dari pendengar.

Menurutnya, ide bisa datang dari mana saja asalkan Anda peka menyadarinya dan mau menggali ide tersebut. Ide bisa datang saat menonton televisi, mendengarkan radio, membaca koran, majalah atau buku-buku yang Anda baca.

Diiringi sinaran hangat mentari yang menembus kaca studio Sonora, perbincangan Merry dan Adji pagi itu benar-benar mengajarkan kita semua untuk belajar lebih dalam lagi tentang komitmen. Komitmen bukanlah sekedar ucapan dari bibir yang berjanji pada diri sendiri atas impian yang ingin dicapai. Tapi komitmen haruslah diiringi dengan take action dan kerja keras. Dalam berkomitmen, bukan hanya penting untuk membuat goal dalam hidup, tapi perlu berpikir jalan yang akan dipakai untuk mencapai goal itu, dan lakukan.

I give more than what the target audience need, want and expectations. I give more than that.Itulah prinsip yang diyakini Adji sebagai kunci keberhasilannya hingga kini. Pada kesempatan tersebut, Adji pun menuturkan kepada para pendengar agar jangan bekerja sekedar bekerja atau bekerja dengan cara yang asal-asalan. Kerja haruslah dengan fokus dan konsentrasi.

Pada penghujung acara, Merry Riana menyimpulkan bahwa, komitmen memiliki arti yang penting karena dapat memacu passion. Dengan komitmen, maka pekerjaan akan dijalani dengan cinta, keuletan maupun kepribadian yang pantang menyerah. Dengan komitmen, Anda tak mudah goyah menghadapi tantangan. Dengan komitmen, Anda pun menjadi lebih fokus.

Live Your Best Life for Indonesia!

The Merry Riana Show ‘From Nothing To Something’

Merry Riana with Adji Watono


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to From Nothing To Something – Adji Watono

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article