Article
Feb 18

Juragan Lele Indonesia

Posted at 03.11 PM | No Comments | POST A COMMENT

Juragan Lele Indonesia

 

Pecel lele. Ya, inilah makanan yang hampir dikenal semua orang diseluruh provinsi Indonesia dan market pasarnya sudah besar. Hal inilah yang membuat pemuda bernama Rangga Umara untuk memulai usaha di bidang kuliner dengan menjual aneka olahan pecel lele yang sekarang dikenal dengan nama Pecel Lele Lela. Sebuah bisnis restaurant yang sudah berkembang besar dengan 100 outletnya di Indonesia dan di luar negeri dengan omzet total milyaran rupiah per bulan dari semua outletnya. Rangga Umara dalam membangun usahanya Pecel lele lela hingga menjadi seperti sekarang tidaklah dengan instan. Jatuh bangun dia rasakan dalam mencapai hasilnya hingga sekarang.

Penulis The Magic of Dream Book pernah menjadi salah satu bintang tamu The Merry Riana Show.             Kedatangannya disambut hangat oleh Merry Riana di ruang studio Sonora. Ia dan Merry Riana mengudara selama 1 jam untuk berbagi inspirasi.

Sesuai dengan mimpinya di dalam Dream book, kini Rangga mempunyai restaurant. Walau tak dibekali dengan pengetahuan di bidang kuliner.

“Kamu ga usah dagang dagang gitu lah. Ga cocok kita, keluarga kita jadi pedagang.” Itulah tanggapan orangtua Rangga yang melihat pasang surut bisnisnya ditahun pertama. Namun, tekad Rangga untuk besar sebagai seorang pengusaha, sudah bulat. Rangga tak mau lagi menjadi karyawan, ia tidak ignin mengulang keapesannya sebagai korban PHK.

Pada Merry, Rangga menceritakan modal yang ia gunakan saat merintis bisnis kulinernya. Hanya Rp 3.000.000. Dengan modal seadanya itu, ia merintis bisnisnya. Banyak masalah yang menghambat bisnisnya, tapi ia tak pernah putus asa.

Saat ini Pecel Lele Lela memiliki banyak menu, Lele Kuah Tom Yam, Lele Oriental, Lele Saus Padang, dll yang jauh dari kesan pecel lele pada umumnya. Lalu, kenapa Rangga tetap memakai nama Pecel Lele Lela? Kepada Merry, Rangga mengungkapkan alasannya. Ia memang sengaja tak mengganti brand, agar semua konsumen mudah untuk mengetahui produk apa yang dijual.

“Wah mas Rangga Umara pinter banget nih bisnisnya.” Kata Merry mengapresiasi ilmu bisnis Rangga. Baginya, pengusaha itu bukan profesi tetapi mindset. Kalo mindset sebagai seorang pengusaha, mau usaha apapun pasti jalan. Untung rugi itu akumulatif yang tidak sekedar berbicara tentang uang tetapi juga manfaatnya.

Rangga menambahkan “Mimpi itu penting sebagai tujuan, cinta dan passion juga penting tetapi ada yang lebih penting yaitu komitmen.” Komitmen membuat seseorang lebih fokus dan berusaha menyelesaikan semua tantangan sampai berhasil.

Merry pun setuju kepada Rangga Umara bahwa bisnis tidak hanya butuh cinta tetapi juga butuh komitmen. Berani memulai sesuatu harus juga berani meneruskannya sampai sukses dan selesai. Bukan hanya seru-seruan memulai bisnis tetapi juga mengembangkan dan mempertahankannya sampai sukses.

“Saya bermimpi sampai anak cucu brand lela masih ini ada.” Kata Rangga Umara menandakan komitmennya kepada bisnis pecel lele Lela.

Perbincangan semakin seru. Sebuah pertanyaan dari pendengar dibacakan Merry, “lebih penting mana : inovasi atau promosi?” Dengan detail Rangga menjelaskan bahwa inovasi dan promosi bisa dilakukan bersamaan. Yang paling penting adalah produk harus dikenal dulu. Ada 4 rumus kuliner yang Rangga utarakan :

  1. Produk harus diketahui oleh orang.
  2. Produk harus menarik perhatian secara sense (indra) dengan cara tertentu seperti spanduk, aroma, dll.
  3. Informasi harga yang jelas.

Pengalaman hidup Rangga dalam merintis bisnis memberikan banyak inspirasi. Hal yang simple bisa menjadi mendunia, seperti restoran Pecel Lele Lela yang berhasil ia rintis. Banyak tokoh sukses seperti Rangga, Merry Riana dan yang lainnya, yang berhasil sukses karena mimpi. Karena itu, jangan takut untuk bermimpi.

 

Live Your Best Life for Indonesia!


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Juragan Lele Indonesia

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]