Article
Jan 27

Lesson From Love, Life and Loss

Posted at 01.58 PM | No Comments | POST A COMMENT

Lesson From Love, Life and Loss

 

Hidup memang penuh peristiwa dan pilihan, banyak alasan mengapa sebuah pilihan diambil dan sebuah peristiwa dialami. Semua kembali pada diri setiap orang, bagaimana dalam menentukan pilihan yang tidak bisa dihindari. Salah satunya adalah Melanie Subono, seorang penyanyi Solo sekaligus penulis yang memiliki prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Di dunia musik sendiri, ia pernah mengantongi gelar Best Solo Female/Male Rock Singer dari AMI Award 2008. Tentu hal itu adalah hasil pilihannya di dunia musik.

Bicaranya sangat santai, membuat suasana pun cepat akrab. Mengenakan dress hitam, Melanie datang dengan membawa buku Diary Gue Diary Loe yang khusus akan dibagikan kepada Friends Sonora.

Melanie mempunyai banyak kisah baik di dunia musik maupun di luar dunia musik. Pengalamannya sebagai LO (Liaison Officer) membuat Melanie mendapatkan pelajaran-pelajaran baru. Pengalaman bertemu dengan orang asing membuat Melanie mengerti mengenai pandangan orang asing terhadap Indonesia dan belajar bagaimana menghadapi orang-orang baru yang berbeda dari yang dibayangkan sebelumnya.

Miss Merry bertanya kepada Melanie mengenai bagaimana caranya agar punya keberanian untuk menjalani hidup ini sepenuhnya. Ternyata tidak sulit, kembali kepada pilihan. “Apa salahnya untuk dicoba? Selama bukan hal yang salah, tidak ada salah untuk dilakukan. Kata Melanie. Memang kadang banyak orang yang berkomentar mengenai apa yang kita lakukan, tapi untuk apa dipikirkan? Kegagalan itu lebih baik daripada tidak dicoba sama sekali. Penyesalan selalu datang di akhir dan tentunya penyesalan itu dapat dicegah kedatangannya dengan berpikir positif.

Sebuah pengalaman menarik ia ceritakan kepada Miss Merry. Suatu hari Melanie tengah terjebak di sebuah kemacetan dan hujan. Di sana Melanie melihat 2 hal yang sangat berbeda. Pertama, dalam kemacetan tersebut Melanie melihat seorang ibu-ibu berada di sebuah mobil mewah dan terlihat sangat nyaman di dalam sana. Hal itu membuat Melanie merasa kesal dan mengalihkan pandangan ke sisi lain. Di sisi lain itu, Melanie melihat seorang bapak membawa istri dan anak-anaknya dalam gerobak.

Setelah melihat dari dua sisi yang berbeda, Melanie merasa beruntung. Seperti itulah hikmah yang ingin ia bagikan melalui bukunya. Dari love, life dan loss selalu ada 2 hal yang bisa dipelajari. Pada dasarnya hidup itu indah, bergantung dari bagaimana Anda ingin melihatnya.

Melanie mengatakan bahwa saat hidup dijalani sepenuhnya, maka akan ada banyak pelajaran yang akan didapat dari banyak sisi. Salah satunya adalah sisi loss. Seringkali manusia baru sadar setelah mereka kehilangan. Itulah sebabnya Melanie membuat perumpaan hidup itu seperti bermain di playground, berapa yang kita bayar untuk bermain itulah waktu yang kita dapat, pergunakan sepenuhnya. Seperti hidup, jalani sepenuhnya.

Miss Merry mengakui Melanie memang sosok wanita yang tegar. Selama hampir 20 tahun Melanie berjuang untuk melawan penyakit ganas. Namun hingga kini ia masih bisa hidup dengan bahagia. Bermimpi, itulah obat manjur seorang Melanie.

Semua orang mempunyai hak mimpi yang sama seperti bagaimana wanita cantik tercipta. Melanie menyayangkan, dunia ini seperti mempunyai template tentang wanita cantik. Sulit untuk menyadarkan orang bahwa semua manusia itu hebat dan semua wanita itu cantik. Padahal Tuhan menciptakan semua orang sama. Untuk itu Melanie mengajak agar semua orang menjadi dirinya sendiri bukan orang lain. Karena ketika suatu saat luar Anda berubah, orang lain masih dapat mengenali diri Anda dari dalam. Jangan tertipu dengan penampilan luar seseorang, karena apa yang di luar belum tentu sama dengan apa yang di dalam.

Tak lupa Miss Merry membacakan pertanyaan dari pendengar Sonora, “Apa sih yang membuat Melanie bahagia dan berguna bagi sesama?

Melanie teringat dengan kisah beberapa tahun yang lalu. Pengalaman yang tak terlupakan yang mengubah cara pandangnya. Suatu hari, seorang wartawan menghampiri Melanie dan bertanya, “Kalo besok mbak mati, mbak pengen diingat sebagai apa?”. Saat itu Melanie hanya diam dan terpaku tanpa memberikan jawaban apa-apa. Tapi dalam hati, ia berjanji pada dirinya sendiri bahwa segala sesuatu yang ia katakan harus menyentuh minimal satu orang. Ia ingin menjadi berkat, memberi pesan positif atau mengubah minimal pada satu orang. Melanie ingin menjadi seseorang yang diingat dan hidupnya berguna untuk orang lain.

Hidup adalah sebuah anugrah yang sangat besar yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap manusia. Diakhir acara Miss Merry mengatakan, sukses itu didapat ketika Anda berhasil menentukan apa yang Anda inginkan, berhasil menjalani dan juga berani menerima hasilnya serta bertanggung jawab.

 

Live Your Best Live for Indonesia.


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Lesson From Love, Life and Loss

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article