Article
Sep 17

Mengatur Keuangan Saat Liburan

Posted at 10.44 AM | No Comments | POST A COMMENT

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat tanggal merah dikalender? Pasti segudang ide akan rencana liburan sudah terlintas dalam benak Anda. Liburan memang moment yang sangat ditunggu-tunggu kebanyakan orang untuk merilekskan diri dari berbagai aktivitas pekerjaan yang padat. Tapi tidak sedikit juga yang menyambut liburan dengan biasa-biasa saja. Permasalahan yang sering ditemui adalah, banyak orang takut uang tabungan mereka akan terkuras habis saat liburan. Hal ini bisa dikarenakan banyak orang yang tidak mempersiapkan tabungan khusus untuk dipakai liburan.

 

Menurut Merry, apapun yang dilakukan harus diplaning dengan baik. Karena ia yakin sesuatu yang telah direncanakan terlebih dahulu, hasilnya akan lebih bagus. Termasuk juga halnya dengan liburan. Haruslah direncakan dengan matang kemana ingin pergi berlibur, dimana akan menginap, tempat wisata apa yang ingin dikunjungi, dan berapa budjet liburan yang dipunya.

 

Mengingat bulan itu adalah bulan Juni, dimana liburan sekolah akan datang disusul dengan liburan hari lebaran, maka Merry khusus mengundang Aidil Akbar sebagai nara sumbernya di acara The Merry Riana Show. Dengan tema Mengatur Keuangan Saat Liburan, Merry bersama seorang perencana keuangan ternama ini, berbagi tips kepada pendengar tentang bagaimana cara mengatur keuangan disaat liburan.

 

Ternyata, sebelum kita membahas tentang tips mengatur keuangan sebelum liburan. Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengecek apakah keuangan kita sudah sehat atau belum. Bagaimana caranya?

 

Menurut Akbar, ada 11 pilar yang bisa Anda telusuri untuk dapat mengecek kesehatan keuangan Anda, yang disebut dengan financial check up. Tapi, ia akan memberikan 4 pilar mendasar saja yang bisa di cek pada keuangan secara langsung.

  1. Cek hutang. Apakah Anda memiliki hutang atau tidak? Jika ia, kenali apakah hutang tersebut produktif atau konsumtif? Kalau memang konsumtif, cobalah menguranginya dengan caranya memakai asset yang ada atau switching. Kalau hutangnya produktif, hitung berapa maksimum cicilan yang harus dibayarkan dari utang tersebut. Apakah cicilannya sesuai dengan jumlah penghasilannya atau tidak.
  2. Hitung berapa network kekayaan bersih. Apakah kekayaan bersih kita sudah positif atau belum.
  3. Cek cash flow bulanan, apakah sesuai pemasukan dan pengeluaran. Atau ada kelebihan dana yang bisa ditabung dan di investasikan.
  4. Cek apakah sudah memiliki dana darurat? Dana darurat adalah danapraktis yang kita siapkan untuk kebutuhan emergency. Dana ini tidak boleh dipakai kecuali untuk keadaan darurat.

 

 

Setelah mengetahui kesehatan keuangan Anda, barulah Anda bisa mulai merencakan dana untuk liburan. Bagi Akbar, liburan adalah hal yang wajib untuk menginvestasi fisik dan mental menjadi fresh kembali. Merencanakan budget untuk liburan, bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum musim liburan itu datang.

 

Ada beberapa komponen yang perlu dilihat dalam liburan. Pertama adalah kemana tujuan liburan itu? Setelah mengetahui tujuan liburan, barulah Anda bisa memprediksikan berapa biaya transportasi yang akan dikeluarkan. Jika Anda ingin berlibur ke luar negeri, Anda bisa melakukan pemesanan tiket secara online beberapa bulan sebelumnya, atau setahun sebelumnya. Karena pemesanan tiket dari jauh-jauh hari bisa memberikan potongan harga yang khusus. Anda juga bisa memanfaatkan point-point dari kartu kredit yang Anda gunakan, untuk mendapatkan potongan harga tiket atau bahkan tiket penerbangan gratis .

 

Kedua, adalah biaya akomodasi atau hotel. Sama halnya dengan biaya transportasi, biaya untuk hotel pun sering memberikan harga spesial bila kita memesan dari jauh-jauh hari.

 

Ketiga, adalah aktivitas selama liburan. Jika budget Anda terbatas, jangan ketempat yang memaksa kita untuk mengeluarkan biaya cukup besar. Siasati dengan mengunjungi museum-museum atau ketempat-tempat lain tidak memakan biaya yang cukup besar.

 

Dan komponen paling penting yang seringkali membuat keuangan Anda bocor selama liburan, adalah oleh-oleh. Beli oleh-oleh tidak harus untuk semua orang. Belikan sesuai dengan jumlah keluarga yang ingin Anda belikan saja. Jangan ragu untuk membeli oleh-oleh di pasar tradisional dan jangan takut untuk menawar harganya.

 

Jika ingin berpergian tanpa tujuan atau tanpa budjet.Anda bisa menggunakan jasa tour traveling, untuk memudahkan rencana liburan Anda.

 

Perencanaan yang disharingkan oleh Akbar, tentu tidak akan menjadi akan berjalan dengan baik bila Anda tidak disiplin. Sering berkompromi, malas memulai dan sering menunda-nunda untuk melakukan perencanaan keuangan adalah faktor terbesar mengapa keuangan Anda tidak teratur dengan baik.

 

Selain sibuk diberbagai acara TV dan radio yang memintanya untuk menjadi pembicara. Kini Akbar juga aktif memberikan kelas untuk mengajarkanilmu perencana keuangan di beberapa universitas dalam negeri. Mimpi sejuta dolar Akbar selanjutnya adalah mendirikan gerakan Indonesia sadar financial, yang jika dikehendaki Tuhan, ingin ia wujudkan dalam waktu 3 / 5 tahun ke depan. Dimana semua masyarakat seluruhnya dari kota besar sampai ke tingkat daerah sudah sadar secara financial. Masyarakat Indonesia bisa merencanakan keuangannya dengan baik, punya masa depan lebih bagus dan mereka memiliki ilmu yang cukup sehingga tidak salah dalam berinvestasi atau membeli produk keuangan, dan sebagainya.

 

Perbincangan dengan Aidil Akbar, mengajarkan bahwa untuk mendapatkan hal yang besar Anda harus mulai mendisiplinkan diri dengan perubahan kecil. Hal inilah juga yang sering ditanamkan oleh orangtuanya, ketika Akbar masih kecil.

 

Akbar sangat ingat sekali bagaimana ia bisa mendapatkan game watch Dong Kingkong, yang menjadi incarannya ketika ia kecil. Waktu itu sang ayah hanya berjanji, jika Akbar mampu berpuasa penuh selama bulan Ramadhan, beliau akan memberi upah pada Akbar setiap harinya. Akbar pun menyanggupi tantangan sang ayah. Dengan uang yang ia kumpulkan hasil menuntaskan puasa, ia berhasil membeli game watch Dong Kingkong berwarna cokelat yang waktu itu sangat happening pada eranya.

 

Sejak kecil, Akbar sudah diajarkan oleh orang tua untuk mengatur dan merencanakan keuangannya sendiri. Inilah yang kemudian menjadi perbekalan Akbar untuk mendisiplinkan dirinya dalam mengatur keuangannya sampai sekarang.

 

Merry berujar, mengatur keuangan sejak dini sama dengan mempersiapkan masa depan yang lebih baik dan terjamin. Banyak orang yang memimpikan kehidupan lebih baik bagi dirinya dengan bekerja keras agar dapat menghasilkan uang untuk mewujudkan cita-cita mereka. Dan banyak juga orang yang dalam usaha mengatur keuangannya, tidak sekeras usaha ketika menghasilkannya.

 

Jangan membeli hal-hal yang tidak perlu, menghambur-hamburkan uang untuk mengesankan orang, dan menunda-nunda waktu untuk menabung. Akar permasalahan setiap manusia dalam keuangan bukanlah sedikitnya penghasilan, tapi buruknya pengelolaan.

 

“Mulailah menabur, mulailah menabung, dan mulailah berinvestasi agar Anda berkelimpahan kelak. Karena tanpa menabur, tidak akan ada hasil yang dapat di tuai.” Tips Merry menutup perjumpaan hari itu.

 

Live Your Best Life for Indonesia!

 

 


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Mengatur Keuangan Saat Liburan

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]