Article
Mar 30

Mengupas Rahasia Buku Best Seller

Posted at 12.06 PM | No Comments | POST A COMMENT

Mengupas Rahasia Buku Best Seller

 

Menjadi Penulis Best Seller tentu keinginan setiap penulis yang menerbitkan buku mereka. Tapi sayangnya, banyak orang yang kesulitan untuk membuat buku mereka menjadi Best Seller. The Merry Riana Show sengaja mengundang Wandi S Brata untuk sharing bersama-sama dengan pendengar sonora untuk mengupas rahasia buku best seller. Beliau adalah Direktur Utama PT Gramedia Pustaka Utama.

Wandi S Brata yang memulai karir sebagai editor memberitahukan bahwa berdasarkan hasil penjualan di toko Gramedia  Pustaka Utama, Pertumbuhan industri buku di Indonesia tahun 2013 memiliki kenaikan 9%. Namun hal ini agak memprihatinkan karena sebelum tahun 2010 pertumbuhan Industri Buku diatas 30%.

Buku-buku yang di terbitkan setiap tahunnya yaitu 22.000 judul buku setahun. Jumlah itu hanya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara. Buku yang dicari masyarakat dapat di analogikan sebagai cabang olahraga. Disetiap cabang olahraga memiliki keunggulan dan pemain-pemain top. Begitu juga dengan Buku di setiap kategori buku pasti selalu ada pencinta nya, best seller dan tokoh-tokoh unggulan nya.

Menurut Wandi, hal yang paling memprihatinkan bahwa buku yang paling banyak dicari adalah yang mengajarkan orang cepat kaya dengan usaha sekecil-kecilnya. Padahal orang ingin sukses harus ada pergulatan luar biasa yang kita bayar, penderitaan yang kita terima dengan kebesaran hati, ada komitmen yang tidak luntur oleh hujan dan panas. Dengan buku sukses dengan instans membuat seakan-akan mencapai kesuksesan itu dapat dicapai dengan sangat mudah.

Wandi berbagi tips untuk new comers yang ingin menerbitkan buku bisa datang membawa naskah yang sudah siap dan menyerahkan ke penerbit. Hal yang penting dalam penilaian buku yang akan di terbitkan yaitu mutu dan laku. Jika Penulis menulis hal dari keahliaanya, mutu pasti oke tinggal cara mengemasnya harus disampaikan dengan baik kepada pembaca pesan yang terkandung di dalam buku nya. Tips untuk new comers jangan takut dinilai oleh editor karena penilaian yang akan membuat tulisan menjadi lebih baik.

Gramedia Pustaka membuat kriteria buku yang masuk best seller yaitu buku yang paling tidak dicetak 2 kali dalam 1 tahun dan terjual minimal 10.000 sedangkan mega best seller adalah buku yang 1 tahun terjual 100.000 buku.

 

Nah, untuk menghasilkan buku best seller Merry Riana memberikan tips menjadi penulis bestseller dengan menganggap buku seperti anak sendiri. Saat mengandung merupakan proses meluncurkan buku yang pasti banyak sekali effort. Setelah anak itu lahir baik atau tidak nya anak bergantung bagaimana kita menjaganya merupakan waktu buku itu terbit bagaimana marketing yang diterapkan untuk memperbanyak penjualan bukunya.

Wandi S Brata sangat terkesan dengan sosok Merry Riana sejak buku pertama Merry Riana A Gift From A Friend yang menceritakan perjuangan dan ketabahan Merry Riana dalam menghadapi kesusahan serta Point-point yang membawa orang pada ketegaran tidak mudah menyerah dan memberikan solution oriented.

Bukan hanya buku A gift from A Friend, buku sejuta suluh juga buku yang sangat menarik. Buku ini berbeda dengan buku pertama ‘mimpi sejuta dolar’ yang mengisahkan tentang vision (mimpi), buku sekuel ‘langkah sejuta suluh’ ini berfokus pada action (langkah). Buku ini membeberkan kisah yang seru dan mendebarkan penuh ketegangan dan tikungan – tikungan terjal. Tentang sekelompok anak muda yang mulanya disepelekan, namun selalu bertekad tidak mau kalah, sampai pada akhirnya berhasil membuktikan bahwa mereka layak menjadi juara.

Merry Riana menutup acara dengan memberikan motivasi bahwa kita harus yakin bahwa setiap Langkah ada Sejuta Hikmah, setiap Langkah ada Sejuta Makna Mungkin pada akhirnya, semua ini memang rencana indah yang dirahasiakan Tuhan. Langkah Sejuta Suluh.

Live Your Best Life for Indonesia!

 

 


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Mengupas Rahasia Buku Best Seller

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article