Article
Jun 20

MRCA Updates : Gadis Muda Segudang Prestasi – Dea Salsabila

Posted at 06.34 PM | 2 Comments | POST A COMMENT

Dea, begitulah nama panggilannya. Gadis yang masih berusia 18 tahun ini merupakan salah satu anggota Merry Riana Campus Ambassador batch 2 yang memiliki segudang  prestasi yang sangat membanggakan. Saat ini, Dea berkuliah di Universitas Mercu Buana dan juga aktif pada kegiatan non akademis. Dea merupakan Ketua Divisi Internasional CREAM (Center of Entrepreneurship Mercu Buana) yang saat ini sedang merencanakan untuk membuat Event Conference Entrepreneur Asia Pasific, dimana kegiatan ini diprakarsai oleh Dea sendiri.

 

Selain itu, Dea juga memiliki bisnis berupa clothing line  yang bernama Depops yang didirikan pada tahun 2012. Produk Depops sendiri sudah tersedia di dua distro, yaitu di Bali dan Jakarta Barat. Semua proses pembuatan baju dikerjakan oleh Dea dan tim Depops, dengan vendor yang berlokasi di Bandung. Selain berbisnis, Dea juga aktif dalam kegiatan sosial. Ia membentuk sebuah gerakan sosial yang ia beri nama Uniting as One, dimana fokus utama dari gerakan ini adalah untuk anak-anak, baik anak-anak berkebutuhan khusus, anakanak jalanan, anak-anak yang berjuang melawan kanker, dan lain sebagainya yang dikhususkan dalam bidang pendidikan. Pada bulan Agustus 2013 lalu, Uniting as One bekerja sama dengan salah satu perusahaan sepatu di Indonesia untuk melakukan charity, yaitu membagikan 400 buah sepatu second hand.

Disamping banyaknya kegiatan yang dilakukan Dea, ia juga membuahkan sederet prestasi, seperti menjadi finalis cover girl majalah Aneka Yess pada tahun 2010, peraih lomba proposal bisnis yang diselenggarakan oleh Kementrian UKM dan koperasi “Gerakan Kewirausahaan Nasional”, menjadi wakil 2 Putri Bunga Jakarta 2013, menjadi Duta Muda Jakarta Sister City 2013 dan pada bulan Oktober 2013 lalu, Dea mewakilkan Indonesia di Beijing International Youth Organization Forum yang menyelenggarakan Beijing Youth Federation. Pada tahun 2014 ini, selain mengikuti Merry Riana Campus Ambassador, Dea juga menjadi Global Youth Ambassador of A World at School United Nation sebagai duta pendidikan dunia mewakilkan nama Indonesia. Dibidang akademis, tahun 2014 ini Dea meraih beasiswa untuk mahasiwa berprestasi, yaitu beasiswa super semar, dan baru saja masuk menjadi finalis Abang None Jakarta Barat 2014.

Sebagai seorang sosok perempuan muda yang hebat, Dea memilki motivasi yang mendukung dirinya untuk mencapai prestasi-prestasi tersebut. “Aku orangnya nasionalis, aku pengen berkontribusi untuk lingkungan sekitarku, terutama untuk negaraku tercinta, Indonesia. Aku pengen bisa menjadi berkat untuk orang lain”, begitu katanya.  Menurutnya, hal yang paling berkesan adalah ketika ia menjadi perwakilan Indonesia untuk sebuah forum internasional.

 

Dea dan tim ditugaskan untuk membuat presentasi yang akan ditampilkan diforum umum. Pada saat itu, ia baru saja mendarat di Beijing yang disertai dengan cuaca dingin. Namun, demi nama Indonesia, ia rela begadang hingga pukul 4 pagi agar dapat membuat presentasi yang bagus. Lebih lagi, Dea dan tim mendapat permintaan untuk dapat menampilkan sebuah performa tarian betawi yang bernama Nandak Betawi dan ondel-ondel. “Semua teman-teman dari negara lain terkesan banget sampai kita dapat standing applause. Itu rasanya merinding banget dan mau nangis, perjuangannya untuk tidur pagi dan bangun sejam kemudian itu kebayar lunas sama apresiasi teman-teman dari negara lain, dan selama 6 hari konferensi, tarian budaya kita jadi topik utama disana”, begitu ungkitnya dengan bangga.

Dea mengungkapkan bahwa semua hal tersebut butuh pengorbanan. Contoh pengorbanan konkretnya adalah pengorbanan waktu. Ketika anak-anak muda menghabiskan waktunya untuk hangout pada akhir minggu, Dea menggunakan waktunya untuk les bahasa mandarin dan perancis, namun tetap ada waktu tertentu untuk quality time bersama orang-orang yang dicintainya. Oleh karena itu, manajemen waktu menjadi kunci yang sangat penting untuknya. Lalu, sebagai seorang perempuan yang berani bermimpi besar, Dea memiliki mimpi untuk bisa menjadi pengusaha sukses, bisa merekrut banyak tenaga kerja, dan bisa bikin suatu perlindungan untuk anak-anak yang kekurangan. Mimpi terbesarnya adalah ingin menjadi mentri pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

 

Dari situ, sebagai seorang woman in action, keluarga Dea memberikan dukungan penuh kepadanya. Menurut Dea, sebagai seorang perempuan, ia harus meneruskan perjuangan Ibu Kartini, menjadi pemudi yang santun, tangguh, berbudaya, nasionalis, dan berkontribusi untuk bangsa dan negara. Ia juga menambahkan bahwa Indonesia saat ini bukan negara yang mengunggulkan laki-laki saja dalam karir. “Sudah saatnya perempuan angkat bicara, menjadi pemimpin bangsa, dan menjadi agen perubahan”, tutur perempuan yang mengidolakan Agnes Monica dan Prabowo Subianto ini. Dengan bertemakan hari Kartini, Dea mengucapkan Selamat Hari Kartini untuk perempuan Indonesia, emancipated your self from mental of inequality gender.


You may also like :




  • About Merry Riana

Comments (2)

  1. Sangat inpiratif, sukses selalu untuk Bu Merry Riana :)

  2. slm
    saya ingin tahu tentang Dea Salsabila

    terima kasih

Post a comment

Post a comment to MRCA Updates : Gadis Muda Segudang Prestasi – Dea Salsabila

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]