Article
Feb 11

Rahasia Kesuksesan

Posted at 03.09 PM | No Comments | POST A COMMENT

Rahasia Kesuksesan Kaskus

 

Sukses adalah impian banyak orang. Namun, tidak ada sukses yang diraih secara instan. Semua harus diraih dengan perjuangan yang tidak mudah. Beruntungnya, banyak jalan untuk mencapai sebuah kesuksesan. Setiap orang memiliki jalannya sendiri untuk mencapai kesuksesan, bahkan kadang kesuksesan itu dicapai bersama-sama melalui jalan yang sama.

Kaskus, sebuah situs forum yang merupakan contoh nyata kesuksesan yang diraih secara bersama-sama oleh tiga orang pemuda asal Indonesia pada tahun 1999. Ken Dean Lawadinata, salah satu bintang tamu The Merry Riana Show mengupas rahasia kesuksesan Kaskus.

Awal tahun 2000, ketika internet di Indonesia belum menyebar luas dan pengguna internet hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Di situlah, Ken melihat adanya potensi untuk mengembangkan situs di Indonesia. Dibuatlah Kaskus.

Seiring berjalannya waktu, anggota kaskus terus bertambah dengan pesat. Hingga saat ini anggota Kaskus telah mencapai enam juta anggota, pada akhir 2013. Bentuk forum Kaskus secara alami terbentuk dari para anggotanya, salah satunya adalah FJB (Forum Jual Beli) yang memudahkan para anggota yang kesulitan mendapatkan barang di daerahnya. Kaskus juga memberikan fasilitas tambahan yang bisa digunakan para anggota agar lebih aman dan mudah dalam bertransaksi di FJB. Fasilitas tersebut adalah Kaskus Cash Pay. Kaskus Cash Pay merupakan pihak ke-tiga yang disediakan kaskus untuk menjamin uang sampai ke penjual dan barang sampai ke pembeli.

Merry tau betul bahwa perjuangan tentu memerlukan pengorbanan. Demi mengembangkan Kaskus, Ken juga bercerita bahwa ia rela untuk tidak melanjutkan kuliah lagi karena ia yakin nantinya Kaskus akan maju dan berkembang. Dengan keyakinan itulah Ken percaya bahwa pengorbanannya nanti tidak akan sia-sia. Meski banyak orang bilang, apa yang dilakukan Ken itu nekat.

Meski banyak perusahaan situs besar yang berusaha mendekati Kaskus, Ken memilih untuk bergabung dengan Global Digital Prima, anak perusahaan Djarum. Ken berpikir idealis, apa yang dikorbankan untuk Kaskus tidak ingin dicampuri begitu saja. Itulah sebabnya, Global Digital Prima dipilih, karena mereka satu-satunya perusahaan yang mengerti visi dan misi yang ingin dicapai oleh Kaskus.

Ken juga mengungkapkan, bahwa hal yang terpenting adalah tau prioritas apa yang dibutuhkan. Bukannya bagus atau tidaknya sebuah situs yang dibuat, namun apakah produk kita diterima atau tidak. Segala perkembangan harus dilakukan secara perlahan, selangkah demi selangkah. Memulai sesuatu yang kecil untuk mencapai sesuatu yang besar.

Kaskus sempat mendapatkan image buruk karena ada konten dewasa dalam situs. Menanggapi masalah demikian, Kaskus langsung bergerak cepat untuk mengubah design secara keseluruhan dan menampilkan topik-topik baru.

Bisnis internet tentunya memiliki resiko tersendiri. Salah satunya adalah resiko adanya peretas (hacker) yang masuk ke dalam sistem. Ternyata pada tahun 2008, Kaskus sempat dihack oleh orang tak dikenal. Hal ini menyebabkan situs Kaskus ditutup selama 2 minggu.

Beruntung, kesetiaan dari anggota Kaskus membangkitkan Kaskus dari keterpurukan. Setelah seluruh data hilang akibat diretas, para anggota Kaskus mulai mengepost tulisan-tulisan untuk meramaikan Kaskus kembali. Kini, Kaskus menjadi tempat berkumpul untuk para warga dunia maya. Istilah ‘Home’ cocok untuk Kaskus, karena apapun yang terjadi anggota Kaskus akan kembali ke Kaskus.

“Apa yang akan dilakukan Kaskus dalam lima tahun kedepan?”tanya Merry Riana. Menurut Ken, Kaskus akan berkembang sesuai dengan kebutuhan para anggota. Kaskus akan terus melayani para anggota dan terus berinovasi dalam mengembangkan Kaskus ke arah yang lebih baik.

Dengan berkembangannya jaman maka hidup manusia akan menjadi lebih mudah. Kebutuhan internet kini menjadi kebutuhan yang penting bagi manusia. Semoga internet menjadi lebih positif dan terus berkembang ke arah yang lebih baik.

 

Live Your Best Live for Indonesia.


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Rahasia Kesuksesan

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]