Article
Aug 24

Revolusi Mental

Posted at 04.34 PM | No Comments | POST A COMMENT

The Merry Riana Show kali ini mengangkat tema revolusi mental. Kata revolusi mental, memang tidak asing lagi ditelingga kita, semenjak kata ini diangkat menjadi gagasan dari Jokowi untuk melakukan terobosan politik di Indonesia. Tujuannya, agar dalam pembangunan bangsa, Indonesia tidak hanya sekedar mengandalkan perombakan institusional tapi juga melakukan perombakan manusianya atau sifat mereka yang menjalankan sistem ini.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mental berarti batin dan watak. Sedangkan proses mental itu sendiri adalah hasil dari merefleksikan apa yang ada di dalam diri kita, seperti keberanian atau kepercayaan diri yang dapat menjadi acuan didalam perilaku kita.

 

Kali ini, motivator wanita no 1 di Indonesia akan berkolaborasi dengan salah satu dari 10 Besar Motivator Terbaik di Indonesia, Christian Adrianto. Membawa suasana penuh inspirasi di studio Sonora dan berbagi tentang bagaimana cara memiliki mental yang tepat dan cara bangkitkan semangat dalam kondisi apapun.

 

Bukan hal yang canggung bagi Christian Adrianto untuk berbicara ke public. Ia telah mengantongi jam terbang yang tinggi, berbicara di hadapan lebih dari 200.000 peserta seminar dan dipercaya banyak perusahaan Nasional dan International dengan tingkat kepuasan 100%.

 

Chris, begitulah biasa namanya dipanggil. Anak ke dua dari empat bersaudara yang tak terlahir dari keluarga kaya raya.

 

“Apa yang terjadi pada saya adalah karena masa lalu saya dan saya sangat bersyukur akan hal itu.” katanya.

 

Chris mengingat kembali kenangan masa kecilnya yang tidak mudah. Ia pernah merasakan hidup menumpang di rumah sanak saudaranya selama 8 tahun. Pernah juga merasakan hidup pas-pasan ditengah kota Jakarta. Pengalamannya tersebut yang akhirnya menempa mental Chris menjadi kuat.

 

Merry menyimpulkan, “Semua bermula dari mindset”. Kalau mau merubah nasib, maka hal pertama yang harus di ubah adalah mentalnya dulu.

Revolusi artinya perubahan secara menyeluruh. Menurut Chris, Indonesia punya banyak sekali PR, terutama budaya masyarakat Indonesia yang masih harus dibenahi. Satu-satunya cara terbaik untuk merubah Indonesia menjadi lebih baik adalah dengan merubah mental orang-orang yang ada didalamnya. Dan bagian paling mungkin yang bisa diambil tiap-tiap individu adalah membenahi mental mereka masing-masing.

Banyak orang yang berpendapat bahwa pengaruh lingkungan sangat menentukan mental seseorang. Lingkungan pergaulan ibarat cat berwarna yang mampu mengubah warna apapun yang bersentuhan dengannya. “Pergaulan adalah alasan orang baik terjerumus dalam kesesatan dan orang jahat tertarik untuk berbuat baik.

 

Chris yakin bahwa kualitas pergaulan seseorang menentukan kualitas hidup seseorang. Memang dalam kenyataannya, kita bertemu dengan banyak jenis orang dengan karakter yang berbeda-beda. Ada yang positif, juga ada yang negatif. Namun, manusia diberikan kebebasan untuk menentukan pilihannya sendiri, termasuk menentukan dengan siapa mereka ingin bergaul. Pergaulan memiliki peran untuk menentukan apa yang ingin kita lakukan. “Kalau karakter kita tidak kuat maka kita yang akan terpengaruh. Kalau karakter kita yang kuat, kita yang mempengaruhi lingkungan kita menjadi positif.

 

Bagaimana kalau kita sudah terlanjur berada di lingkungan yang kurang mendukung?

Ganti lingkungannya atau tambah teman-teman yang positif.

 

Mengubah takut menjadi berani. Yang menghambat seseorang tidak bisa sukses adalah rasa takut. Rasa takut ini lah yang ternyata menghantui mental seseorang menjadi mudah menyerah. Ada 4 cara untuk mengalahkan rasa takut yang dirangkum dalam satu kata, “SEMANGAT!” teriak Chris dengan mantap.

 

SEMANGAT itu ada singkatannya.

SE = Self talk. Otak manusia ada 2 cara kerjanya. Ada otak sadar dan ada otak bawah sadar. Sesuatu yang kita lakukan terus berulang-ulang biasanya masuk ke otak bawah sadar dan secara otomatis terjadi begitu saja. Self talk dibagi menjadi 3 : Pertanyaan, kata-kata positif, lagu-lagu yang kita nyanyikan. Pertanyaan yang tepat adalah yang tidak berfokus pada masalah tapi pada solusi.

MAN = MakNai positif setiap kejadian, ambil pelajaran dan terus maju menjadi lebih baik.

GA = GerAkan kita. Gerakan tubuh kita menentukan emosi kita.

T = Tuhan. Selain berdoa kita juga harus berusaha untuk menjadi jawaban doa bagi orang lain.

 

Semua orang tentu mengidam-idamkan hidup enak. Seperti halnya dengan pertanyaan yang dibacakan Merry dari salah satu pendengar The Merry Riana Show bernama Andre, “Gimana sih rahasianya biar hidup enak?”

 

“Buat impian dan capai impiannya.” Jawab Chris.

 

Ia pun mengajak semua pemuda sadar, bahwa harapan bangsa ada di pundak para pemuda. Kemajuan bangsa tidak bisa tercipta dengan sikap apatis. Pemuda Indonesia harus bisa merevolusi mental mereka, menjadi mental satria.  Tidak mudah putus asa dan bersatu sebagai agen perubahan…

 

LEARN From the Best, Do The Best, Work with the Best, Pray the Best, Expect The Best, Miracle Happen.

 

Live Your Best Live for Indonesia.


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Revolusi Mental

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article