Article
Jul 06

Secrets of Successful Sales Person

Posted at 04.19 PM | No Comments | POST A COMMENT

Merry Riana percaya, keberhasilan seseorang bergantung pada seberapa baik ia menegosiasikan dirinya untuk dapat diterima oleh orang lain. Sales skill penting untuk dipelajari bukan hanya untuk Anda yang bekerja dibidang sales, tapi kepada siapapun Anda yang berkerinduan untuk mampu mengelola ‘apa yang ada di dalam diri Anda’.
Contohnya : Ketika Anda lulus dan mendapatkan ijasah. Ijasah itu hanya akan menjadi selembar kertas tak berguna, bila Anda tidak tau bagaimana menjual ijasah itu menjadi sesuatu yang bernilai.

Untuk itu Merry secara sengaja menghadirkan James Gwee sebagai salah satu pembicara di IIC, 6 September 2014 untuk memberikan sedikit bocoran tentang topik yang akan beliau bawakan di IIC , yaitu : Secrets of Succesfull Sales Person.

IIC adalah seminar akbar dimana untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Merry bersama Tung Desem, James Gwee, dan Yeheskiel Zebua akan berada di satu panggung untuk berbagi inpirasi, berbagi motivasi, dan juga berbagi kunci kesuksesan untuk bisa Anda praktekan dalam hidup dan karir Anda.

“Kenapa topik sales yang dibawakan?” tanya Merry kepada James Gwee.
James Gwee yakin, kalau seseorang mau maju ia harus belajar dari yang terbaik, dari orang-orang sukses. Dalam IIC, James Gwee akan mengungkapkan beberapa hal-hal yang menjadi rahasia seorang sales bisa sukses.
Banyak orang yang punya persepsi kurang positif terhadap sales. Padahal pada realitanya setiap orang harus menjual. Contohnya, seorang leader harus mampu menjual ide mereka kepada bawahan, agar bawahan mau mengikuti instruksi darinya.

Kunci yang paling penting jika berbicara soal sales adalah keinginan yang kuat untuk mau menjadi yang terbaik dibidang sales. Jika seorang sales terjun ke dunia sales dengan tekad yang kuat, maka ketika mereka menemui kendala-kendala, mereka akan terpacu untuk mencari jalan keluar. Sayangnya, James Gwee melihat banyak orang yang memulai sales karena coba-coba, sehingga pada akhirnya mereka tidak mencapai prestasi yang maksimal.

Merry sangat suka sekali dengan salah satu analogi dari James Gwee yang mengatakan : menjual itu seperti bertinju. Tidak ada petinju yang mengeluh bahwa mereka ditonjok. Karena ia tau bahwa meski sakit, tapi itulah bagian dari pekerjaannya. Petinju itu sadar bahwa ditonjok adalah bagian dari pekerjaan, demikian juga orang sales harus sadar bahwa ditolak adalah bagian dari pekerjaan. Walau petinju tau konsekuensi pekerjaannya ditonjok, ia pasti belajar untuk menangkis pukulan. Sama dengan sales dalam menghadapi penolakan, bukan berarti harus pasrah tapi harus antisipasi.

Setuju dengan apa yang James Gwee bilang, Merry percaya bahwa mindset adalah salah satu hal yang terpenting. Ia teringat kembali masa-masa perjuangannya sebagai seorang sales. Wanita penyuka warna merah ini berpendapat, dalam sebuah conversation presentasi lebih baik bila customers yang membuka diri kepada salesnya.

James Gwee juga melihat, orang-orang sukses yang berhasil dari sales cenderung bukan karena mereka pintar berbicara, tapi karena mereka pintar bertanya. Bertanya apa kebutuhan customers, bertanya apa keluhan mereka. Dengan dialog ini, kepercayaan akan terbentuk.

Problemnya, saat ini masih banyak sales yang sebelum bertemu dengan klien, mempersiapkan apa yang harus dibicarakan bukan mempersiapkan apa yang harus ditanyakan. Banyak orang salah persepsi bahwa untuk menjadi seorang sales yang hebat mereka harus pintar berbicara. Padalah tidak sedikit dari customers yang justru jadi malas membeli dari sales yang terlalu banyak berbicara.

“If somebody likes you, they listen to you. But if they trust you, they buy from you.” Ucap James Gwee.

Terlepas dari knowlage seorang sales terhadap produk yang mereka jual, hal terpenting adalah mereka harus disukai dan dipercaya oleh customers.
Merry Riana percaya bahwa sukses itu bukan masalah keberuntungan, sukses itu bukan karena pintar atau tidaknya seseorang. Tapi sukses itu adalah bagaimana Anda bisa mengambil keputusan yang tepat, bagaimana Anda bisa merencanakan sesuatu dengan baik dan bagaimana Anda bisa mengambil tindakan yang benar.

Ia percaya tidak ada eskalator menuju sukses, yang ada adalah sebuah anak tangga. Artinya, kesuksesan itu tidak ada yang instan. Sukses adalah sebuah proses perjalanan yang panjang.

Live Your Best Live for Indonesia.


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Secrets of Successful Sales Person

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article