Article
Jan 14

Speech Composing – Dari Iseng Jadi Karya

Posted at 12.04 PM | No Comments | POST A COMMENT

Speech Composing – Dari Iseng Jadi Karya

Berbakal seprangkat komputer, seorang anak muda asal Jakarta meramaikan dunia maya dengan karya fenomenalnya. Potongan kata demi kata dengan bumbuhan aransemen lagu, disulap menjadi video speech composing yang menghibur. Ia adalah Eka Gustiwana, Speech Composer pertama di Indonesia yang melejit tenar lewat video berjudul ‘Demi Tuhan’. Tak pernah terlintas dalam benaknya, ia akan setenar seperti sekarang ini. Ia tercatat sebagai youtuber dengan subscriber terbanyak ke-2 se-Indonesia dan karyanya ditunggu-tunggu netizen.

 

Dengan cepat Eka menanggapi undangan dari tim The Merry Riana Show. Meski saat ini ia dibanjiri permintaan speech composing dan pembuatan jingle dari berbagai instansi, ia masih bersedia meluangkan waktunya untuk di interview oleh Merry Riana.

 

Merry jadi penasaran dengan kisah kecil Eka sebelum menjadi tenar. Darah seninya memang turunan dari sang ayah. Sejak kecil, Eka sudah dijijili dengan berbagai jenis musik. Setelah lulus SMA, Eka yang kesulitan untuk melanjutkan perguruan tinggi memutuskan untuk mencari penghasilan dari musik. Ia manggung dari cafe ke cafe dan acara pernikahan supaya bisa survive di dunia musik. Ia pernah mencoba membuat lagu tapi karyanya belum sesuai dengan keinginan pasar.

 

Menyenangkan semua orang tidak mungkin tetapi mempersembahkan yang terbaik adalah hal yang mungkin” kata Merry mengutip kata-kata dari Eka.

 

Dari berbagai penolakan yang pernah mewarnai perjalanan karirnya, Eka terus belajar sampai menghasilkan karya yang lebih baik. Kerja keras, kerja pintar, konsisten dan focus, membawa Eka diberi kesempatan membuat lagu untuk Nikita Willy yang berjudul ‘Kutetap Menanti’.

 

Perlahan-lahan karyanya disambut dengan positif. Ia pernah mendapatkan penghargaan dan prestasi dalam menciptakan lagu Jingle Dunia Fantasi, Mars Kereta Indonesia, menjadi juara 1 Ajang Cipta Lagu Anak, juga menulis banyak lagu untuk artis Indonesia.

 

Memang tidak sembarang orang bisa memiliki keahlian seperti Eka. Speech Composing adalah sebuah proses kreativitas yang mengubah kata-kata yang bukan nyanyian menjadi seperti lagu. Dibutuhkan waktu 2-3 hari bagi Eka untuk membuat sebuah speech composing. Bagian tersulit menurutnya bukan pada saat pembuatan speech composing, tapi pada pencarian idenya.

 

Eka mungkin tak pernah sangka bahwa keisengannya membuat speech composing akan menjadi karya yang banyak disukai orang. Kepada Merry, ia pun bercerita bahwa dirinya tak pernah takut disaingi oleh kemunculan speech composer lainnya. Namun sebaliknya, ia justru dengan senang hati mengajak semua anak muda untuk turut memajukan Indonesia dengan karya kreatif.

 

Apa ada trik-trik khusus? tanya Merry yang suka sekali dengan tune speech composing yang Eka buat.

 

Tak ada trik khusus yang dilakukan Eka. Ia membuat lagu berdasarkan instingnya sebagai musisi. Diantara menulis lagu dan speech composing, tidak ada yang susah bagi Eka. Segala sesuatu yang berhubungan dengan musik, berani ia jabani, bahkan rela bergadang untuk melakukannya.

 

Sebuah sms singkat dari Friends Sonora dibacakan oleh Merry, katanya “Untuk bisa bersaing dengan orang-orang muda yang kreatif, gimana caranya?

 

Keberhasilan Eka sebagai Best Viral Video Award 2013 tidak terlepas dari bantuan sosial media. Jadi menurutnya, jika Anda punya karya bagus, manfaatkanlah sosial media agar semakin banyak orang bisa melihatnya. Dan yang kedua adalah memperluas relasi baik ke sesama pemusik maupun ke orang lain.

 

Sudah banyak impian Eka yang telah tercapai. Memiliki studio sendiri yang diberi nama Studio Daylight di usia 24 tahun adalah salah satunya. Bagaimana Eka melakukannya? Inilah rahasianya.

 

  1. Memberikan yang terbaik bagi diri sendiri. Seringkali orang berusaha keras bekerja untuk memuaskan atasan atau klien tapi tak berhasil. Bagi Eka, daripada berjuang untuk menyenangkan seseorang, lebih baik mereka berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi dirinya sendiri.
  2. Konsisten. Semakin sering berpindah-pindah pekerjaan akan memperlambat jalur seseorang menuju suksesnya. Dengan konsisten pada goal yang telah ditentukan, Eka yakin bahwa semua mimpi bisa terwujud.
  3. Lakukan segala sesuatu seperti melakukannya untuk Tuhan. Eka sadar bahwa menyenangkan banyak orang itu gak mungkin. Ketika ia mencoba menyenangkan orang lain seringkali ia kecewa. Untuk itu, hingga kini ia selalu berusaha memberikan yang terbaik seolah-olah melakukan itu untuk Tuhan.

 

1 jam telah berlalu. Saatnya Merry berpamitan dengan Eka juga dengan Friends Sonora. Ada banyak sekali hal positif yang bisa digali dan Anda pelajari dari anak muda satu ini. Salah satunya, terbukti bahwa Indonesia berlimpah dengan orang-orang yang kreatif. Jadilah salah satu orang kreatif itu! Anda pasti bisa.

 

Live Your Best Life for Indonesia!


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Speech Composing – Dari Iseng Jadi Karya

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article