Article
Apr 13

Stay Away from Drugs

Posted at 12.10 PM | No Comments | POST A COMMENT

Stay Away from Drugs

 

Narkoba bukan hal asing lagi di telinga, bahkan slogan Say No To Drugs sudah seperti menjadi nasihat umum untuk setiap kalangan. Namun pada kenyataannya, kata tinggalah kata-kata. BNN pernah menyatakan bahwa penggunaan narkoba di Indonesia terus meningkat hingga mencapai angka 4,5 juta pengguna. Jika hal itu memang benar, tentu angka itu cukup fantastis ditambah jumlah pengguna narkoba yang belum terdata oleh BNN.

Friley Fonda, atau biasa dipanggil Fonda, seorang mantan pecandu narkoba menceritakan tentang pengalamannya saat masih menjadi pecandu narkoba, di salah satu episode The Merry Riana Show. Berawal dari keingintahuannya, Fonda terjerumus ke dalam dunia candu narkoba saat usia 15 tahun. Masa-masa itu memang sangat rentan bagi remaja, dimana seorang remaja memiliki keingintahuan yang tinggi dan sedang berusaha mencari pengakuan di lingkungan tertentu.

Disinilah peran keluarga sangat dibutuhkan. Keluarga sebagai agen sosialisasi terdekat memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap arah seorang anak untuk melangkah. Sayang, Fonda kurang mendapat kasih sayang dan kebahagiaan di lingkungan keluarga sehingga Fonda mencari kebahagiaan di luar sana dengan melangkah sendiri ke arah yang salah.

Miss Merry sejutu dengan salah satu pernyataan Fonda yang mengatakan “Narkobanya enak, konsekuensinya yang gak enak”. Pernyataan ini bukan untuk menganjurkan seseorang menggunakan narkoba tapi untuk mengingatkan bahwa sesuatu yang kelihatan atau terdengar enak justru ada kosenkuensinya.

Sepuluh tahun, waktu yang Fonda habiskan di dalam dunia narkoba. Banyak sekali hal-hal yang merugikan Fonda, seperti pelajaran yang tidak terselesaikan, fisik melemah, pola hidup menjadi kacau dan hubungan dengan keluarga serta lingkungan yang menjadi buruk. Memang, tidak mudah untuk keluar dari dunia narkoba. Banyak duka yang harus dihadapinya dalam upaya keluar dari dunia narkoba.

Tahun 2001 Fonda sempat masuk ke panti rehabilitasi untuk menjalani pengobatan namun dengan nekat Fonda kabur dari panti rehabilitasi dihari ke-10. Fonda kembali jatuh di lubang yang sama, kembali terjerat narkoba.

Miss Merry pun penasaran. Setelah jatuh bangun keluar masuk panti rehabilitasi sebanyak tujuh kali, apa yang akhirnya membuat Fonda benar-benar berhenti menggunakan narkoba? Ternyata, kesadaran dari dalam diri Fonda lah yang mendorongnya untuk keluar dari dunia narkoba. Ia tersadar bahwa hidupnya tidak bisa terus berada di titik yang sama, di titik minus. Ia masih memiliki seorang ibu yang terus menangisi dirinya, memiliki adik yang harus ia jaga. Maka hal yang pertama yang Fonda lakukan adalah menolong dirinya sendiri sebelum ia menolong orang lain. Itulah yang menjadi titik balik seorang Fonda.

Narkoba tentu meninggalkan dampak buruk bagi pengguna dibalik ‘enak’ nya. Fonda mengakuinya. Kondisi fisik yang jauh menurun, daya tahan tubuh yang harus diperbaiki dan harus melatih kembali saraf-saraf yang ada adalah akibat yang harus ia tanggung sebagai mantan pengguna narkoba.

Miss Merry punya trik khusus agar orang jauh dari godaan narkoba. Menurutnya, semua kembali kepada setiap orang itu sendiri. Jika seseorang menganggap hidupnya penting, maka orang tersebut akan terus berusaha mencari jalan. Namun jika menurutnya hidup tidak penting maka ia akan terus mencari alasan. Jadi bukan berapa lama seseorang berada di panti rehabilitasi, namun seberapa cepat ia menemukan hal-hal penting di dalam hidupnya untuk bangkit kembali.

Pengalaman merupakan guru paling baik untuk mengajarkan Anda. Dan kesalahan adalah pelajaran paling berharga dalam hidup. Fonda berharap dengan buku Siang Sang Terang yang ia tulis, orang-orang dapat belajar dari kesalahnya dan tidak jatuh lubang yang sama seperti yang telah dilalui oleh Fonda.

Miss Merry Riana mengambil satu kutipan dari buku yang ditulis oleh Fonda, Siang Sang Terang, halaman 29, ‘Lebih baik menangis bersama Tuhan daripada tertawa dengan si jahat’. Tentunya Anda tidak akan tahu bagaimana Tuhan akan bekerja pada Anda. Kadang Anda berpikir, betapa aneh Tuhan bekerja pada Anda, tapi betapa telitinya ia merencakannya.

Selama masih hidup, selama masih ada kesempatan, nafas kehidupan dan kesehatan, pasti di sana masih ada jalan. Jika masalah tengah menghampiri Anda, jangan pernah berpikir hidup Anda berakhir, karena jalan keluar akan selalu ada selama Anda masih mau terus berjuang. Tidak ada yang tidak mungkin. Kemarin adalah masa lalu, hidup sekarang adalah karunia dan esok adalah harapan. Teruslah hidup dan bersemangat menjalani hari-hari yang indah.

 

Live Your Best Live for Indonesia.

 

 

 


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Stay Away from Drugs

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article