Article
Apr 18

Sunrise and Sunset Property

Posted at 10.23 AM | No Comments | POST A COMMENT

Sunrise and Sunset Property

 

Investasi di bidang properti adalah salah satu investasi jangka panjang dimana investasi ini mampu meraup keuntungan mencapai 100% bahkan lebih. Hal itu terbukti dengan hasil riset sebuah lembaga konsultan properti komersial Cushman and Wakefield, yang mengungkapkan bahwa Jakarta adalah kota dengan pertumbuhan harga sewa kantor tertinggi di dunia, mencapai 30%. Kuatnya permintaan pasar yang naik secara signifikan, membuat developer berlomba-lomba membuat properti yang ideal.

Berkaitan dengan maraknya investasi di bidang properti, The Merry Riana Show sengaja mengundang bintang tamu yang sudah lama bergelut dibidang ini. Ia adalah seorang penulis buku berjudul : Sunrise and Sunset Properti, Matius Jusuf, Direktur Marketing Agung Podomoro Land, yang telah dikenal sebagai Motivator Developer di seluruh Indonesia sejak tahun 2000. Salah satu tantangan luar biasa yang pernah ia lewati adalah menjual Apartemen Kalibata dengan view menuju Taman Makam Pahlawan. Sejumlah 13.000 unit berhasil Matius jual dalam waktu 9 hingga 12 bulan saja.

Matius Jusuf yang telah mengantongi 1001 pengalaman meyakinkan pendengar Sonora bahwa setiap orang pasti bisa sukses di dunia properti. Menjual properti tidak pernah sukar, asalkan tau kuncinya.

Untuk meringankan beban orang tua, Matius Jusuf yang menyukai hitung-hitungan memulai karier sebagai guru Matematika dan Fisika. Tahun 80-an seorang general manager pada sebuah Bank mengajak Matius Jusuf untuk belajar tentang perbankan bersama 10 orang anak murid nya di Jakarta. Di Jakarta, Matius melihat peluang yang sangat tinggi di bidang properti. Ia pun memutuskan untuk terjun ke bidang itu. Walau harus berulang kali belajar dari awal karena latar belakang disiplin ilmu yang berbeda sewaktu kuliah, ia tidak khawatir. Kehausannya untuk belajar hal baru membuat perjalanan karirnya tak terasa sulit.

Praktisi properti ini punya cara efektif dalam memilih sebuah properti baik untuk rumah tempat tinggal atau investasi. Ia beri nama Sunset and Sunrise.

Sunset berarti property itu tidak mengalami kenaikan harga dalam 2 atau 3 kali inflasi selama tahun berjalan. Contohnya: lokasi di Green Garden.

Sunset kalau berdasarkan demografi, memiliki inflow nya hampir tidak ada dan outflow yang lebih banyak. Artinya di lokasi tersebut, orang-orang cenderung pergi daripada datang. Berbeda dengan Sunset, Sunrise sebaliknya. Berdasarkan angka inflasi, property yang Sunrise adalah property yang punya demografi inflow sangat banyak sedangkan outflownya hampir tidak ada. Lokasi Sunrise cenderung mengalami kenaikan harga properti tiap tahunnya. Contonya: lokasi di Serpong.

Di The Merry Riana Show, Matius juga memberikan saran untuk mengatasi properti yang sudah mengalami Sunset, yaitu dengan melakukan Switching Reposition, berani jual dan beli lagi di lokasi Sunrise.

Selain mempertimbangkan Sunset dan Sunrise properti, para pemula investasi harus mempersiapkan 3S. Smart dalam memilih lokasi yang Sunrise. Sharp, melihat properti itu hingga sekerucut-kerucutnya, seperti : lokasi, fasilitas internal dan eksternal dan siapa developernya. Speed dalam mengambil keputusan untuk membeli property. Jangan menunggu hingga harga propertinya tinggi tapi belilah pada Early Bird.

Ada beberapa macam karir di bidang properti. Untuk memulai karier sebaiknya dimulai dengan Marketer karena seorang marketer hanya perlu percaya diri, penampilan yang menarik dan kenal dengan baik tentang produk yang akan dijual.

Untuk yang punya modal bisa menjadi menjadi investor. Jika menjadi Investor, sebaiknya belilah property pada prime market karena harga early bird lebih murah daripada harga secendory market yang sudah naik sampai 2x lipat dari harga prime market.

Selain marketer dan investor, masih ada 1 karir lagi yang bisa dipilih pada bisnis property, yaitu developer, yang kini ditekuni oleh Matius Jusuf.

Ada 5M jurus jitu untuk developer agar sukses :

Berani mencari lokasi yang bagus agar properti bisa dijual dengan harga yang bagus. Mahal versus mahal banyak yang berminat lebih baik daripada murah versus murah tapi susah di jual.

Berani memakai arsitek yang bagus. Tidak masalah bayar mahal. Properti itu harus didesain dengan baik sehingga dapat dijual dengan mahal.

Harus membangun properti dengan kualitas yang baik. Jangan mencari tender yang murah dan mahal. Carilah yang harganya rata-rata. Kalau harganya murah kemungkinan dibangun dengan bahan-bahan berkualitas rendah.

Menjual properti harus dengan kecepatan yang tinggi. Jika sudah selesai dibangun namun belum terjual, itu berarti salah di marketing.

Mementengi properti dengan baik. Selesai dijual semua properti harus dimentengi agar harga secondary market tetap meningkat.

Semua orang sukses tentu punya proses yang panjang dibaliknya. Begitu juga dengan apa yang dialami Matius Jusuf dalam memantapkan dirinya sebagai developer. Diakhir penghujung acara, Merry juga berujar bahwa hidup adalah proses, yang di dalamnya ada pergumulan yang mengacu pada cita-cita untuk menciptakan kondisi baik dari waktu ke waktu.

Live Your Best Life for Indonesia!


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Sunrise and Sunset Property

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]