Article
Jan 20

Teknik Berbicara Yang Efektif

Posted at 01.57 PM | No Comments | POST A COMMENT

Teknik Berbicara Yang Efektif

 

Berbicara kepada orang lain tentu hampir semua orang bisa melakukannya. Namun, berbicara dengan percaya diri didepan banyak orang, dengan ketepatan bahasa yang baik dan tutur kata yang mampu menyihir para penonton, apakah semua orang bisa melakukannya? “Jawabannya, BISA!kata Merry mantap.

Merry percaya, tak ada ilmu yang tak dapat dipelajari. Untuk membuktikan kepada Friends Sonora, The Merry Riana Show kali ini mengangkat tema Teknik berbicara yang Efektif. Telah duduk disamping Merry, seorang praktisi public speaking yang juga seorang presenter, MC, pengusaha, bintang iklan dan Managing Director di Talk Inc, Erwin Parengkuan. Pengalamannya dalam public speaking sangat beragam, mulai dari acara kepresidenan sampai product launching. Ia juga pernah terlibat dalam mendukung Konferensi APEC, menjadi mitra UNICEF, menjadi spokeperson pada sebuah pagelaran amal di Los Angeles, dan masih banyak lagi.

Dimulai dengan kekagumannya pada pekerjaan seorang penyiar, Erwin yang saat itu masih SMP berani menelepon ke salah satu stasiun radio untuk mengajukan diri sebagai penyiar. Sayang, usianya belum mencukupi. Pria berlesung pipi ini harus menunggu hingga masuk kuliah. Saat kuliah, Erwin kembali menelopon salah satu stasiun radio untuk menanyakan lowongan yang sama. Erwin beruntung, stasiun radio yang ia hubungi memang secara kebetulan sedang membuka lowongan. Tanpa berpikir lama, Erwin melamar menjadi penyiar dan diterima.

Erwin setuju dengan apa yang dikatakan Merry Riana pada awal acara, bahwa semua orang dapat berbicara dengan efektif, tergantung apakah mereka mempelajari secara khusus bagaimana cara mengatur waktu untuk pesan yang ingin mereka sampaikan.

Di Acara The Merry Riana Show, Erwin membagikan beberapa tips untuk teknik berbicara yang efektif yaitu:

Pertama, mengetahui kepribadian Anda dan lawan bicara. Dikehidupan sehari-hari seringkali ketika berbicara dengan orang lain, pesan yang Anda sampaikan tidak diterima dengan baik. Hal ini dikarenakan seringkali Anda lupa untuk memperhatikan kepribadian lawan bicara kita, padahal teknik komunikasi harus 2 arah.

Kedua, Persiapan. Persiapan yang harus dilakukan adalah Anda harus menyiapkan blueprint, tema, dan Ice breaking. Blueprint terdiri dari kata pembuka, inti dan kata penutup. Blueprint harus terdiri dari Plan A sebagai plan utama, dan Plan B sebagai plan cadangan untuk berjaga-jaga jika ada situasi yang tidak diinginkan terjadi. Tema yang diambil pun tidak boleh terlalu panjang agar pendengar lebih mudah untuk mengerti. Dan jangan lupa untuk menyisipkan Icebreaking untuk mencairkan suasana.

Ketiga, latihan. Latihan disini tidak harus memiliki jam terbang profesional untuk latihan. Setiap hari saat Anda berbicara, sudah termasuk dalam kategori latihan.

Erwin jadi teringat kala pertama kali ia siaran. Saat itu ia meminta tolong kepada keluarganya untuk merekam hail siarannya. Hal itu dilakukannya bukan untuk mendengar suaranya di radio, tetapi untuk mendengar apakah yang di lakukannya sudah menyenangkan orang lain atau belum. Dari hasil rekaman itu, Erwin juga bisa menilai apakah ketepatan kata yang dia ucapkan sudah benar.

Click adalah buku yang ditulis oleh Erwin tentang tipe Kepribadian untuk sukses berkomunikasi. Menurutnya, sukses dalam berkomunikasi itu tidak sekadar ditentukan oleh caranya, namun juga ditentukan dari tipe kepribadian seseorang. Ada 4 tipe kepribadian yang Erwin kategorikan, yakni : Si Gesit, Si Rinci, Si Kuat, dan Si Damai.

Erwin menjelaskan bahwa Gesit adalah tipe kepribadian yang ceplas-ceplos, serba terburu-buru, berbicara dulu dan baru berpikir. Si Rinci adalah tipe kepribadian yang cara berbicara dengan teratur, santun, berpikir dulu sehingga lebih jarang berbicara. Si Kuat adalah tipe kepribadian yang memikirkan hasil akhir. Si Damai adalah tipe kepribadian yang tidak suka ribut (damai), tenang , sedikit action dan bicara.

Belajar teknik bicara efektif secara profesional bisa diikut di Talk-Inc, sekolah public speaking yang di dirikan oleh Erwin Parengkuan dan Becky Tumewu. Sekolah ini akan membantu komunikasi dengan efektif dengan meningkatkan rasa percaya diri, mengatur pemilihan kata yang tepat, hingga berpenampilan yang sesuai. Selain itu ada juga kelas yang membantu secara profesional menjadi MC TV, presenter atau yang secara profesional ingin menggeluti komunikasi di dalam pekerjaan mereka.

Selanjutnya, Erwin tak lupa memberikan tambahan tips kepada Merry juga Friends Sonra untuk mengatasi grogi saat menjadi pembicara. Menurut Erwin, hal yang terpenting adalah fokus dengan kekuatan bukan dengan ketakutan. Ia juga menyarankan untuk sesekali melupakan semua yang telah disiapkan agar bisa lebih mengalir. Siapkan waktu luang dengan datang lebih awal agar bisa melakukan relaksasi, lakukan hal yang Anda suka sebelum tampil, seperti : makan atau break in break out.

Teknik berbicara yang efektif bisa diterapkan kepada pribadi tertutup (Introvert) asalkan orang tersebut tahu kenapa ia harus berbicara dan untuk apa ia berbicara. Karena mereka pengamat yang baik, introvert memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan orang-orang ekstrovert. Mereka dapat memberikan data yang bisa dikeluarkan kepada pendengar. Tinggal mereka di start engine.

Menutup acara The Merry Riana Show kali ini, Merry Riana juga menambahkan tips teknik berbicara yang baik yaitu berani dan percaya diri. Merry percaya, jika kita sudah mempersiapkan sesuatu dengan baik maka pesan akan dapat disampaikan dengan efektif.

 

Live Your Best Life for Indonesia!

 

 


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Teknik Berbicara Yang Efektif

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article