Article
Jul 20

The Power of Kepepet

Posted at 04.26 PM | No Comments | POST A COMMENT

Bayangkan jika Anda seorang pengusaha yang mengalami kerugian mencapai 1.8 milyar. Apa yang Anda lakukan? Mungkin sebagian dari Anda, ada yang memutuskan untuk segera menutup usaha yang dijalani kemudian trauma untuk membuka usaha lagi. Tapi tidak untuk sosok yang satu ini. Dia adalah Jaya Setiabudi atau lebih akrab dengan panggilan Mas J. Salah satu pengusaha yang pernah mengalami kebangkrutan sampai berkali-kali. Untungnya, tidak ada kamus “menyerah” dalam diri Mas J, bintang tamu The Merry Riana Show episode ini.

Sebaliknya, sadar bahwa bangkrut menyisakan kepahitan bagi yang mengalaminya, Mas J memutuskan untuk membuat ramuan kiat anti bangkut melalui buku-bukunya yang berjudul, The Power of Kepepet yang telah menjadi best seller, juga buku Kitab Anti Bangkrut.

“Sebenernya teori seperti apa sih the power of kepepet itu?” tanya Merry mengawali perbincangan.

Mas J percaya kalau seseorang akan termotivasi melalui 2 hal, iming-iming impian atau kondisi kepepet. Tapi setelah ditelusuri, Mas J menemukan bahwa kebanyakan manusia itu mayoritas termotivasi karena kepepet. Kondisi kepepet membuat seseorang nggak punya pilihan selain mencari jalan keluar. Kabar baiknya, kita tak perlu sampai mengalami kondisi kepepet beneran tapi bisa menciptakan kondisi seolah-olah dalam keadaaan kepepet. Dengan begitu, seseorang akan terpacu untuk tergerak untuk maju.

Ilmu kepepet ini ternyata memang hasil dari pengalaman Mas J sendiri. Mas J memiliki 7 bersaudara dengan orangtua yang bekerja sebagai karyawan. Menghidupi 7 anak dan menyekolahkannya, tentu tidak mudah bagi orangtua Mas J. Itu sebabnya, sewaktu kuliah Mas J sudah lekat dengan kemandirian. Kalau Merry Riana punya kisah tentang roti yang dimakan didalam toilet semasa kuliah, Mas J saat kuliah terbiasa makan nasi bungkus dengan lauk ala kadarnya. Ditengah keprihatinan itulah, Mas J belajar survive dengan berjualan apa saja, mulai dari kaos, komputer-komputer bekas, sampai sparepart. Modalnya? Hanya koneksi saja.

Sejak tahun 2005, ia sudah keliling ke 40 kota se-Indonesia untuk mengisi lebih dari 120 kelas seminar setiap tahunnya. Dari perjalanan itulah, Mas J bertemu dengan berbagai entrepreneur yang punya problema berbeda-beda. Pengalaman ini yang memacu Mas J untuk menulis buku keduanya, Kitab Anti Bangrut dengan tujuan mencegah sebelum terjadi kebangrutan, dan bangkit jika mengalami.

“Ada ngga sih cara untuk kita bisa meminimize supaya kita ngga ketipu atau kecolongan oleh karyawan sendiri?” tanya Merry kembali.

Mas J pun mengeluarkan jurus jitunya yang pernah ia tulis dalam Kitab Anti Bangkrut. Salah satunya cara untuk meminimalisir kecolongan adalah dengan memisahkan antara accounting dengan kasir. Jika digabung, mereka bisa manipulasi lap keuangan. Tak boleh ada duit menginap, apalagi di salesman yg biasanya ceroboh & empati. Hindari pembelian cash, jikapun harus batasi nominalnya / lakukan transfer.

Kembali ke topik mencegah bangkrut, menurut Mas J bangkrut itu sesuatu yang menurutnya tidak perlu ditakuti. Bangkrut tidak akan menjadikan seseorang miskin, asalkan mereka punya 3 hal, yaitu : keterampilan, kredibilitas dan network.

“Untuk memulai usaha sendiri, apa aja sih yang harus pertama kali dilakukan?” tanya Merry meminta kiat-kiat dari Mas J.

Mas J mengutarakan pendapatnya. Menurutnya keberanian adalah kunci pertama untuk dapat memulai sebuah usaha. Kebranian menanggung resiko, mengalami jatuh bangun, bangkrut, dicaci dan sebagainya. Kedua, adalah mengasah skill dengan cara membaca buku, ikut training / seminar.

Selain menemukan jurus anti bangkrut, Mas J juga menemukan 1 obat yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Nama obatnya adalah terapi nasi bungkus. Apa yang dimaksud dengan terapi nasi bungkus? Mas J kembali menjelaskan ide uniknya kepada Friends Sonora.

Terapi nasi bungkus ini ternyata bukan terapi asal, tapi teori yang pernah diuji terlebih dulu oleh Mas J. Untuk melakukan terapi ini, kita perlu menyediakan 10 nasi bungkus. Berikan kepada orang-orang yang kurang beruntung dan lihat wajah mereka saat menerimanya. Dari sanalah tersembunyi energi positif yang mereka ungkapkan di wajah mereka. Hambatan belum tentu berarti negatif. Bisa jadi itu jalan yang ditunjukkan ke arah yang lebih baik. Terapi ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti : sombong, stress, dililit hutang, benci/ dendam, kecewa, dan juga termasuk putus cinta.

1 jam hampir habis. Sebelum pamit mundur, Mas J mengungkapkan impian terbesarnya.
“Saya ini ingin menciptakan berjuta entrepreneur sukses.” Ucap Mas J dengan penuh semangat.

Sebelum menutup acara hari itu, Merry tak lupa memberikan catatan inspirasinya. Menurutnya, kemajuan tidak mungkin terjadi tanpa adanya perubahan dan mereka yang tidak bisa merubah cara berpikir atau tindakan mereka, tidak akan bisa mengubah apapun.

Kualitas bukanlah sebuah kebetulan; ia selalu merupakan hasil dari upaya yang cerdas.

Live Your Best Live for Indonesia.


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to The Power of Kepepet

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article