Article
Aug 11

The Secret To Healthy Body

Posted at 11.14 AM | No Comments | POST A COMMENT

Jumat pagi kembali menyambut. Setiap kali Merry membuka mata, ia selalu bersyukur kepada Tuhan karena anugerahNya yang terindah dalam hidupnya. Diberi kesehatan, dicukupkan dalam setiap kebutuhan, dikaruniai anak yang lucu, suami yang baik, keluarga yang hangat, dan Friends Sonora yang selalu setia mendengarkan The Merry Riana Show.

 

Sadarkah Anda bahwa setiap hari, setiap jam, setiap menit, bahkan setiap detik yang di lalui, Anda sedang diintai dengan berbagai jenis penyakit yang membahayakan kesehatan? Mungkin sebagian dari Anda sudah sadar akan hal tersebut, namun Anda tidak tau apa yang harus dilakukan agar bisa tetap hidup sehat?

 

Itulah sebabnya, Merry mengundang Ade Rai yang sudah mau menyempatkan dirinya datang dari Bandung untuk menjadi bintang tamu di acara The Merry Riana Show. Semua orang tentu sudah mengenal sosok pria bertubuh atletis ini. Bukan hanya seorang binaragawan Indonesia yang memiliki banyak prestasi, Ade Rai kini adalah seorang pakar kebugaran yang tak pernah henti-hentinya mengkampanyekan gaya hidup sehat kepada masyarakat.

 

Menurut Ade Rai, sehat itu ibarat sebuah pohon yang memiliki tiga ranting utama ; ranting gerak, ranting makan, dan ranting istirahat. Ranting gerak adalah mau meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas gerak dengan berolahraga. Mulut kita adalah sumber kesehatan dan kesakitan. Apa yang kita konsumsikan akan memperlihatkan kualitas kesehatan atau kesakitan kita. Inilah yang disebut dengan ranting makan. Sedangkan yang dimaksud ranting istirahat adalah kita mau memberikan waktu yang cukup untuk membiarkan tubuh kita beristirahat dari segala aktivitas.

 

Selain memiliki ranting-ranting yang sehat, sebuah pohon juga harus ditopang dengan kekokohan akarnya. Akar dari pada pohon yang sehat berbicara kepada pikiran yang sehat. Pikiran yang sehat akan menjadi spirit bagi seseorang untuk memiliki badan yang sehat dan mencapai kualitas hidup yang sehat.

 

Prinsip pohon yang sehat tersebut telah dibuktikan oleh Ade Rai sendiri. Bukan hanya terlihat atletis, Ade Rai selalu terlihat bugar, sehat dan wajahnya berseri-seri. Sehat tidak menarik selagi masih dimiliki, tapi menjadi menarik ketika pergi. Itulah sebabnya mengapa, banyak diantara kita yang semena-mena terhadap sehat. Banyak yang kemudian beranggapan bahwa mereka tak memerlukan olahraga karena mereka sudah sehat.

 

Itu juga yang menjadi alasan Ade menggeluti binaragawan. Kepada Merry, Ade Rai bercerita awalnya ia hanya ingin memenuhi egonya untuk memiliki penampilan lebih baik, karena pada waktu itu Ade sangat kurus dan kerempeng, dengan tinggi 183 dan berat 55. Jadi ia hanya berpikir bagaimana caranya agar bisa membentuk tubuh yang lebih atletis, seperti Bruce Lee. Tanpa disadari ternyata olahraga justru menjadi profesi dan memberikan kebaikan bagi Ade.

 

Seorang pelukis menggunakan canvas sebagai media untuk mengekspresikan karya seninya. Seorang pematung menggunakan batu atau kayu sebagai media untuk mengekspresikan karya seninya. Sedangkan seorang binaragawan menggunakan tubuhnya sebagai media untuk mengekspresikan karya seninya. Inilah yang kemudian membuat Ade jatuh cinta pada dunia binaraga, karena ia juga bebas berseni melalui tubuhnya.

 

Tidak gampang memang bagi Ade untuk mendapatkan tubuh seperti sekarang ini, tapi karena kecintaannya dalam berolahraga, ia selalu punya energy untuk menjalaninya.

 

Sama juga halnya dengan menjaga kesehatan. Anda harus sadar betul dan memiliki kecintaan untuk menjaga kesehatan Anda.

 

Hanya karena tidak sakit, bukan berarti kita sudah sehat.

 

Sangat unik bila dibidang lain, Anda belajar tentang bagaimana caranya berinvestasi dengan baik tapi lupa berinvestasi terhadap kesehatan Anda. Dan pada akhirnya apresiasi yang Anda dapatkan dibidang lain, harus habis untuk membeli sehat.

 

Ketika sehat itu masih dimiliki mempertahankan sehat menjadi mudah dan murah, tapi kebalikannya ketika sehat tidak dimiliki atau pada saat sakit, mencari sehat itu menjadi mahal dan susah.

 

Di episode kali ini, Merry menanyakan kunci rahasia hidup sehat kepada Ade Rai..

 

Berapa lama waktu tidur yang efektif?

 

Dalam beristirahat, sebenarnya bukan berapa lamanya tapi lebih kepada berapa besar kebutuhannya. 7-8 jam perhari atau 6 jam pun tidak apa-apa, asalkan itu memenuhi kecekupan tubuh Anda dalam beristirahat. Karena pada dasarnya, filosofi sederhana dari kata istirahat adalah memberikan kesempatan kepada tubuh Anda untuk recover atau pulih kembali agar bisa melakukan aktivitas kembali.

 

Banyaknya muncul pandangan dimasyarakat bahwa, terlalu gemuk itu tidak bagus, terlalu kurus juga tidak bagus. Apakah sehat harus memiliki badan yg atletis?

Banyak juga patokan-patokan kesehatan yang sebenarnya dipakai untuk mempermudah kita.

Misalnya : tekanan darah 115-76, kadar lemak kolestrol dibawah 200, kadar lemak bagi wanita tidak melebihi dari 30%, atau pria yang ukuran celananya melewati 36 atau 38 memiliki potensi serangan jantung, dsb.

 

Tapi semua ini kembali lagi kepada Anda yang menjalankan pola hidup yang sehat tersebut. Karena pada dasarnya, tidak ada jalan menuju sehat, tapi pola hidup sehat adalah caranya. Yang utama bukanlah yang kelihatannya tapi lebih kepada apa yang Anda rasakan. Jadi bukan harus gemuk, atau harus kurus, tapi lebih ke badannya yang seimbang, dan dimana fungsi organ tubuh tetap berjalan dengan baik aja, itu yang namanya sehat.

 

Bagaimana menjaga kesehatan kita ditengah cuaca yang tidak menentu?

 

Berdasarkan penilitian, penyebab kualitas kesehatan menurun yang disebabkan oleh faktor eksternal hanya kurang lebih dari 10% atau 20% saja. Sedangkan penyebab kualitas kesehatan menurun, lebih banyak dari faktor internal. Itulah sebabnya, kualitas sehat Anda tidak akan terpengaruh oleh cuaca seperti apapun, jika kondisi Anda sehat.

Dengan menjalankan pohon sehat, kita bisa mempertahankan kualitas kesehatan Anda tanpa khawatir akan cuaca yang berganti.

 

Saya jarang olahraga tapi pekerjaan saya berat dan sering keringetan. Apakah saya masih harus olahraga lagi?

Berkeringat bukanlah parameter dari kualitas olahraga yang baik, keringat hanyalah reaksi tubuh kira pada saat berolahraga. Ada dua aktivitas olahraga yang bisa dilakukan, yaitu olahraga untuk melatih otot jantung dan melatih otot rangka. Parameter untuk aktivitas otot jantung adalah detak nadi dan parameter untuk otot rangka adalah beban itu sendiri.

 

Bagaimana agar dapat olahraga ditengah-tengah kesibukan yang padat?

 

Banyak sekali olahraga yang bisa dimana saja. Dirumah misalnya, Anda bisa menggunakan tubuh sebagai alat gym Anda. Contoh : push up, sit up, pull up, dsb.

 

Contoh lain dari olahraga simple yang bisa dilakukan dirumah adalah :

–          Melakukan naik turun tangga. Naik satu anak tangga lalu turun lagi, divariasikan dengan mengganti kaki berkali-kali sebanyak 10 kali.

–          Melakukan aktivitas interval training, dengan cara jalan-jalan kecil, lalu lari 2 menit, lalu jalan lagi, lalu lari lagi, begitu seterusnya.

–          Melakukan aktivitas pengencangan otot dengan cara push up ditembok atau push away. Jadi aktivitas ini dilakukan seperti melakukan gerakanpush up tapi ke tembok.

 

Aktivitas-aktivitas olahraga tersebut dapat dilakukan oleh semua kalangan umur.

Dan pengencangan otot memiliki kebermanfaatan yang besar bagi tubuh untuk memberikan kesempatan kepada gula yang ada di badan agar bisa terpakai menjadi sesuatu yang lebih produktif daripada tersimpan di dalam sel lemak kita.

 

Mengkomentari apa yang Ade Rai utarakan tentang pola hidup sehat, menurut Merry, sehat itu justru murah. Sakitlah yang menjadikannya mahal. Bayangkan, berapa banyak hal yang bisa Anda lakukan jika sehat ada pihak Anda. Keliling dunia, menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta, atau melakukan banyak hal-hal yang Anda inginkan, tentu bisa! Tapi bagaimana bila sebaliknya? Bila Anda tidak berteman akrab dengan sehat? Ia mampu melumpuhkan semua aktifitas kita, mampu membuat Anda tak berdaya di atas ranjang, bahkan mampu membuat Anda mengeluarkan uang hanya untuk mendapatkanya kembali. Sehat adalah teman yang baik bagi Anda dalam menempuh perjalanan hidup. Sehat, teman yang sering di lupakan, sering di abaikan.

 

Ketika mengejar kekayaan, jangan sampai mengorbankan kesehatan. Karena sebenar-benarnya, kesehatan adalah kekayaan yang paling berharga. Karena itu, mulai sekarang tanamkanlah kesadaran, mulailah mengambil langkah menjalani pola hidup sehat, dan sambutlah hari-hari baik yang sudah menunggu Anda didepan mata.

 

Live Your Best Life for Indonesia!


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to The Secret To Healthy Body

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article