Article
Nov 12

Wisdom and Success

Posted at 06.37 AM | No Comments | POST A COMMENT

Pendidikan formal adalah salah satu hal yang penting bagi setiap orang untuk dapat meraih kesuksesannya. Tetapi bagaimana dengan orang yang tidak mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pendidikan formal itu? Ya, Andrie Wongso merupakan salah satu orang yang tidak mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pendidikan formal itu. Sempat menjalani sekolah dasar beberapa saat tetapi di usia 11 tahun dia harus putus sekolah. Namun, hambatan pendidikan itu tidak membuat pria kelahiran Malang ini gagal mencapai kesuksesnya. Sekarang Andrie Wongso menjelma menjadi motivator No.1 di Indonesia dengan menyandang gelar SDTTSBS (sekolah dasar tidak tamat tapi bisa sukses).

Tidak semua bisa membuat kegagalan sebagai pembelajaran. Tapi Andrie Wongso bisa. Itulah sebabnya, Merry Riana mengundangnya sebagai bintang tamu The Merry Riana Show kali ini.

Hambatan memang sering kali dijadikan kambing hitam sebagai kegagalan. Tetapi sebenarnya, hambatan bisa menjadi batu loncatan untuk mencapai sesuatu yang lebih besar seperti Andrie Wongso dan Merry Riana.

“Bukan berpendidikan tapi terdidik oleh karena kehidupan yang berat.” Itulah jawaban Andrie Wongso ketika ditanya Merry bagaimana Ia bisa percaya diri bisa sukses tanpa pendidikan.

Putus sekolah memang membuatnya kehilangan pendidikan formal tetapi kerasnya kehidupan adalah pendidikan informal yang membentuk dirinya sebagai pribadi yang matang. Andrie Wongso belajar dari banyak hal. Dari kung-fu, ia belajar tentang kedisplinan, kemauan, konsistensi, tolong menolong, dan kepercayaan diri.

Dengan keinginan yang kuat untuk menjadi bintang film pada tahun 1976 Andrie Wongso pergi ke Jakarta. Singkat cerita, ia mendapatkan tawaran ke Taiwan untuk menjadi bintang kung-fu di tahun 1980. Namun itu tak berlangsung lama. Setelah melihat tak ada harapan didunia perfilman, Andrie Wongso memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Sesampainya di Indonesia Andrie Wongso memulai idenya untuk membuat kartu ucapan kata-kata motivasi hasil dari coretan pribadinya, seperti “Andrie jangan ragu, apa yang kamu impikan bisa terjadi.” Coretan-coretan itulah menginspirasi Andrie Wongso untuk menjadi pengusaha kartu ucapan.

Andrie Wongso bisa seperti sekarang tidak terlepas dari pilihan. Dia memilih untuk keluar dari film dan memulai hal yang baru. Ia mengatakan, memilih apa yang dekat dan mampu lebih baik daripada memilih apa yang kita tidak tahu.

“Apa sih rahasia kesuksesan seorang Andrie Wongso yang selalu bisa mempunyai semangat luar biasa?’ Tanya Merry kepada Andrie Wongso. “Paksaan dan kebiasaan.” Jawab Andrie Wongso, singkat. Menurutnya, kebiasaaan baik sulit di lakukan tapi sangat bermanfaat untuk masa depan. Kebiasaan jelek gampang di lakukan tapi akan merusak masa depan. Intinya adalah jika tahu masa depan baik dengan melakukan hal positif maka itu harus dipaksa hingga menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang diulang, lama-lama akan berubah menjadi karakter.

Jangan rendah diri, jangan juga membandingkan diri dengan orang lain, menyalahkan Tuhan ataupun orang tua. Apa yang ada hari ini syukuri. Dan hidup pasti damai sejahtera. Begitulah prinsip Andrie Wongso.

Menjawab salah satu pertanyaan tentang wisdom dari Friends Sonora yang dibacakan oleh Merry, Andrie pun menjelaskan bahwa Wisdom itu harus di atas pikiran positif di atas motivasi. Ketika bertemu dengan orang aneh-aneh itulah disaat kita bisa belajar untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Proses belajar itu yang membuat kita dewasa.

“Bagaimana melihat potensi diri kita?” Tanya Merry membacakan pertanyaan kedua.

Lihat apa yang Anda punya seperti skill dan ilmu-ilmu yang Anda miliki. Tanya ke dalam diri dan temukan apa yang paling cocok untuk Anda. Biar terlihat kecil, jangan khawatir. Kecil akan menjadi besar dan besar akan menjadi raksasa. Tegas Andrie Wongso menutup penjelasannya.

Merry Riana sependapat dengan Andrie Wongso. Menurut Merry, “Jangan pernah meremehkan diri kita sendiri karena apapun pun juga pasti ada potensi yang memang Tuhan sudah ciptakan dan Tuhan berikan untuk masing-masing dari kita ya”

Andrie Wongso menjelaskan ada 3 cara untuk berani sukses, yaitu : berani menentukan target, berani melangkah, berani mensukseskan sampai sukses.

Tibalah Andrie Wongso membacakan surat cintanya kepada Indonesia. Dalam suratnya, Andrie Wongso mengucapkan cintanya kepada Indonesia. Dia yakin bahwa Indonesia bisa mengatasi masalah-masalah yang ada. Dia yakin Indonesia juga mempunyai hak yang sama seperti bangsa lain untuk maju. Dia mengajak kita bersama bangung Indonesia. Salam sukses, luar biasa menutup love letternya.

The Merry Riana Show hari itu memberikan inspirasi bahwa bijaksana adalah memahami keseimbangan. Memahami keburukan dan kebaikan. Memahami ketakutan dan keberanian. Memahami diri sendiri dan orang lain.

 

Live Your Best Life for Indonesia!


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Wisdom and Success

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]