Article
Nov 25

Your Job is not Your Career

Posted at 02.41 PM | No Comments | POST A COMMENT

Your Job is not Your Career

 

Apakah Anda telah yakin bahwa pekerjaan yang Anda tekuni adalah karir Anda sesungguhnya? Jika masih belum yakin, The Merry Riana Show kali ini mungkin bisa lebih menjelaskan kepada Anda bahwa pekerjaan dan karir adalah dua hal yang berbeda. Bintang tamu The Merry Riana Show episode ini adalah Rene Suhardono. Beliau adalah seorang Career Coach juga penulis buku Your Job is Not Your Career, yang juga diangkat sebagai tema kali ini.

“Jadi, sebenarnya apa perbedaan mendasar pekerjaan dan karir?” tanya Merry mengawali perjumpaan hari itu. Rene,begitu panggilan akrabnya, ia menegaskan bahwa jaman sekarang banyak orang tidak cukup memahami bagaimana cara membangun karir dalam pekerjaan mereka masing-masing. Sebagai hasilnya, terkadang mereka tidak bekerja sesuai dengan passion mereka karena melakukan pekerjaan dengan tidak sepenuh hati. Passion ternyata punya peranan penting disini. Dengan passion seseorang tidak akan merasa kehabisan energi dalam melakukan pekerjaan sesulit apapun. Justru tantangan yang ada terasa seperti kerikil yang mendewasakan diri kedepannya.

Balik lagi ke masalah pekerjaan dan karir, Rene mengatakan bahwa hal ini tergantung dari cara pandang masing-masing pribadi. Pekerjaan tidak hanya seputar gaji, tanggung jawab, jabatan, dan job description. Sementara karir adalah seputar prioritas hidup, sebagai manifestasi kehidupan profesional. Pekerjaan adalah alat, sedangkan karir adalah perjalanan.

Untuk tau apakah pekerjaan yang dilakukan sudah sesuai passion atau tidak. Rene berpesan, seseorang harus paham betul apa misi hidup yang sesungguhnya. Kalau menurut Rene, passion adalah segala aktivitas yang membuat seseorang merasa berdaya. Merry Riana juga percaya bahwa passion seyogyanya adalah sebuah energi yang memberdayakan seseorang untuk terus bangkit dan terus menjalani. Passion itu tidak perlu dicari kemana-mana sebab masing-masing orang sudah membawanya sejak lahir.

Lingkungan turut andil dalam mengembangkan passion dan talenta. Anda harus mengakui dari hati Anda yang terdalam, apa yang membawa Anda bahagia ketika Anda menjalani suatu aktivitas tertentu. Dengarkan suara hati bukan suara orang lain.

“Passion is not what you good at, is what you enjoy the most.” Kata Merry mengutip salah satu quotes Rene.

Siapa yang tidak ingin menguasai hobi dengan baik? Hobi akan menjadi hal yang sia-sia jika tidak ditransformasikkan menjadi sebuah keahlian. Dalam buku pertama Merry Riana, berjudul A Gift From a Friend, tertulis tentang teori 10.000 jam. Teori menyimpulkan bahwa segala sesuatu butuh proses yang tidak sebentar.

Kesimpulannya, mulai sekarang coba cari passion Anda jika Anda memang belum menemukannya. Namun, sebaiknya Anda segera menemukannya. Sehingga kedepannya Anda mulai bisa meluncurkan sejatinya karya Anda berdasarkan passion yang Anda tekuni. So, now, have you found your real career yet?

“Selain passion, apalagi yg penting?” tanya Merry kepada Rene.

Bagi Rene, passion ibarat sebuah bibit. Pertama, untuk tumbuh subur Anda harus tau dimana tempat yang tepat bagi Anda. Jangan memaksakan diri untuk menari bila keahlian Anda melukis. Apapun akan lebih mudah dicapai disaat Anda bergelut di medan yang tepat. Kedua, pahami aturan permainannya. Itulah 3 komponen yang harus dikuasai untuk bisa sukses, the seed, the soil, and the weather.

Sebelum mengakhiri perbincangan bersama Rene, Merry tak lupa menambahkan sesuatu. Tidak ada yang besar di dunia ini yang didapatkan tanpa sebuah passion. Ia percaya hidup adalah sebuah pilihan. Memilih untuk memenuhi panggilan hati atau hanya sekedar mengikuti alur yang ada, itu semua ada ditangan Anda.

“Life is too short and There is no reason NOT to follow your passion.” Tutur Merry menutup acara.

 

Live Your Best Life for Indonesia!


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Your Job is not Your Career

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article