Community

Be Resourceful

mei_newsletter2014_Page_01

Apa yang kita dapat bergantung dari apa yang kita berikan. Ungkapan tersebut memang benar adanya. Jika kita mengharapkan hasil yang baik, maka kita juga harus mengerahkan semua kemampuan terbaik kita. Karena semua usaha berbanding lurus dengan hasil, tidak ada yang namanya kebetulan, keberuntungan, juga kesialan.

 

Manusia adalah makhluk sosial, oleh karena itu manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu hidup berdampingan dan menjadi bagian dari suatu kelompok. Kelompok-kelompok ini ada yang memang sudah terbentuk secara alami, ada juga yang memang diciptakan.

 

Seiring berjalannya waktu manusia tumbuh bersama kelompok atau komunitasnya yang beragam. Dari sanalah kita belajar akan makna kehidupan, pembelajaran diri, pembangunan karakter, dan sebagainya. Dalam suatu kelompok atau komunitas kita bisa memilih mau menjadi seperti apa diri kita, apakah menjadi orang yang aktif dan berpartisipasi penuh, atau hanya diam melihat saja apa yang terjadi dalam suatu kelompok tanpa melakukan apapun.

 

Kisah berikut ini mungkin bisa kita jadikan pelajaran. Ada sebuah keluarga yang mempunyai dua anak laki-laki, yaitu Andi dan Budi. Andi dan Budi selalu memimpikan bisa pergi ke sebuah Wahana Bermain yang terkenal di kota mereka. Saat liburan sekolah, kedua orang tua mereka memberikan hadiah kepada mereka tiket ke Wahana Bermain tersebut, Andi dan Budi senang bukan main mendapatkan hadiah tersebut. Apa yang selama ini diimpikannya sebentar menjadi kenyataan.

 

Sesampainya dirumah, Ibu mereka bertanya mengenai pengalaman mereka pergi ke Wahana Bermain itu.“Luar biasa Bu, tempatnya besar sekali. Banyak wahana menarik disana. Aku mencoba semua wahana, sungguh puas sekali rasanya”, cerita Budi panjang lebar dengan penuh bersemangat. Sementara Andi hanya bisa diam, karena ia tidak mencoba wahana satupun, dan hanya mengamati betapa megahnya wahana bermain itu.

 

Bayangkan bahwa Wahana tersebut adalah sebuah kelompok atau komunitas, jika kita menjadi Andi yang hanya diam saja, tidak ikut melakukan sesuatu, tidak berpartisipasi dan memanfaatkan kesempatan yang ada, maka kita tidak akan mendapatkan apapun. Sedangkan jika kita menjadi Budi, yang mau berpartisipasi penuh, memanfaatkan semua kesempatan yang ada, maka kita akan mendapatkan banyak hal, dari pengalaman hingga pembelajaran yang berguna bagi kehidupan kita.

 

Ada tiga tips dari Miss Merry Riana yang membuat kita dapat memaksimalkan seluruh kesempatan atau sumber daya yang tersedia, baik itu dalam sekolah, pekerjaan, komunitas, maupun dalam kehidupan. Yang pertama adalah, Participation to Value, seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa partisipasi berbanding lurus dengan nilai atau hasil yang kita dapat.

1. Berpartisipasilah sebanyak-banyaknya, kita akan mendapatkan hal lebih dibandingkan dengan orang yang hanya menjadi penonton saja.

2. Selanjutnya adalah Giving a 100%. Dimana¬pun kita berada, selalu jadi pribadi yang bisa diandalkan dan memiliki kredibilitas yang tinggi. Selalu mampu memberikan 100% ke-mampuan dari diri kita. Dari sini maka kita akan bisa mendapatkan 100% makna yang ada.

3. Repetition Creates a Mastery ada¬lah tips yang ketiga, sesuatu yang dilakukan terus menerus akan menimbulkan kebiasaan, dari kebiasaan lahir keahlian.

 

Mari menjadi orang yang selalu bisa memanfaatkan apa saja yang sudah diberikan Tuhan kepada kita, karena hidup hanya sekali, dan kita harus membuat hidup yang sekali ini menjadi penuh arti. Let’s be Resourceful!

 

Baca lebih lengkap MRCA Newsletter edisi bulan Mei di:

Download MRCA Newsletter – Be Resouceful

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article