Community

Together Everyone Achieve Miracles

newsletter maret-Pages 1 Cover

“Together Everyone Achieve Miracle” – Merry Riana

Kata-kata diatas mungkin sudah tidak asing lagi bagi diri kita. Jika kita bersama, kita akan dapat meraih sebuah keajaiban. Kerjasama atau Teamwork sudah menjadi kebutuhan setiap makhluk hidup di dunia ini. Dalam hal apapun kita membutuhkan kerjasama, dengan kerjasama segala yang kita kerjakan menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu kerjasama juga mengajarkan kita untuk mencapai tujuan dengan cara yang lebih berwarna, jika dibandingkan dengan kerja sendiri, kerjasama membuat proses yang kita lalui menjadi lebih bermakna.

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan orang lain untuk hidup bersama, berinteraksi, dan lebih jauhnya adalah untuk bekerjasama mewujudkan impian bersama. Contoh kerjasama yang paling sederhana adalah yang dilakukan oleh sepasang suami istri. Sepasang suami istri tentunya harus bekerjasama dalam mengurus buah hatinya dengan tujuan kelak anak tersebut bisa berguna bagi lingkungan di sekitarnya. Tidak bisa hanya salah satu saja yang berperan, anak akan tumbuh dengan baik jika mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Kerjasama yang baik antara kedua orang tua akan menciptakan anak-anak yang memiliki karakter dan prestasi yang baik.

Di bangku sekolah, kita juga diajarkan kerjasama yaitu dengan terlibatnya kita dalam pengerjaan tugas-tugas kelompok. Di dalam kelompok, kita belajar untuk menuangkan ide bersama, membagi tugas, dan mencapai tujuan bersama yaitu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Hingga masuk dalam dunia kerja atau bisnis, di setiap kegiatan yang kita lakukan membutuhkan kerjasama dengan orang lain. Karena individu yang hebat akan selalu kalah dengan tim yang hebat.

Dalam sebuah tim, akan selalu ada pemimpin. Pemimpin adalah orang yang mengarahkan sebuah tim agar dapat bekerjasama dalam pencapaian sebuah tujuan. Seorang pemimpin yang baik adalah yang bisa memberi inspirasi, memberi solusi, dan memberi motivasi. Dalam proses kerjasama, peran yang baik antara pemimpin dan anggota tim sangat diperlukan. Pemimpin yang hebat bukan yang mampu menyelesaikan tugas sendiri, tapi yang mampu membuat timnya menyelesaikan tugas mereka sendiri.

Ada sebuah kisah yang menarik tentang kerjasama. Suatu hari di sebuah hutan, seekor Kera menantang seekor Kancil untuk berlomba memanjat pohon. Kancil menyanggupinya, tapi dalam waktu kurang dari 5 menit Si Kera sudah berada di atas pohon dan melambai-lambai seolah mengejek Kancil yang masih berada dibawah. Hari berikutnya Kancil yang tidak menerima kekalahan, berbalik menantang Kera untuk berlomba mendaki gunung. Siapa yang lebih dulu mencapai puncak gunung akan menjadi pemenang. Tanpa pikir panjang Si Kancil berlari secepat-cepatnya. Setiba di atas ia berteriak kebawah dan melambaikan kakinya dengan tatapan yang tak kalah mengejek. Lalu ada seekor Beruang yang heran melihat tingkah mereka. Beruang itu pun bertanya, “Kalian berdua sedang apa?”. “Itu Si Kancil, masa menantang saya lomba lari ke puncak gunung, mana kuat saya mengejarnya?”, seru Kera terengah-engah. Kancil tidak terima dan menimpali, “Enak saja, Kera juga mengajak saya lomba memanjat pohon, ya jelas saja saya kalah.”

Beruang yang bijak menjadi penengah mereka, Beruang memberi ide bagaimana kalau mereka berlomba siapa yang terlebih dulu sampai di sebuah pulau di kaki gunung dan mengambil buah lezat yang ada di salah satu pohon disana, dialah yang paling hebat.

Mereka berdua pun langsung berlari secepat-cepatnya untuk mencapai pulau di kaki gunung dan memetik buah diatas pohon seperti yang dikatakan Beruang.

Kancil dengan gesit menyeberangi sungau kecil yang terbentang antara pulai dan gunung dengan melompat-lompat kecil. Sementara si Kera tertinggal karena tidak ada dahan yang bisa di jadikan ayunan untuk menyeberang ke pulau itu.

Sesampainya di seberang pulau si Kancil malah bingung sendiri. Bagaimana caranya memetik buah yang tergantung tinggi itu? Pada saat yang bersamaan Si Kera berteriak, “Kancil, jemput aku disini, dan aku akan mengambilkan buah itu untuk kamu!” Kancil berpikir sejenak. Setelah yakin untuk menjemput Kera ia pun melompat dan menjemput temannya di seberang. Kera menaiki punggung Kancil dan mereka berdua pun sampai di pulau seberang. Sesuai janjinya Kera memanjat pohon itu dan memetik buah untuknya dan Kancil. Di kejauhan Beruang bertepuk riang menyaksikan kerja sama mereka berdua.

Hikmah yang bisa kita petik dari kisah tersebut adalah Kancil dan Kera berbeda dan masing-masing memiliki peran dalam tim. Kita tidak bicara siapa yang terhebat diantara kita. Tapi bagaimana menyatukan semua kelebihan kita untuk dijadikan sebuah kekuatan yang dapat menciptakan keajaiban.

Sekali lagi, “Together Everyone Achieve Miracle.” by: Publication MRCA

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
Master TMRS - 2015 - side bar 300x340px
News & Article
  • WhatsApp Image 2017-01-18 at 13.54.01

    Lowongan Kerja TRAINER

    Hallo, Saya Mariani, Executive HR Officer di MRI (PT Merry Riana Indonesia). Salah satu cara untuk membangun generasi yang lebih [ + ]