Article
Dec 17

21st Century Skill

Posted at 09.53 AM | No Comments | POST A COMMENT

21st Century Skill

 

Dalam perkembangan jaman yang sangat pesat ini, manusia semakin dituntut untuk bisa berkompetisi dengan lingkungannya. Dalam bidang pendidikan, ada banyak sekali perbedaan signifikan dengan jaman dulu yang membuat persaingan pun semakin ketat.

Cara belajar yang kita kenal dahulu menggunakan sistem menghafal, guru menerangkan dan murid mendengarkan sudah kurang efektif lagi untuk jaman sekarang. Jaman sekarang yg serba canggih dengan teknologi, memberikan anak-anak kesempatan untuk mencari tau informasi melalui internet.

Mungkin hal inilah yg menjadi salah satu faktor banyak sekali bimbel yg memberikan solusi dengan metode unik, untuk membantu para anak-anak dalam belajar. Mengingat pentingnya metode belajar yang tepat bagi anak-anak, Merry Riana mendapat gagasan untuk membahas topik ini lebih dalam. Kali ini ia mengundang Susanna Hartawan, Managing Director of Adam Khoo Learning Technologies Group. Beliau adalah seorang wanita perkasa yang menjadi pelopor di Indonesia dalam mengenalkan program pendidikan revolusioner bernama, 21st Century Skill.

Kepada Merry, Susan pun menjabarkan seluk beluk 21st Century Skill. Program ini pada awalnya dibuat oleh sekitar 150 perusahaan terkemuka di dunia dengan berfokus pada satu tujuan, yakni mempersiapkan generasi brilian di abad 21 yang berambisi dan bersinergi. Program ini difokuskan untuk dapat dibentuk kepada setiap orang semenjak masa kanak-kanak. Selanjutnya, dibawah naungan PT Adam Khoo Learning Technology Group, dengan niat mulia untuk memajukan pendidikan di Indonesia, Susan memulai langkahnya dengan program bernama Life Transformation.

Fokus pelajaran di 21st Century Skill tidak hanya pada matematika dan bahasa Inggris, tetapi juga fokus kepada skill-skill lain, seperti Life and Career Skills, Learning and Innovation Skills, dan Information and Technology Skills. PT Adam Khoo Learning Technology Group memang sebagian besar bergerak di bidang pendidikan, lebih spesifiknya dibidang pelayanan pendidikan kepada anak-anak.

Salah satu program Adam Khoo yang terkenal di adalah I’m Gifted, sebuah program yang bertujuan untuk membangun serta menumbuhkan karakter dan kepribadian anak yang matang secara pribadi. Susan juga menambahkan bahwa untuk menumbuhkan cara belajar serta mengasah kemampuan inovasi anak, ada rumus 4C yang harus selalu diingat, yaitu : Creativity Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, and Collaboration. Selain itu, Merry Riana juga menambahkan bahwa Enterpreneurship menjadi salah satu hal yang terpenting untuk dipelajari sejak dini.

Adapun di mata seorang Susan, pendidikan di Indonesia harus bisa setahap lebih maju dari pendidikan di Singapura. Bukan hal yang aneh bila seorang anak memiliki visi dan cita-cita sejak dini. Susan mengambil sebuah contoh nyata dari seorang anak yang berusia 9 tahun yang sudah memiliki visi untuk mendapatkan beasiswa ke UK. Dengan tekad yang luar biasa untuk membahagiakan ibunya, pada akhirnya ia berhasil membuat mimpinya itu menjadi kenyataan.

Program 21st Century skill ini tidak hanya dapat bermanfaat untuk membangun karakter anak, tetapi juga bisa melepas kebiasaan-kebiasaan lama yang buruk pada anak. Jadi, pada intinya adalah program ini dirancang untuk anak-anak agar bisa sukses dalam bidang akademis baik non akademis.

Proses belajar tidak hanya sekali saja dalam hidup, tapi berkali-kali. Merry Riana juga mengatakan bahwa proses belajar seseorang adalah ketika ia mempunyai keinginan kuat untuk dibentuk sejak dini, sehingga saat dewasa mereka bisa menuai apa yang telah mereka tabur selama proses belajar tersebut.

 

Live Your Best Life for Indonesia!


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to 21st Century Skill

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
News & Article