5 Inspirasi Program Liburan Sekolah Bermanfaat untuk Anak-Anak dan Remaja

Bingung mencari ide kegiatan mengisi liburan sekolah dengan anak-anak? Daripada anak-anak bermain berlebihan sepanjang liburan, lebih baik siapkan program liburan sekolah menarik yang bisa menunjang kreatifitasnya. Apa sajakah itu? Simak inspirasinya kegiatan berikut ini.

Program Liburan Sekolah Bermanfaat

Merencanakan kegiatan menarik untuk mengisi liburan sekolah tidaklah sulit. Dengan perlengkapan sederhana, Anda pun bisa mengajak anak-anak belajar dan bermain secara kreatif untuk mempelajari berbagai hal baru. Mulai dari olahraga bersama hingga mengikuti leadership camp.

1. Olahraga dan Memasak Bersama

Program liburan sekolah paling simpel untuk anak di rumah yaitu dengan mengajaknya berolahraga dan memasak bersama. Proyek ini bahkan tidak memerlukan perlengkapan tambahan lagi. Karena Anda cukup mengajak anak-anak berolahraga bersama dari pagi, lalu mengajaknya memasak.

Misalnya, olahraga senam dan lari pagi keliling komplek. Kemudian, ajak mereka mandi dan memasak bersama. Biarkan mereka ikut membantu sebisanya untuk melatih fokus dan kemampuan kerja sama. Lakukan setiap hari selama liburan dengan menu berbeda-beda agar anak tidak bosan.

2. Menciptakan Karya Seni  

Ide kegiatan seru berikutnya yaitu dengan menciptakan karya seni bersama. Mulai dari membuat lukisan, kerajinan keramik, hingga membuat batik tulis. Coba membuat karya seni yang lebih rumit dari biasanya, sehingga anak merasakan pengalaman yang berbeda dari biasanya.

Misalnya, jika Anda mengajaknya melukis pemandangan. Coba ajak anak ke tempat pemandangan itu secara langsung dan melukisnya di sana. Sebagai contoh, ajak anak melukis pemandangan sawah dengan pergi ke sawah secara langsung. Sehingga pengalamannya semakin menarik.

Selain mendorong kreativitas dan mengasah kemampuan artistik anak, melalui kegiatan seperti ini anak-anak lebih terlatih untuk menghargai setiap proses. Bahwa setiap benda berharga di sekitarnya melalui proses pembuatan panjang. Sehingga anak perlu menghargai seniman yang membuatnya.

3. Jelajah Alam

Jika Anda ingin anak-anak lebih dekat dengan alam, maka Anda bisa mengajaknya jelajah alam. Misalnya, jelajah sungai, hutan, atau persawahan di pedesaan. Selain menikmati alam, tanamkan juga edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan, seperti mengurangi sampah, hemat air, dll.

Program liburan sekolah seperti ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan, terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Supaya lebih menarik, tak ada salahnya mengajak anak-anak berkemah selama 1 malam agar mereka punya pengalaman tinggal di alam terbuka.

Anda juga bisa membuat berbagai permainan saat jelajah alam ini. Misalnya, permainan petak umpet, gobak sodor, atau permainan tradisional lainnya untuk melatih kerjasama tim. Anak-anak pun bisa bergerak lebih aktif dan tidak terpaku pada games online di ponsel.

4. Menjadi Relawan  

Ide kegiatan yang tak kalah menarik untuk mengisi liburan sekolah bersama anak yaitu dengan mengajaknya belajar menjadi seorang relawan. Misalnya dengan mengunjungi sebuah panti asuhan atau rumah singgah anak terlantar dan mengajak mereka bermain bersama.

Dengan pengalaman volunteering seperti ini, anak-anak akan lebih terlatih untuk berempati dan peduli terhadap sesamanya. Dia pun akan terbiasa berbagi dan berdonasi kepada sesamanya yang membutuhkan. Jadi, anak-anak bisa bertumbuh lebih baik dan tidak egois memikirkan diri sendiri.

Selain itu, anak-anak bisa berlatih sosialisasi dan berkomunikasi dengan banyak orang baru yang belum pernah ia temui. Cara ini sangat efektif untuk mendorong anak lebih percaya diri, terutama dalam membangun relasi pertemanan ke depannya.

5.Leadership Camp

Rekomendasi program liburan sekolah terbaik yang bisa Anda coba yaitu mendaftarkan putra/ putri Anda dalam kegiatan leadership camp. Jadi, anak-anak akan mengikuti perkemahan selama beberapa hari dan diajarkan tentang ilmu kepemimpinan sejak dini.

Kelas liburan seperti ini sangatlah penting untuk menunjang soft skill anak-anak, terutama dalam hal leadership dan public speaking. Sehingga anak-anak terlatih mengelola waktu secara efisien, berkomunikasi efektif di depan orang lain, dan menjadi teladan bagi orang-orang di sekitarnya.

Anda bisa mendaftarkan anak-anak Anda dalam program Leadership Camp by Merry Riana yang berpengalaman mengadakan pelatihan kepemimpinan selama bertahun-tahun. Penggagasnya adalah Ms Merry Riana, entrepreneur dan motivator wanita nomor 1 di Indonesia;

Jadi, Anda tak perlu meragukan kualitas kegiatannya. Mulai dari anak SD hingga remaja yang duduk di bangku SMP dan SMA bisa mengikuti pelatihan ini. Nantinya akan ada pembagian kelompok tersendiri dan para peserta pun bisa mendapatkan banyak keuntungan, antara lain:

  • Pembelajaran intensif selama 2 hari 1 malam bersama mentor dan coach profesional.
  • Menggunakan metode pembelajaran Experiential Learning Technologies (ELT) ciptaan Merry Riana yang lebih efektif dalam mengajarkan kurikulum kepemimpinan praktis.
  • Anak-anak bisa belajar secara aktif, interaktif, dan lebih menyenangkan dengan banyaknya games seru.
  • Anak-anak bisa mempelajari bagaimana cara pemimpin sejati berpikir, berkomunikasi, dan bertindak dalam keseharian.

Rekomendasi program liburan sekolah di atas bisa Anda pilih untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi putra/ putri Anda. Khusus Leadership Camp by Merry Riana, Anda bisa mendaftarkan anak-anak Anda ke program perkenalan melalui website-nya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *