Article
Nov 04

FOKUS (MMM – Michael Merry Menginspirasi)

Posted at 04.53 PM | No Comments | POST A COMMENT

 “Banyak dari kita mudah untuk memulai sesuatu tapi sulit sekali menyelesaikannya dengan sempurna, dan salah satu alasan terbesar karena tidak bisa FOKUS”.

 

Kalimat tersebut adalah kalimat pembuka Ms Merry dalam Michael Merry Menginspirasi di episode Oktober lalu.

 

Kata kunci kali ini adalah #Fokus, tema yang bukan hanya untuk penonton yang berprofesi sebagai pebisnis atau mahasiwa, tapi juga sangat cocok untuk para pekerja yang memiliki rutinitas ke kantor setiap hari.

 

Episode ke tiga-belas MMM ini, berlokasi di sebuah Apartemen di Kuningan dengan para audience yaitu para pemirsa MMM yang juga adalah para karyawan kantor.

Berbicang-bincang dengan Michael di salah satu lounge yang sangat nyaman, Ms Merry dan Michael duduk di sofa yang di kelilingi para audience tersebut.

 

Tips pertama yang Ms Merry berikan adalah, Fokus akan satu tujuan! Dari sekian banyak tujuan Anda, tentukan satu tujuan yang ingin Anda fokuskan dan ingin Anda capai.

 

Seperti sinar matahari yang kita rasakan setiap hari, matahari akan bisa menjadi panas yang membara kalau di fokuskan pada satu titiknya. Sama dengan pikiran kita, baru bisa membakar jika memiliki satu tujuan. Tidak apa-apa memiliki banyak kemauan, tapi pelaksanaannya memiliki satu tujuan.

 

Tips yang kedua adalah, Fokus akan apa yang bisa kita lakukan, untuk bisa mendekatkan anda ke tujuan tersebut.

 

Tips ketiga, Fokus akan potensi yang bisa dimaksimalkan. Jangan takut untuk belajar hal-hal baru. Kita harus berani keluar dari zona nyaman.

 

Kenapa kita harus keluar dari zona nyaman? Karena Ms Merry percaya bahwa , tidak ada pertumbuhan di dalam zona nyaman dan sebaliknya tidak ada zona kenyamanan di dalam pertumbuhan.

 

Jadi kalau sekarang Anda berada di pekerjaan yang memiliki zona nyaman yang serba gampang dan enak dan Anda juga merasa tidak ada kemajuan juga. Maka Anda harus berani keluar dari zona nyaman tersebut dan membawa inisiatif baru, belajar mengembangkan.

 

Michael bertanya pada Ms Merry, “Bagaimana cara kita mengidentifikasi apakah kita berada di zona nyaman atau di luar zona nyaman?”

“Biasanya kita sudah merasakan bahwa itu adalah sebuah rutinitas, tidak ada semangat, tidak ada gairah, semua datar-datar saja, itu berarti Anda sudah berada di zona nyaman Anda saat ini”. Jawab Ms Merry dengan memberikan gerak tangannya dalam menjelaskan zona nyaman.

 

Melanjutkan tips tentang #Fokus, tips keempatnya adalah, Fokus akan satu pekerjaan terlebih dahulu! Prioritaskan tugas dan pekerjaan Anda.

 

Tips terakhir yang di berikan Ms Merry adalah, Fokus pada solusi bukan masalah. Hal ini penting karena ketika Anda sedang bekerja, pasti akan ada saat-saat dimana kesulitan itu datang, tapi disini Anda harus fokus akan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

Penonton pertama bernama Nancy bertanya pada Ms Merry : “Menurut Ms Merry, dalam bekerja itu kita harus fokus untuk mendapatkan gaji yang tinggi atau fokus dengan kreatifitas hasil kerja?”.

 

Jawab Ms Merry sambil memberikan senyum kepada Nancy: “Saya selalu percaya, ketika kita muda, kita harus ‘learn’ dulu lalu ‘earn’, jadi kita harus belajar dulu lalu barulah menghasilkan. Jangan hanya mencari kualitas yang baik, tapi kita harus mencari bagaimana kualitas diri kita bisa meningkat. Jika kualitas diri kita meningkat maka dengan sendirinya kualitas gaji juga meningkat dan kualitas hidup pun juga meningkat”.

 

Pertanyaan berikutnya dari penonton bernama Mellisa yang berprofesi sebagai karyawan part time di salah satu perusahaan swasta bertanya, “Saya sudah berusaha fokus bekerja, tapi lingkungan kerja saya tidak mendukung. Gimana kita menanggapinya? Apakah kita hanya terbawa arus lalu bagaimana agar kita tetap bisa fokus?”

 

“Saya selalu percaya bahwa apa yang kita berikan, itu juga akan menentukan apa yang kita dapatkan. Jika kita memberikan sesuatu hanya setengah-setengah, kita akan menerima yang setengah-setengah juga. Jika lingkungannya menggangu sekali, saya yakin apabila Anda memiliki seorang atasan yang baik, maka Ia akan membantu memberikan solusi”. Jawab Ms Merry

 

Lalu seandainya kalau kita sudah fokus dan lingkungan dan atasan tidak menghiraukan kita yang sudah bekerja dengan fokus. Apa yang harus kita lakukan?

 

Dengan siapa kita bergaul, akan menentukan masa depan kita. Apalagi saya selalu percaya, jika kita ingin sukses kita harus mencari mentor yang sukses juga yang bisa membimbing kita dan seorang atasan yang baik ketika anak buahnya benar-benar melakukan pekerjaan pasti akan terlihat dan akan bisa me-reward.

 

Kebijakan kantor yang tidak sesuai prinsip dan hati nurani, jangan takut keluar dari zona nyaman, temukan kesempatan lain yang sesuai.

Marina, penonton MMM lainnya sebagai penanya terakhir; “Jika ada salah satu kolega kita yang mempunyai kedekatan yang lebih dengan atasan, atasan kita akan lebih mengutamakan mempromosikan orang yang dekat dari pada kita yang sudah lama bekerja dan sudah berprestasi. Apakah kita juga harus mengikuti cara tersebut untuk mendapatkan promosi yang cepat?”.

 

“Ketika seseorang itu mendapatkan promosi, apa yang membuat dia mendapatkan promosi karena tidak semuanya terlihat karena sebenarnya bukan tidak ada atau sebenarnya dia sudah mengerjakan hal-hal yang atasannya inginkan dengan baik dan koleganya tidak tahu. Itu berarti kita harus menghilangkan asumsi-asumsi negatif. Jika Anda belum dipromosikan, tidak ada salahnya bertemu dan bertanya bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan promosi jabatan, apa yang harus saya lakukan?”

 

Catatan Inspirasi Merry Riana :

 

“Banyak dari kita pastinya memulai sesuatu, tapi tidak banyak dari kita yang dapat menyelesaikannya dengan sempurna. Impian yang tertunda, rencana yang tidak terlaksana, cita-cita dan semangat yang sirna adalah hal yang biasa. Saya pun pernah mengalaminya tapi mulai hari ini saya mengajak Anda untuk bisa fokus akan apa yang ada di hadapan Anda. Jangan hidup di masa lalu karena kemarin adalah sejarah dan hari ini adalah anugerah. Kalau Saya Merry Riana saja bisa, Michael Tjandra bisa. Saya yakin Anda pun pasti bisa.”

 

Nantikan juga episode berikutnya.

 

TV                 : RCTI

Program      : MMM ‘Michael Merry Menginspirasi’

Episode         : MENULAR

Tanggal         : 5 November 2014 (Rabu)

Waktu           : Pukul 05.00 – 05.30 pagi WIB

 

Terima kasih. 🙂

Semoga Tuhan selalu memberkati Anda dan keluarga.

 


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to FOKUS (MMM – Michael Merry Menginspirasi)

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
News & Article