Article
Mar 23

Jalan Panjang Lahirkan Bintang

Posted at 12.03 PM | No Comments | POST A COMMENT

Jalan Panjang Lahirkan Bintang

 

Profesi artis bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup menjanjikan dalam kehidupan. Siapa yang tidak ingin dikenal orang, mempunyai banyak penggemar, terkenal dimana-mana, bahkan honor yang diperoleh pun tidak sedikit.

Namun, pada kenyataannya tidak semua public figur bisa bertahan dalam kejayaan dan ketenaran mereka. Ada banyak sekali bintang-bintang yang namanya semakin meredup, karena tidak mampu bertahan dalam persaingan industri hiburan.

Perjalanan karir seorang artis tidak lepas dari peran sang manajer yang selalu menaungi artis tersebut. Tepatnya pada tanggal 21 Maret 2014, Merry Riana mendapat kesempatan untuk mewawancarai Sulung Landung. Ia adalah Founder of Avatara88 Artists Agency, sebuah management artis yang telah menaungi artis-artis ternama Indonesia, mulai dari Cathy Sharon, Sarah Sechan Julie Estelle, Vino G Bastian, Dion Wiyoko, dan lain sebagainya.

Suasana yang penuh dengan semangat dan keceriaan mewarnai Studio Sonora saat itu oleh kehadiran pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara ini. Sulung pun memulai perbicangan tersebut dengan menceritakan perjalanan kisah hidupnya kepada Merry Riana.

Di usia 5 tahun, Sulung sudah sangat suka menonton televisi. Sejak saat itu, selain punya mimpi untuk bertemu dan berkenalan dengan artis-artis, diam-diam Sulung juga memendam keinginan untuk menjadi seorang artis. Memasuki masa SMP, ia memberanikan diri untuk mengikuti kontes cover boy di sebuah majalah. Sayang, ia gagal. Sulung merasa menjadi artis bukanlah jalannya. Bakat seninya tak ia kembangkan lebih lanjut. Ia memutuskan untuk bekerja di belakang layar dibandingkan di depan layar.

Perjalanan hidup Sulung dilanjutkan dengan menjadi seorang runner, yaitu orang yang membuka tirai panggung. Dalam pekerjaan tersebut, ia harus datang jam 8 pagi dan baru bisa pulang pukul 1 pagi dengan upah yang tak seberapa, Rp 100.000,00 / hari. Kendati demikian, dari pekerjaan itu Sulung justru menemukan passion sesunggunya, di dunia showbiz.

Ia mulai menggeluti industri hiburan dengan memulai karir sebagai LO (Laison Officer) dari sebuah band yang datang dari United Kingdom. Semenjak itu, ia jadi sangat tertarik untuk bekerja dengan artis-artis.

Sulung percaya, kalau ia bisa bekerja keras dan berusaha, ia yakin dapat berhasil dan sukses ke depannya.

Tahun 2005, sebuah langkah besar diambil Sulung. Ia membuat artist management sendiri bernama SL Artist Management, dengan menggandeng 2 artis pertama yaitu Dian HP dan Cathy Sharon. Selanjutnya, SL Artist Management berganti nama menjadi Avatara88.

Mengapa diberi nama Avatara88 ?” tanya Merry Riana kepada Sulung Landung.

Nama Avatara dipilih oleh Sulung bukan dengan sembarang. Diambil dari bahasa Sansekerta, Avatara memiliki arti personifikasi kepada kesempurnaan. Sulung berharap Avatara bisa memberikan yang terbaik dari hari ke hari.

Sebagai salah satu Artist Management ternama di Tanah Air, Sulung mengadopsi konsep Boutique. Dimana ia hanya menampung paling banyak 15 artis dalam manajemennya. Sulung tidak memilih sembarang artis untuk bergabung dalam manajemennya, ia mengutamakan chemistry dengan artis yang hendak ia besarkan. Setiap artis dibawah naungannya dituntut untuk bisa memberikan perfoma yang terbaik. Dan tugas Sulung sebagai manager adalah memberikan pengarahan kepada artis agar bisa menampilkan yang terbaik di panggung hiburan.

Selain chemistry, Sulung mengungkapkan salah satu kunci keberhasilannya menjalani artist management adalah dengan saling percaya atau ia sebut dengan istilah kontrak hati. Sulung melihat, bila tidak ada trust antara artis dengan managementnya, maka artis tidak dapat total dalam menggeluti bidangnya. Sulung mengaku ia tak pernah pilih kasih kepada artis-asrtisnya. Prinsip yang ia tanamkan kepada mereka adalah menjaga privacy honor antar sesama artis.

Diterpa gosip memang resiko yang harus ditanggung seorang artis. Sulung mempunyai cara tersendiri untuk menanggapi gosip yang merundung artisnya, yaitu dengan membuat mapping. Baginya tidak semua gosip harus ditanggapi, ada gosip yang harus ditanggapi dan ada yang harus didiamkan.

Perbincangan selama 1 jam bersama Sulung menyimpulkan bahwa kepercayaan sangat penting untuk membangun sebuah bisnis. Merry Riana pun menutup The Merry Riana Show dengan catatan inspirasi yang mengajak pendengar meremakan sebuah hal sederhana. Kepercayaan itu ibarat sebuah kertas yang jika sekali saja Anda remas, tidak akan kembali dengan sempurna.” Kata Merry.

Kepercayaan itu tidak dapat dihargai dengan uang maupun materi. Harga sebuah kepercayaan lebih mahal dari mobil Lamborghini, lebih berharga dari emas perak, dan lebih bernilai dari triliun rupiah dalam tabungan. Oleh karena itu, jagalah kepercayaan seperti Anda menjaga balon dari tumpukkan jarum paku yang tajam, karena disanalah letak kehidupan.

 

Live Your Best Life for Indonesia !


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Jalan Panjang Lahirkan Bintang

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
News & Article