Article
Jul 27

Menebar Inspirasi Melalui Biografi

Posted at 04.28 PM | No Comments | POST A COMMENT

Tidak ada manusia yang punya hidup sempurna. Sekalipun orang itu adalah orang terkenal atau orang terkaya di dunia, mereka tentu memiliki lika-liku hidup atau masa lalu yang belum tentu dapat dimengerti banyak orang.

Bintang tamu kali ini, punya profesi sebagai pencatat jejak biografi tokoh-tokoh terkenal Tanah Air yang berhasil mengupas sisi lain kehidupan mereka. Lewat jemari dan pikirannya, ia mampu menyingkap rahasia yang sebelumnya tak pernah terungkap oleh media. Wanita yang familiar dipanggil AE ini telah menebarkan inspirasi melalui karya-karya biografinya yang berasal dari tokoh-tokoh penting tanah air, seperti Krisdayanti, Chrisye, Ani Yudhoyono, Titiek Puspa, Raam Punjabi dan juga Merry Riana.

Kalau 3 tahun yang lalu, AE mewawancarai Merry untuk merampung buku Mimpi Sejuta Dolar, kini giliran Merry yang mewawancarai AE di The Merry Riana Show.

Senyumnya, tawanya, tak pernah lepas dari wanita bernama lengkap Alberthiene Endah ini. Terlihat, ia sangat tau bagaimana menikmati hidup. Sama halnya dengan ia tau bagaimana menulis rekam jejak seseorang. Buku-buku hasil tangannya selalu best seller. Sakin banyaknya permintaan menulis buku biografi, AE disebut sebagai master biografi Indonesia.

Bagaimana perjalanan karirnya? Setelah ditelusuri, ternyata menulis awalnya hanya sebuah pelarian AE yang waktu kecil hidup sangat sederhana. Jika teman-teman sebayanya punya segudang mainan dan bisa ke tempat rekreasi, AE kecil hanya bisa menghabiskan waktunya dengan membaca buku. Meski tidak punya kesempatan untuk bersenang-senang seperti temannya yang lain, AE merasa itu memang takdir yang mempertemukannya pada dunia sastra. Perasaan seorang anak kecil yang merasa nelangsa, sinar begitu saja, saat ia membaca buku-buku cerita yang boleh ia dapatkan dari hasil meminjam ke tetangga.

“Saya cuma berfikir betapa berjasanya seorang penulis itu, dia mampu menghapus kesedihan anak kecil.” ungkapnya. AE menyadari bagaimana tulisan mampu memberi kekuatan dan kebahagian kepada seorang.

Beranjak SMA, AE tidak melihat cita-cita lain selain menjadi penulis. Seusai menyelesaikan pendidikannya di bidang Sastra Belanda, UI, AE menginjakkan kakinya ke dunia jurnalis yang sesungguhnya dengan bekerja pada sebuah perusahaan majalah, di tahun 1993. Tuhan memang baik. Kalau AE kecil hanya bisa mengagumi idolanya dari layar kaca, saat bekerja di majalah, ia justru punya kesempatan mewawancarai orang-orang popular tersebut.

AE memang ekspresif. Setiap kali ia menceritakan sesuatu, orang yang mendengarkan pasti dibuat penasaran olehnya. “Dari menulis di sebuah majalah sampai akhirnya berpindah menulis ke buku biaografi, seperti apa ceritanya?” ulik Merry ke AE.

AE tak ingin menjalani profesi ala kadarnya, hanya menjadi kuli tinta yang diberi upah tiap akhir bulan. Yang lebih ia inginkan adalah pengalaman yang asyik, tantangan, dan segudang ilmu yang bisa ia dapatkan dari bidang jurnalistik. Itu sebabnya, AE memutuskan untuk lebih proaktif pada pekerjaannya. Beragam kondisi psikis yang AE temui dalam diri tokoh-tokoh yang ia wawancarai, tanpa sadar bawah telah melatihnya untuk mudah mengerti perasaan orang. Hal ini berubah menjadi keahlian khusus yang dimiliki AE, bagaimana ia mampu menghipnotis narasumbernya untuk meluapkan banyak hal secara gamblang dan bercerita tanpa ragu.

Setelah 11 tahun berkarir di sebuah majalah, tahun 2004 AE memutuskan untuk berhenti bekerja dan memfokuskan kariernya sebagai penulis lepas. Dan pada tahun yang sama, ia merilis novel pertamanya berjudul Jangan Beri Aku Narkoba, yang memenangkan penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) atas upayanya dalam memberantas penggunaan narkotika.

Kenapa buku biografi yang ia pilih? AE mengembangkan senyumnya ke Merry.
Dibandingkan membaca berita tentang album baru atau film baru, AE mengaku lebih suka membaca bagaimana kisah hidup seseorang yang bangkit dari kegagalan. Dari situlah, timbul keinginan AE untuk membuat biografi menjadi karya yang tidak terlalu kaku, tapi karya yang mampu menyentuh hati para pembaca untuk dapat mengerti dan melihat dari sisi lain kehidupan tokoh-tokoh yang di angkat. Tahun 2003, untuk pertama kalinya AE melahirkan buku biografi dari sang Diva, Krisdayanti.

“Cara belajar tentang cara hidup yang potensial adalah dengan kita melihat kehidupan orang lain.” Seru AE yang sangat tidak setuju bila buku biografi hanya dianggap proyek narsis.

“Apa tips untuk menulis buku biografi yang baik ala AE?” tanya Merry. Dengan senang hati, AE membagi ilmunya kepada Friends Sonora.

Paling dasar dalam menulis biografi tentu kemampuan menulis. Selain itu, penulis biografi juga harus menjadi pendengar yang baik. Ia harus peka untuk menangkap emosi sedih, bahagia, senang dari seseorang dan bisa meramu menjadi satu pesan yang mencerminkan karakter orang tersebut. AE menambahkan, kepekaan diperlukan agar penulis bisa menjiwai tokoh yang diwawancarai sehingga roh orang tersebutlah yang sebetulnya menggerakan jemari kita untuk menggulirkan pesan.

Merry kembali membuka sisi menarik AE, yang bukan hanya penulis biografi yang paling diincar oleh tokoh-tokoh populer di Indonesia, tapi ia juga seorang penyayang binatang yang baru-baru ini memprakarsai buku berjudul A Story of Dog yang ditulis oleh belasan dog lovers sebagai tanda cinta pada malaikat berkaki empat. Hasil seluruh royalti dari buku A Story of Dog didonasikan untuk Jakarta Animal Aid Network.

Merry semakin ingin tau “Sampai kapan nih nulis?”
“Sampai pikiran gak bisa bekerja lagi.” Jawab AE. Memang, tak ada yang mampu menghentikan AE menulis. Langkahnya sangat sederhana. Ia hanya ingin menjalani
hidup ini sepenuhnya. Tak berhenti mencoba dan terus belajar sampai akhir. Menurutnya, hidup adalah bagaimana seseorang bisa menjaga dirinya agar tetap bahagia. Bagaimana mengelola kekecewaan yang datangnya kadang tidak terduga dan bagaimana tetap bisa menikmati hidup dengan seperti apapun rupa yang kita rasakan.

Perbincangan Merry dengan AE harus terhenti oleh durasi waktu The Merry Riana Show. Setiap karya AE memberikan satu pesan, yakni agar setiap orang tetap bersemangat untuk membangun diri melalui cerminan kisah tokoh-tokoh yang ia tulis.

Live Your Best Live for Indonesia.


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Menebar Inspirasi Melalui Biografi

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
News & Article