Article
Jan 07

Pemuda Kreatif

Posted at 12.01 PM | No Comments | POST A COMMENT

Pemuda Kreatif Indonesia

 

Kreatifitas menjadi salah satu nilai penunjang sebuah kesuksesan. Bahkan sejak muda, kreatifitas bukan saja cukup ditanamkan, tapi juga harus diasah agar mendapatkan kualitas yang lebih maksimal. Sehubungan dengan kreatifitas, tema The Merry Riana Show kali ini membahas tentang “Pemuda Kreatif Indonesia”. Berbicara tentang pemuda, masihkan Anda ingat dengan isi dari Sumpah Pemuda?

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Kata-kata yang terangkum dalam Sumpah Pemuda tersebut berkumandang setiap kali merayakan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. Sumpah pemuda tentu bukan dibuat untuk syair belaka, melainkan mengajak para generasi muda Indonesia untuk bersatu padu membangun bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Sama dengan lagu Merry Riana yang berjudul Indonesia Pasti Bisa, Merry sangat yakin generasi muda Indonesia bisa mewujudkannya.

Bintang tamu kali ini adalah salah satu pemuda kreatif Indonesia bernama Yoris Sebastian. Kalau Anda pernah membaca buku 101 Creative Notes dan buku Creative Junkies, pasti Anda tau siapa dia. Diusia ke 26, Yoris sudah menjadi General Manager Hardrock Cafe. Dengan pencapaian ini, ia dinobatkan sebagai General Manager Hardrock Cafe termuda di Asia dan termuda kedua di dunia.

Ia juga penggagas acara musik I like Monday. Sebuah acara pertunjukan musik yang diadakan di Hardrock Cafe, setiap senin malam. Dalam acara ini, Anda bisa menikmati suguhan musik dari band lokal ternama di Indonesia.

Yoris membeberkan perjuangannya melahirkan acara I Like Monday kepada Merry. Awalnya ide kreatif ini mendapat berbagai penolakan. Tapi Yoris tak putus asa. Yoris mengintropeksi dirinya, dan tersadar bahwa menemukan ide kreatif saja belum cukup. Ia juga harus bisa menyampaikan ide tersebut dengan cara yang kreatif juga.

Merry belajar perbedaan kreatif dengan inovasi dari Yoris. Menurut Yoris, sesuatu yang masih berwujud ide adalah pemikiran kreatif. Sedangkan sesuatu yang sudah di implementasi dan di eksekusi, disebut inovasi.

Pada kesempatan ini, Yoris juga berpesan kepada semua anak muda yang mendengarkan The Merry Riana Show. Banyak yang bilang, agar kreatif kita harus thinking outside the box. Tapi bagi Yoris, berpikir diluar dari yang biasanya boleh asalkan ide tersebut masih bisa di eksekusi dengan baik. Intinya, kita harus bersikap objektif dalam menganalisa segala sesuatu.

Apakah boleh plagiat?

Yoris punya pendapat sendiri tentang hal ini. Plagiat sah-sah saja, namun jangan lupa untuk membuat inovasi baru jika ada dana lebih. Selain itu Yoris juga menambahkan, selain inovasi konsumen harus tetap dijaga, agar perusahaan dapat bertahan lama.

Mengingat baru saja Indonesia memperingati Sumpah Pemuda, Merry bertanya kepada Yoris, apa yang bisa anak muda lakukan untuk turut andil memajukan bangsa?

“Udah ga jaman anak muda kreatif indonesia bilang saya mau berkontribusi buat Indonesia tapi saya ga punya modal. Jawab Yoris. Modal utama buat Yoris adalah kreatifitas dan kita harus merasa beruntung lahir di Indonesia yang orang-orangnya terlatih kreatif dan dilimpahi kekayaan budaya yang luar biasa.

Berbicara tentang kreatif, Merry jadi teringat tentang kisahnya dulu yang ia ceritakan di buku Langkah Sejuta Suluh. Kala itu, Merry yang bekerja di jasa konsultasi keuangan dituntut untuk kreatif. Setelah ratusan kali melakukan sales call dengan hasil yang kurang memuaskan, Merry memutar otaknya untuk mendapatkan klien dengan cara lain. Akhirnya, Merry memutuskan untuk turun ke lapangan dan melakukannya presentasi ke klien secara langsung.

Menjadi seorang pemuda kreatif bisa dimulai dari hal-hal yang kecil dulu. Jika hal kecil sudah mantap, barulah Anda bisa melangkah ke hal-hal yang besar. Jangan berhenti berpikir kreatif! Jadikanlah jiwa kreatif Anda sebagai langkah awal untuk bersama mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

 

Live Your Best Life for Indonesia!


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Pemuda Kreatif

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
News & Article