Article
Oct 07

Together Everyone Achieve More

Posted at 11.34 AM | No Comments | POST A COMMENT

The Merry Riana Show

 

 

“Together Everyone Achieve More”

 

Sehelai lidi akan mudah dipatahkan, tapi 20 helai lidi akan sulit untuk dipatahkan. Begitulah pepatah yang tepat untuk tema The Merry Riana Show kali ini. Banyak orang bilang, kesuksesan bisa diraih sendiri bila mau bekerja keras. Ya itu memang benar. Tapi mereka lupa bilang, bahwa kesuksesan juga bisa dilakukan dengan tim. Karena bersama tim, Anda bisa mencapai hal yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih cepat.

Ngomong-ngomong soal tim, hari itu Merry kedatangan 3 pria muda kreatif yang selalu kompak dalam membuat project-project unik dan gokil. Mereka adalah Martin, Andry, dan Reza yang tergabung dalam Cameo Project. Siapa mereka? Coba Anda ingat-ingat lagi ketika Jakarta dalam masa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di tahun 2012. Saat itu tingkat golput pada pemilihan putaran pertama cukup tinggi, yaitu sekitar 40%. Prihatin dengan kondisi tersebut, Cameo Project yang punya kepedulian tinggi dengan nasib Jakarta membuat video parodi yang diadaptasi dari lagu One Direction berjudul “What Makes You Beautiful”.

Setelah ditanya, Martin pun angkat bicara untuk membeberkan alasan pembuatan video fenomenal tersebut kepada Merry. Ide pembuatan video parodi muncul dari keprihatinan mereka sebagai warga Jakarta yang sudah capek dengan kemelut DKI yang tak juga kunjung teratasi. Kemacetan, banjir dan proses yang sulit dalam mengurus KTP, hanya beberapa contoh study kasus yang mereka angkat dalam video. Segala keresahan dan unek-unek warga DKI yang teramati, dituangkan dalam musik dan visual. Hasilnya? Jadilah sebuah video parodi berjudul ‘Jokowi dan Basuki’ yang ramai diperbincangkan dan menembus viewers sebanyak 30.000, sehari setelah dipublikasikan melalui Youtube.

Cameo Project adalah Production dan Creative House yang telah berdiri sejak 7 Januari 2010. Awalnya, Cameo dibentuk sebagai rumah produksi. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya permintaan, kesuksesan kreatif mereka dikemas dengan unik untuk fotografi, videografi pernikahan, company profile, klip video, dan film pendek.

Cameo juga pernah terlibat dalam pembuatan video clip berjudul : Harapan. Lagu hasil kolaborasi dari beberapa penyanyi terkenal, seperti : Glenn Fredly, Melanie Subono, Monita Tahalea, Mike Mohede, Tompi, dan masih banyak lagi. Dan baru-baru ini Cameo Project membuat web series di youtube berkonsep seperti drama comedy, berjudul : Think Beyond. Web series ini punya keunikan tersendiri dan berbeda dari web series yang lain. Kenapa? Karena Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda di setiap episode. Sesuai dengan judulnya, Think Beyond.

Nama besar Cameo Project tentu tidak lahir begitu saja. 3 bintang tamu Merry Riana hari itu adalah orang dibalik kesuksesan Cameo Project sekarang ini. Martin sebagai orang yang visioner dan gudangnya ide-ide. Andry, orang yang lebih banyak dibelakang layar sebagai videographer. Dan Reza yang lebih sering menjadi talent di project Cameo. Mereka bersinergi dan saling melengkapi satu sama lain.

Sebagai tim, Merry sadar akan ada banyak sekali kendala yang Cameo temui, terutama dalam memanage ego masing-masing anggota. Key sukses bagi Cameo sangatlah simple. Mereka punya visi yang sama, value yang sama dan passion yang besar.

Menjawab pertanyaan Merry, Andry menggambarkan jawabannya dalam sebuah perumpamaan. Ibarat naik sebuah bus, ketika semua orang dalam bus tau kemana tujuan mereka maka orang-orang didalamnya akan tenang. Tapi mereka yang tidak tau kemana arah bus melaju, akan terus-terusan ribut sepanjang perjalanan.

Saling menghargai pribadi masing-masing dan saling respect membuat Cameo tetap dapat berjalan mengarah pada visi misi mereka. Masing-masing anggota memang punya passion, strenght dan weaknes yg berbeda-beda. Tapi ketika saling melengkapi, Cameo dapat membuat hasil yang jadi jauh lebih besar. Begitulah kata Andry, sutradara film “Cinta Seharusnya” yang berhasil masuk sebagai nominasi Piala Maya tahun 2013.

Pernah gak punya ide berbeda? “Sering.” Kata Martin, tak menampik hal tersebut. Menurutnya, memang hal yang wajar dalam sebuah team bertemu dengan ide yang berbeda-beda. Yang terpenting adalah bagaimana kedewasaan tiap anggota dalam menerima kritik maupun penolakan. Masing-masing anggota boleh memberi ide, tapi semua ide harus dibicarakan dan dipikirkan terlebih dulu oleh tim dalam proses yang matang sampai menemukan kesepakatan.

Suasana pagi itu begitu ceria dan penuh gelak tawa. Cameo Project membuat The Merry Riana Show seperti talk show yang dihadiri ratusan penonton. Ramai dan seru. Bagaimana cara mereka bisa selalu kompak dan solid? Komunikasilah kuncinya. Tak ada hal yang tak bisa dibicarakan dengan baik, begitupula dalam tim. Meski nama Cameo sudah mulai dikenal masyarakat, Reza mengaku bahwa hingga saat ini, mereka masih menjaga kekompakan. Baginya, kompak dan solid adalah sebuah perjalanan. Dan yang mereka lakukan adalah menjaga agar tetap enjoy dalam menjalani proses tersebut.

Apa tips-tips untuk anak muda yang mau memulai sesuatu dengan sistem kerja berpartneran?

Martin, lelaki yang selalu familiar dengan kacamata hitamnya ini pun berujar : Vision, passion dan proses. Inilah 3 hal yang menurutnya sangat penting. Banyak orang yang mengira, visi lah yang paling utama. Tapi bagi mantan manager Reza ini, passion lah yang harus diutamakan. Passion yang sama akan membuat sebuah tim menemukan vision mereka.

Bila mengutip perumpamaan dari Andry, passion ibarat bensin yang menggerakan bus untuk melaju. Dan vision ibarat goal atau tujuan yang hendak dituju bus tersebut. Dalam perjalanan, tentu ada saja hal-hal tak terduga yang bisa terjadi, seperti : jalan yang berliku, tikungan terjal atau tanjakan yang curam. Hal-hal tersebut adalah proses yang harus siap dilalui sebuah tim.

”Just do it!” Kata Reza melanjuti pendapat Martin. Banyak orang yang akhirnya tidak melakukan apa-apa karena terlalu banyak hal yang diperhitungkan. Lakukan saja bila sudah ketemu dengan orang-orang yang pas. Lakukan saja bila sudah tau bagaimana sistemnya. Ungkap Reza kepada Merry menjawab pertanyaan terakhir dari Merry di The Merry Riana Show.

Di penghujung acara, Reza mewakili Cameo Project tak lupa membacakan surat cintanya kepada Indonesia. 1 jam berlalu. Tibalah Merry untuk undur diri dari acara The Merry Riana Show bersama Cameo Project. Seperti biasa, sebelum menutup acara Merry mengakhirinya dengan catatan inspirasi. Sesuai dengan tema, catatan Merry kali ini tentang bagaimana meraih kesuksesan melalui tim.

“Bekerja dalam tim dibandingkan dengan bekerja sendiri, memiliki cara kerja yang berbeda. Bersama tim, kita bisa mencapai hal yang lebih besar bersama-sama dalam jangka waktu yang lebih cepat. Tapi bekerja bersama dalam tim membutuhkan sikap toleransi dan kepedulian yang tinggi. Bekerja bersama dalam tim memerlukan kerendahan hati untuk menahan ego. Bekerja bersama dalam tim hanya bisa dilakukan bila Anda mampu memprioritas perhatian dan tindakan pada sesuatu yang terbaik dalam tim. Tim yang hebat akan selalu mengalahkan individu yang hebat.”

Live Your Best Life for Indonesia!


You may also like :




  • About Merry Riana

Post a comment

Post a comment to Together Everyone Achieve More

To reply to this message, enter your reply in the box labeled "Message", hit "Post Message."

TV
Aku & Merry Riana – by Andriani
Radio
News & Article