6 Khasiat Minum Susu untuk Remaja, dari Kesehatan Tulang sampai Mencerahkan Kulit

Kebiasaan minum susu identik dengan kebiasaan yang hanya wajib dilakukan oleh bayi dan anak-anak kecil. Tapi, apakah ini benar? Ternyata, berdasarkan hasil survei terbaru dari National Osteoporosis Society dari Inggris di tahun 2017, seperlima kalangan dewasa muda (young adults), cenderung mengurangi konsumsi susu karena adanya tren berdiet. Padahal, kebiasaan berhenti minum susu ini dapat mempengaruhi kesehatan, lho. Sebenarnya, apa sih pentingnya minum susu? Check these out!

 

1. Kalsium untuk Tulang

 

Photo Credit: looppng

Konsekuensi berupa potensi kehilangan nutrisi penting seperti kalsium ini utamanya rawan dihadapi oleh para wanita golongan dewasa muda saat haid. Sedangkan untuk remaja pada umumnya, dibutuhkan sebanyak 1,300 mg kalsium setiap hari, dan satu gelas susu rata-rata berisi 300 mg kalsium. Kalsium ini nantinya bisa digunakan untuk menjaga tulang dan gigi untuk tetap kuat sehingga terhindar dari osteoporosis dan penyakit tulang lainnya saat tua.

 

2. Vitamin D untuk Mencegah Penyakit

Photo Credit: livingwithperipheralneuropathy.

Golongan dewasa muda atau remaja secara umum butuh untuk mengkonsumsi vitamin D sebanyak 400 unit setiap harinya. Biasanya, satu cangkir susu memiliki kandungan 100 unit kalsium. Padahal, kekurangan vitamin D dapat berpotensi menyebabkan meningkatnya lemak viseral atau perut sehingga bisa menjangkit kondisi kesehatan yang cukup parah, seperti diabetes dan penyakit jantung.

3. Kandungan Lemak untuk Asupan Harian

 

Photo Credit: sheknows

Apabila kandungan lemak dalam susu seringkali menjadi alasan bagi remaja untuk menghindari kebiasaan minum susu dan produk-produk dari susu atau dairy products, konsumsi susu bebas lemak dan rendah lemak bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk tetap mendapatkan nutrisi kalsium yang cukup tanpa menambahkan banyak lemak ekstra pada makanan. Bahkan, sebanyak 8 ons gelas susu skim hanya memiliki 80 kalori dan 0 lemak serta dapat memasok sepertiga dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan untuk remaja.

4. Asam Laktat untuk Kulit Bersinar

 

Photo Credit: stylesatlife

Asam laktat dalam susu berperan sebagai exfoliant dan enzim untuk membantu menghaluskan kulit sehingga nutrisi ini bisa membuat kulit terlihat lebih cerah dan bersinar. Kulit juga dapat menjadi lebih lembab dengan asam amino yang dimiliki dan membantu mencegah kerusakan racun lingkungan karena memiliki antioksidan.

5. Vitamin A dan B untuk Penglihatan yang Lebih Baik hingga Mengurangi Resiko Stroke

 

Photo Credit: huffingtonpost

Susu juga terbukti memiliki khasiat untuk memperbaiki penglihatan, menurunkan tekanan darah tinggi, sampai menurunkan resiko kanker tertentu. Produksi kolesterol dalam hati dapat dikurangi dengan mengkonsumsi susu karena susu nantinya juga dapat bertindak sebagai antasid.

 

6. Menghilangkan Stress dan Meningkatkan Energi

 

Photo Credit: dailymail

Secangkir susu hangat setelah beraktivitas yang melelahkan dapat membantu merilekskan otot-otot yang tegang dan menenangkan saraf. Bagi para dewasa muda wanita yang sedang mengalami gejala premenstrual syndrome (PMS), susu juga dapat mengurangi gejala PMS dan meningkatkan energi, lho.

Jadi, masih yakin susu hanya bermanfaat untuk bayi dan anak-anak? Remaja sampai orang dewasa ternyata juga butuh, kan? Yuk, biasakan hidup sehat mulai dari meminum susu dengan rutin setiap hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *