Sering Berkegiatan Outdoor? Inilah 5 Manfaat Sunscreen untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Bahaya sinar matahari sudah menjadi rahasia umum. Tapi, apakah kalian tahu bahwa kanker kulit merupakan salah satu penyakit yang cukup umum juga bagi negara-negara dengan iklim tropis? Bahkan, satu dari lima masyarakat Amerika Serikat didiagnosis menderita kanker kulit. Jumlah ini juga dapat terus bertambah seiring meningkatnya paparan sinar ultraviolet dari matahari. Makanya, yuk, cek pentingnya memakai sunblock atau sunscreen dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menurunkan Potensi Kanker Kulit

Photo Credit: sharecare

Dengan menggunakan sunscreen secara rutin setiap harinya, baik ketika berawan maupun sedang hujan, dapat menurunkan kemungkinan berkembangnya kanker kulit, lho. Melanoma, salah satu bentuk paling mematikan dari kanker kulit dapat direduksi dengan memakai sunscreen.

2. Menjaga untuk Tetap Terlihat Muda

Photo Credit: stylecraze

Sinar ultraviolet ternyata salah satu penyebab utama terjadinya penuaan dini, lho. Jadi, dengan pemakaian sunscreen, berbagai perkembangan kerutan dan kulit yang kasar bisa diperlambat sehingga kita bisa terus terlihat muda!

3. Membuat Kulit tetap Bagus

Photo Credit: Mirror

Selain bisa membuat wajah menjadi tetap terlihat muda, sunscreen juga membantu kita untuk mencegah munculnya bintik-bintik cokelat di wajah dan perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap.

4. Mencegah Terbakar dari Sinar Matahari

Photo Credit: web md

Penipisan ozon dalam beberapa dekade terakhir membuat sinar UVB yang berbahaya menjadi semakin sulit untuk disaring sebelum masuk ke bumi, sehingga kulit kita membutuhkan perlindungan lebih. Kulit yang terbakar sinar matahari secara tiba-tiba dapat meninggalkan bekas sampai seumur hidup!

5. Melembabkan Kulit hingga Menghindari Penyakit Berbahaya

Photo Credit: differencebetween

Pengaplikasian sunscreen dapat sekaligus berfungsi sebagai pelembab kulit agar terlihat sehat. Dalam kasus yang ekstrim, heat stroke dan heat exhaustion yang disebabkan oleh terpaparnya kulit pada cahaya matahari secara langsung, dapat dicegah dengan menggunakan sunscreen, selain juga diatasi dengan konsumsi air putih.

Lindungi kulitmu sejak dini dari bahaya sinar matahari dengan menggunakan sunscreen ketika akan beraktivitas di luar rumah, terutama apabila aktivitasmu mengharuskan untuk terus terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Psst, baik perempuan maupun laki-laki hukumnya wajib, lho, untuk memakai sunscreen. So, let’s integrate safe-sun practices into our life!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *