Video Miss Merry Riana Diedit dan Disebarkan Sebagai Hoax!

Apakah Anda sudah tahu tentang Video Miss Merry Riana yang diedit dan disebarkan sebagai hoax?

Berikut adalah kronologinya.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 29 Mei 2019 merupakan hari ulang tahun Ms Merry Riana yang ke-39.

Di hari ulang tahunnya ini, Ms Merry membuat sebuah video yang bersifat personal dan merupakan ungkapan dari hasil perenungan beliau selama 1 minggu sebelumnya, yang kemudian beliau upload di channel YouTube Merry Riana.

Video yang berjudul ‘Indonesia Masih Ada Harapan’, atau singkatnya ‘Video Harapan’, tersebut di-upload Ms Merry dengan tujuan untuk menyebarkan optimisme terhadap Indonesia.

Hanya dalam waktu beberapa hari saja, Video Harapan yang berdurasi 3 menit 48 detik ini sudah ditonton hampir sejuta kali dan bahkan sempat trending di YouTube.

Namun sayangnya, sosok Ms Merry yang berpengaruh dan viralnya video beliau ini membuka peluang beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengedit dan memotong Video Harapan sehingga hanya tinggal bagian awalnya saja dan jadi bernuansa negatif.

Video yang sudah diedit, atau video editan, yang berdurasi 1 menit 55 detik ini telah mereka sebarkan melalui Facebook, WhatsApps dan juga berbagai media sosial.

Hal inilah yang akhirnya membuat Ms Merry membuat Video Klarifikasi yang beliau post di Instagram Merry Riana.

“Kalau kamu pernah menonton Video Harapan yang hanya berdurasi 1:55, itu adalah video editan.

Mohon nonton video lengkapnya dulu sebelum menyimpulkan, berkomentar, apalagi dibagikan.” ungkap Ms Merry di akun Instagram beliau.

Padahal di dalam deskripsi videonya di YouTube tersebut, Ms Merry sudah menjelaskan bahwa Social Media harusnya digunakan BUKAN untuk MENJATUHKAN, tapi untuk saling MENGUATKAN.

BUKAN untuk menyebar KEBENCIAN dan KETAKUTAN tapi tempat untuk MENYATUKAN dan MEMBANGKITKAN HARAPAN.

Namun sayangnya justru malah disalah gunakan.

Ms Merry meminta bantuan semua orang, termasuk perusahaan media, untuk melawan hoax yang jelas-jelas sedang terjadi di hadapan kita semua sekarang.

Sekarang, setelah Anda tahu dengan detail tentang apa yang terjadi, ini yang bisa Anda lakukan :

1. Ikut Berjuang Melawan Hoax

Dengan cara post Video Harapan versi lengkap di IGTV, Facebook dan juga WhatsApps Group.

Sama halnya seperti Ms Merry katakan dalam Video Harapan : ‘Bersama, kita bisa membalikkan keadaan’.

Anda percaya bahwa kalau cukup banyak orang melakukan apa yang Anda lakukan, maka cepat atau lambat Indonesia akan bebas dari hoax.

2. Bantu untuk Klarifikasi Video Hoax

View this post on Instagram

KLARIFIKASI MERRY RIANA TERHADAP BEREDARNYA VIDEO EDITAN • ° Minggu lalu, tgl 29 Mei saya mengupload sebuah video 'INDONESIA MASIH ADA HARAPAN' di channel YouTube saya. • • Video tersebut sy buat utk menyebarkan optimisme terhadap Indonesia. (Yang sudah nonton FULL nya pasti mengerti apa yang saya maksud.) • Durasi FULL nya adalah 3:48 (3 menit 48 detik). • Namun sayangnya ternyata ada bbrp pihak yg tdk bertanggung jawab yg mengedit & memotong video tersebut sehingga terkesan sangat negatif. • • Dan video editan itu disebar di FB, WA dan media sosial lainnya. INI SAMA SEKALI TIDAK BENAR !! • Kalau kamu pernah menonton video sy tentang Indonesia yg hanya berdurasi 1:55 itu adalah video editan. Mohon nonton video lengkapnya dulu sebelum menyimpulkan, berkomentar, apalagi dibagikan. • Kalau kamu melihat video klarifikasi saya ini, saya mau minta bantuan kamu utk tolong share video klarifikasi saya ini dan ajak teman-teman kamu untuk nonton video yang versi lengkap. • Ada di YT Merry Riana, IGTV Merry Riana dan juga FB Page Merry Riana. • • TQ utk semua bantuannya. Terima kasih kamu sdh membantu melawan hoax dan menyebarkan kebaikan 🙏🙏 • Semoga Tuhan selalu memberkati kita semua & Indonesia. ❤ • #MerryRiana

A post shared by Merry Riana (@merryriana) on

Jika Anda melihat ada video Harapan editan yang berdurasi 1 menit 55 detik ini berada di media sosial, tolong bantu untuk share video klarifikasi Merry Riana dan link asli Video Harapan yang berdurasi 3 menit 48 detik.

Memang kita tidak bisa mencegah berita hoax yang sudah tersebar, namun jika kita bisa share lebih banyak lagi berita yang baik dan benar. Berita hoax yang negatif dan tidak benar akan terkalahkan dengan sendirinya.

Terima kasih!

Touching Hearts Changing Lives,
Letta Diva
Senior Media Officer
Merry Riana Indonesia
Telp : 021 501 00576
www.MerryRiana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *