5 Cara Unik Mengatasi Rasa Kantuk Yang Tiba-tiba Datang Menyerang

Mengantuk merupakan hal yang sangat sering kita alami. Apabila kita merasa kelelahan, kurang tidur, bahkan terlalu banyak makan, maka kita akan merasakan hawa-hawa di mana mata dan otak kita mengalami penurunan kualitas bekerja dan rasanya ingin sekali untuk tidur.

Rasa kantuk ini terkadang tidak bisa kita hindari dan akan muncul secara tiba-tiba dan dapat menghambat pekerjaan kita. Berikut ini merupakan cara-cara unik untuk mencegah kita untuk tertidur.

1.Olahraga Ringan

PhotoCredit: AyoBandung

Ketika rasa ngantuk tiba-tiba mulai menghantam, kita dapat mencengahnya dengan melakukan olahraga-olahraga ringan, seperti menggerak-gerakkan otot-otot tangan dengan menarik tangan ke atas, merenggangkan badan, push up, atau bahkan kita dapat berjalan keliling tempat kita bekerja.

2. Mengemil

PhotoCredit: HelloSehat

Ngemil merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh kaum wanita dan uniknya ternyata ngemil dapat membantu kita untuk menghilangkan rasa kantuk karena adanya gerakan-gerakan di otot mulut.

3. Minum Air Putih

PhotoCredit: Vemale

Penyebab kita menguap adalah karena kurangnya oksigen di dalam tubuh dan darah kita. Oleh karena itu, ketika kita mengantuk, kita harus mengembalikan kembali Oksigen yang ada. Oksigen itu dapat kita peroleh dari kandungan yang ada di dalam air.

4. Menempelkan Es Batu di Dahi

PhotoCredit: Chantiqs

Sensasi dingin yang diberikan oleh es batu membuat kita merasakan kesejukkan. Namun di sisi lain, dinginnya suhu es batu yang sangat berbeda dengan suhu tubuh kita membuat kita merasakan kaget atau syok. Hal inilah yang membuat kita menjadi tidak mengantuk lagi.

5. Mendengarkan Musik

PhotoCredit: AuraTabloidBintang

Mendengarkan musik dengan beat yang cukup kencang akan memacu adrenalin dan menyegarkan pikiran kembali. Rasa kantuk akan berkurang dan kembali bersemangat bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *