5 Jenis Lagu ini Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitasmu. Dengerin, Yuk!

Kesulitan dalam berkonsentrasi seringkali dapat mengganggu produktivitas saat belajar ataupun bekerja. Dengan mendengarkan musik sembari belajar atau bekerja, ternyata bisa membantu meningkatkan konsentrasi kita, lho. Sebuah studi dari Universitas Birmingham, Inggris, membuktikan kalau musik merupakan media yang efektif untuk meningkatkan efisiensi bekerja. Tapi, jenis lagu seperti apa sih yang cocok digunakan untuk belajar dan bekerja?

1. Lagu yang Mencakup Suara Alam

Photo Credit: 7-themes

Dengan adanya elemen suara alam, mood dan fokus dapat meningkat karena suara alam secara tidak langsung mampu meningkatkan fungsi kognitif yang bisa mengoptimalkan kemampuan untuk berkonsentrasi. Suara alam seperti suara air mengalir ataupun air terjun, memiliki tingkat keacakan yang bisa membuat perhatian kita tidak teralihkan saat sedang berkonsentrasi.

2. Lagu yang Kita Nikmati

Photo Credit: LinkedIn

Bila sedang dalam keadaan stres, mendengarkan musik yang sesuai dengan selera kamu dapat membuat tugas selesai dengan lebih cepat dan dengan hasil yang lebih baik karena mood juga diperbaiki. Suasana hati yang positif tentu dapat membuat kita bisa lebih menerima banyak pilihan dan gagasan ketika mengerjakan sesuatu.

3. Lagu tanpa Lirik

Photo Credit: huffingtonpost

Kata-kata atau lirik dalam lagu seringkali menjadi alasan bagi kita untuk mematikan musik saat sedang berkonsentrasi karena kebisingan yang disebabkan. Solusinya, sembari belajar ataupun bekerja kita dapat sambil mendengarkan lagu yang tidak memiliki lirik sehingga bisa lebih fokus.

4. Lagu dengan Tempo Tertentu

Photo Credit: usatoday

Tempo dalam musik dapat memiliki dampak yang bervariasi bagi semangat kita. Jika sedang mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan kita untuk lebih bersemangat, ada baiknya untuk mencoba mendengarkan musik yang sesuai dengan tempo pekerjaan, seperti musik Baroque.

 

5. Lagu yang Dimainkan dengan Volume Sedang

Photo Credit: englishfuncast

Jangan lupa, tingkat kebisingan penting untuk diperhatikan. Pemikiran kreatif yang keluar dari otak juga dipengaruhi oleh tingkat kebisingan yang masuk ke dalam telinga. Usahakan untuk tetap menyalakan musik pada volume sedang agar pemikiran kreatif tetap dapat terus mengalir dan hindari tingkat kebisingan tinggi karena dapat menurunkan kemampuan otak dalam memproses informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *