Buah-buahan Eksotis Indonesia yang Hampir Punah dan Mungkin Belum Pernah Kamu Coba

Bentang alam yang cantik dan kaya menjadikan Indonesia sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya aneka tumbuhan, misalnya buah-buahan yang kini sudah langka di pasaran. Buah-buahan ini adalah asli Indonesia yang tergeser oleh produk impor karena kalah dari segi kualitas, rasa, dan ketahanannya. Meski demikian, bukan berarti mereka tak layak dikonsumsi dan lalu terlupakan. Bila kamu penasaran akan kesegaran asli Indonesia, inilah 5 buah-buahan eksotis yang hampir punah dan mungkin saja belum pernah kamu coba.

Matoa

 

Photo Credit: Khasiat

Bentuknya mirip kelengkeng, rasanya mirip rambutan, namun aromanya mirip durian, matoa adalah buah eksotis Indonesia yang kini sudah jarang dijumpai di pasaran. Ia datang dari Papua yang hanya berbuah sekali dalam setahun, berbunga mulai Juli hingga Oktober. Warna kulit matoa pun bermacam-macam, mulai dari kuning kehijauan hingga ungu kemerahan, semuanya menyajikan keunikan rasa yang hanya dimiliki Indonesia.

Kecapi

 

Photo Credit: Tokopedia

Sekilas, buah kecapi mirip seperti manggis namun warna kulitnya berbeda. Itulah sebabnya kecapi juga disebut sebagai manggis liar dengan kulit buah sedikit berbulu seperti beludru. Daging buahnya agak asam, namun sangat segar bila dimakan.

Gandaria

 

Photo Credit: Good News from Indonesia

Buah gandaria menyerupai mangga namun ukurannya lebih kecil. Saat muda, ia berwarna hijau dan berubah menjadi kuning agak oranye bila sudah masak. Rasanya asam manis, cocok dinikmati sebagai campuran sambal maupun rujak. Bahkan, daun gandaria pun dapat dikonsumsi sebagai lalapan.

Rukem

 

Photo Credit: Pinterest

Rukem adalah salah satu buah-buahan asli Indonesia dengan rasa paling lezat. Biasanya, buah rukem dimakan segar atau dapat juga diolah menjadi selai. Untuk memakannya, buah rukem dipijit-pijit terlebih dahulu hingga lunak dan sepatnya hilang.

Mundu

 

Photo Credit: Wolupedia NET

Disebut juga apel jawa, sebab bentuknya hampir sama seperti apel namun dengan warna kuning yang menggoda. Buah mundu dapat dimakan segar atau diolah menjadi selai yang lezat. Ia banyak tumbuh di Jawa, Kalimantan, bahkan hingga Filipina dan Thailand.

 

Nah, itulah buah-buahan eksotis asli Indonesia yang hampir punah dan mungkin belum pernah kamu coba. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *