Pernah Mengalami Sembelit atau Susah Buang Air Besar?? Makanan Sehat Berikut Ini Baik Bagi Pencernaan…

1. Buah dan Sayur

Photocredit: Blogspot

Kandungan serat yang terdapat pada buah dan sayur sangat membantu lambung bekerja. Komposisi utama pada sayuran adalah air dan mineral (70 % – 90%). Karena kandungan air yang tinggi inilah yang membuat lambunng lebih nyaman bekerja.

2. Gandum

Photocredit : WordPress

Salah satu makanan yang sehat untuk usus adalah gandum. Sebab gandum sarat akan serat dan nutrisi yang bermanfaat untuk membersihkan usus.

3. Yogurt

Photocredit : Shutterstock

Bagi beberapa orang, susu termasuk yang sulit untuk dicerna lambung. Namun tidak untuk yogurt karena dapat dicerna dengan baik, juga mengandung bakteri sehat yang mampu mendukung sistem pencernaan.

4. Air Putih

Photocredit: Blogspot

Minum Air Putih sangat baik sebagai pembuang racun di dalam tubuh dan membantu pencernaan. Minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari baik bagi sistem pencernaan tubuh. Cara menghitung kebutuhan air adalah 30 ml per kilogram berat badan. Jika berat badan 90 kg, maka kebutuhan cairan sekitar 2700 ml.

5. Beras Merah

Photocredit: WordPress

Beras Merah kaya akan serat, oleh sebab itu beras merah akan banyak membantu dalam masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *