Umur 20, Lebih Baik Tinggal Bersama Orang Tua Atau Sendiri?

Di Indonesia sendiri memang tidak biasa dengan hal ini, tapi di luar sana sudah menjadi suatu budaya. Di mana seseorang yang berumur 20 tahunan meninggalkan rumah orang tuanya untuk tinggal sendiri. Tapi akhir-akhir ini ada peneliti yang mengatakan bahwa anak generasi sekarang lebih memilih untuk tinggal dengan orang tua mereka. Menurut kamu bagaimana? Kamu lebih suka tinggal dengan orang tua atau sendiri? Tapi sebelum menjawab, ini ada beberapa keuntungan dan kerugian antara tinggal sendiri dan tinggal dengan orang tua.

Keuntungan dan kerugian bagi kamu yang memilih tetap tinggal dengan orang tua:

1. Menghemat uang

Photo Credit: Pexels

Keuntungan terbesar kamu tinggal bersama orang tua, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa, listrik, belanja urusan rumah, dan lain-lain. Selain itu bagi kamu yang belum mendapatkan pekerjaan, tinggal di rumah orang tua adalah pilihan yang tepat.

2. Tidak perlu melakukan pekerjaan rumah

Photo Credit: pinkblog.it

Karena kamu tinggal di rumah, kamu mungkin tidak perlu melakukan pekerjaan rumah seperti bersih-bersih, laudry, dan sebagainya. Semuanya akan dibantu oleh orang tua atau pembantu yang ada.

3. Tidak perlu repot cari makan atau masak

Photo Credit: Pexels

Tinggal bersama orang tua, sudah pasti mereka tidak akan membuat anaknya kelaparan. Kamu pasti akan selalu tersedia makanan pagi, siang dan malam.

4. Familiar dan bisa membantu

Photo Credit: Pexels

Dengan tinggal bersama orang tua, kamu akan terasa lebih nyaman dengan suasana yang selama ini kamu rasakan. Selain itu kamu memiliki banyak waktu untuk bersama orang tua dan membantu mereka.

5. Tidak memiliki privasi

Photo Credit: Salon

Kerugian yang kamu hadapi saat kamu tinggal bersama orang tua, kamu tidak memiliki privasi. Selain itu kamu akan selalu ada di bawah pengawasan dan aturan mereka. Kehidupanmu akan selalu ditanyakan, karena mereka akan tetap menganggap kamu anak kecil.

6. Tidak memiliki pengalaman hidup

Photo Credit: Pexels

Saat kamu tinggal dengan orang tua, kamu tidak bisa mengalami hal-hal di saat hidup sendiri. Karena tinggal bersama orang tua, setiap masalah atau beban yang kamu hadapi bisa kamu bagikan sama mereka.

Sedangkan jika kamu tinggal sendiri, keuntungan dan kendala yang akan kamu alami yaitu,

1. Tidak ada aturan yang harus diikuti

Photo Credit: Brave Writer Blog

Di saat kamu tinggal sendiri, kamu terbebas dengan aturan dan pengawasan yang ketat dari orang tua. Tidak ada pertengkaran yang terjadi dengan anggota keluarga. Semua terkendali di dalam genggamanmu sendiri.

2. Menyimpan uang

Photo Credit: Pexels

Karena kamu tinggal sendiri kamu hanya akan mengeluarkan biaya untuk diri kamu sendiri. Kamu juga bisa meminimaliskan pengeluaran dengan baik, sehingga bisa kamu simpan untuk masa depan.

3. Punya ruang privasi yang besar

Photo Credit: Pilothouse Communication

Dengan tinggal sendiri, kamu bisa melakukan apapun yang ingin kamu lakukan. Dengar music kesukaanmu dengan volume besar, tidur di mana saja, dan bisa pergi makan diluar bersama teman sampai larut malam tanpa harus ada yang marah-marah.

4. Punya sifat tanggung jawab dan mandiri

Photo Credit: Thought Catalog

Sifat ini akan menjadi yang paling menonjol atau terlihat dari orang-orang yang tinggal sendiri. Tinggal sendiri mengajarkan kamu banyak hal. Kamu belajar bagaimana cara mengurus diri kamu sendiri tanpa ada orang lain yang menolong atau mengingatkan.

5. Kesepian

Photo Credit: Acculturated

Salah satu kerugian bagi kamu yang tinggal sendiri akan merasakan kesepian. Walaupun kamu senang dengan kebebasan sendiri, tapi percayalah kamu akan tetap merasakan rindu dengan suasana di rumah yang nyaman bersama orang tuamu.

 

Mau seberapa rugi dan untungnya tinggal bersama orang tua atau sendiri, semuanya adalah pilihan dari kamu. Selamat menentukan pilihanmu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *