7 Gaya Gerakan Yoga Dasar Bagi Pemula

Yoga merupakan kelompok praktek fisik, mental, dan spiritual yang berasal dari India kuno. Sekarang ini yoga menjadi salah satu pilihan untuk berolahraga. Jika kamu tidak suka berolahraga dengan mengangkat benda-benda berat, kamu bisa melakukan yoga. Dengan berbagai gerakan mampu membuat kamu lebih sehat, badan lebih lentur, dan spiritual juga lebih tenang. Berikut beberapa gaya atau gerakan dasar yang bisa kamu lakukan sebagai pemula di rumah.

1. Tadasana (Mountain Pose)

Photo Credit: Guts2Fit

Ini merupakan gerakan paling dasar dan mudah untuk dicoba. Cukup berdiri dengan posisi kaki sesuai lebar pinggul, badan tegak, dan tangan menggapai ke langit. Lakukan sembari mengambil napas dalam-dalam secara teratur. Gaya ini mampu membentuk postur tubuh agar lebih baik, sirkulasi darah lancar, dan menyeimbangkan fungsi otot tubuh.

2. Vrksasana (Tree Pose)

Photo Credit: afisha.bigmir.

Ambil posisi berdiri sempurna, kedua tangan berada di sisi badan dan kaki rapat bersentuhan. Lalu taruh telapak kaki kiri ke bagian dalam paha kanan. Kemudian taruh tangan sejajar dengan dada. Tahan posisi itu sambil fokus pada pernapasan. Lakukan pada sisi yang lainnya juga.

3. Uttanpadasana (Raised Leg Pose)

Photo Credit: TheHealthSite

Posisi ini mampu membuat kamu mengatasi perut buncit. Dengan berbaring di atas matras, lalu taruh tangan lurus di samping badan. Kemudian perlahan-lahan angkat kaki sampai berbentuk 40 derajat tegak lurus. Gaya ini merupakan yang mudah, kamu juga bisa melakukannya di tempat tidur.

4. Bhujangasana (Upward Facing Dog Pose)

Photo Credit: the-wandering-yogi

Dimulai dengan posisi badan tengkurap, angkat badan dari lutut sampai kepala pelan-pelan dengan tangan seperti posisi push-up. Gerakan ini bermanfaat untuk mengencangkan perut, melenturkan pinggang dan tulang belakang. Kamu yang sering sakit punggung, akan terasa lebih enak jika melakukan gaya ini.

5. Balasana (Child’s Pose)

Photo Credit: Styles At Life

Gaya ini untuk merelaksasi tubuh, mengencangkan paha, dan memperkuat pergelangan kaki. Lakukan dengan pose istirahat yang membentang pinggul, paha, dan kaki. Fokus pada pernapasan saat melakukannya.

6. Virabhadrasana (Warrior Pose)

Photo Credit: mylifemystuff

Saat kamu melakukan gerakan ini akan menguatkan kaki dan pergelangan kaki kamu. Selain itu juga meregangkan dada, bahu, dan pangkal paha. Awali dengan posisi berdiri tegap. Lalu rentangkan kaki. Pelan-pelan rentangkan tangan sambal tarik napas.

7. Marjariasana (Cat Stretch Pose)

Photo Credit: dolx.ga

Gerakan ini bisa dilakukan oleh pemula dengan baik. Pertama posisikan tubuh kamu seperti merangkak dan pergelangan taruh sejajar dengan lebar bahu, serta posisi lutut di bawah pinggul. Tarik napas yang panjang sambil kuatkan otot perut dan tarik bagian bokong ke atas. Usahakan punggung dan bokong lengkung ke atas saat menarik napas dan lengkung ke bawah saat buang napas. Lakukan secara perlahan-lahan.

 

Nah, itu dia gerakan dasar yoga yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan melakukan yoga juga mampu membuat pikiran kamu lebih tenang. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *