4 Kota di Indonesia yang Cocok Dijelajahi Para Vegetarian

Vegetarian adalah sebutan bagi mereka yang hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup yang bernyawa seperti daging, unggas, atau ikan. Gaya hidup vegetarian kini gencar dikampanyekan sebagai salah satu cara hidup sehat yang mulai diikuti banyak orang dan sebagai upaya melestarikan lingkungan. Nah, bicara tentang vegetarian, dimana sih kita bisa menikmati sajian terbaik yang cocok di lidah dan sesuai gaya hidup kita?

1. Ubud

 

Photo Credit: Bali Kids Guide

Yup! Tak salah lagi, salah satu desa adat tercantik di dunia ini adalah pusat berkumpulnya para vegetarian. Di Ubud, kita mudah menjumpai restoran tematik yang menyajikan menu-menu segar yang diolah para chef andal dari kebun organik petani lokal.

2. Surabaya

 

Photo Credit: Majalah Selera

Semanggi Surabaya memang hanya kuliner sederhana berupa daun semanggi disiram bumbu dari ubi jalar dan kacang tanah. Tapi jangan salah, rasa dan kandungan gizinya sungguh melimpah. Selain semanggi, di Surabaya bisa jumpai lontong balap yang tak kalah nikmat.

3. Bandung

 

Photo Credit: Travelaxia

Di tanah Sunda, segala macam sayuran mentah sangat nikmat dijadikan lalapan sambal. Ada daun katuk, daun pepaya, daun pohpohan, daun beluntas, hingga leunca, semua memang menggoda selera. Tak hanya itu, beberapa restoran di Bandung juga pintar mengolah aneka daging tiruan menyerupai sate, telur, sosis, dan ayam.

4. Yogyakarta

Photo Credit: Instagram/Retno Wulandari

Jika Bandung menjadi spesialis daun-daunan, maka Yogyakarta adalah spesialis jamur-jamuran. Di kota pelajar ini, jamur diolah menjadi beragam hidangan spesial seperti sate, tongseng, pepes, rendang, hingga semur yang serasa daging betulan. Penasaran, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *