Sehat dan Segar, 6 Jamu Tradisional Makin Banyak Penggemar

Di tengah gempuran modernisasi dan kuliner impor yang membanjiri Indonesia, ternyata jamu tradisional masih banyak peminatnya. Berkat inovasi yang berkelanjutan serta selalu berbenah menyesuaikan selera di pasaran, kini jamu bisa bersanding sejajar dengan minuman segar yang dijual di mall-mall dan restoran besar. Apa sajakah mereka?

Temulawak

 

Photo Credit: Caping

Rimpang temulawak biasa dijadikan jamu untuk mengobati liver dan menurunkan kadar kolesterol. Selain menyehatkan, kini banyak dibudidayakan untuk diolah jadi minuman kemasan hingga es krim menyegarkan. Jika cuaca panas, menikmati segelas es temulawak sangatlah pas!

Rosella

 

Photo Credit: Fawzya

Bunga cantik berwarna merah bernama rosella tak hanya indah dipandang mata, namun juga sangat menyegarkan sebagai penghilang dahaga. Rasanya yang sedikit asam justru menambah gairah seusai beraktivitas seharian.

Sinom

 

Photo Credit: Kedai Zen

Minuman satu ini tentu sudah akrab di tenggorokan. Terbuat dari daun asam yang direbus bersama kunyit, temulawak, kapulaga, kayu manis, serta gula jawa yang mampu menambah nafsu makan serta mengatasi gangguan lambung. Di berbagai restoran dan mall-mall besar, es sinom kemasan begitu disukai para penggemar.

Beras Kencur

 

Photo Credit: Blogger

Dari bahan-bahan alami beras putih yang ditumbuk bersama kencur dan ditambah kunyit serta gula jawa, jadilah minuman eksotis bernama beras kencur yang segarnya cocok diseruput selagi keringat deras mengucur.

Gula Asam

Photo Credit: InfoKuliner

Manis, asam, segar, semua bercampur dalam segelas es gula asam. Terbuat dari asam jawa segar yang dicampur gula merah dan gula pasir yang direbus bersama, lalu didinginkan untuk siap mencairkan suasana. Banyak restoran berkelas menyajikan minuman ini dan sukses menjadi primadona.

Kunyit Asam

 

Photo Credit: Halhalal

Selain untuk melancarkan datang bulan dan menghilangkan pegal-pegal, kunyit asam ternyata bisa dijadikan minuman penyegar. Jamu tradisional asli Indonesia ini memang sangat baik bagi kesehatan hingga cocok dikonsumsi untuk keseharian. Di beberapa restoran besar, minuman kunyit asam pun tak pernah sepi dipesan para penggemar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *