6 Film yang Mengajarkanmu tentang Makna Ketulusan. Yuk Ditonton Ulang!

Ketulusan adalah salah satu sifat yang seharusnya dimiliki oleh semua orang di dunia ini. Sebab, ketulusan menjaga tiap orang dari sifat serakah yang seringkali merusak. Orang-orang besar yang pernah dicatat oleh sejarah, dikenal karena ketulusan mereka. Mahatma Ghandi dan Bunda Teresa adalah sedikit dari orang besar yang memiliki ketulusan itu. Oleh karenanya, kita harus membiasakan diri untuk hidup dengan ketulusan. Hal ini tentu akan membuat hubungan antar manusia menjadi lebih baik. Mengenai pelajaran ketulusan, kamu juga bisa belajar dari film-film yang mengajarkan tentang nilai-nilai tentang ketulusan. Berikut adalah 6 film yang bisa kamu tonton sembari memetik nilai tentang ketulusan.

1. The Pursuit of Happiness (2006)

Film ini berkisah tentang keluarga kecil di sebuah apartemen sederhana di California. Mereka adalah Linda dan Chris Gardner dengan anak semata wayangnya yang bernama Christoper. Konflik dimulai ketika Chris gagal dalam pekerjaannya sebagai salesman. Penghasilannya sebagai salesman tak bisa memenuhi tagihan pembayaran sewa apartemennya. Alhasil, Chris harus rela ditinggalkan oleh istrinya dan mulai hidup menggelandang dengan anak semata wayangnya. Dalam perjalanannya ketika menjadi tuna wisma itulah, yang secara tersirat menceritakan tentang ketulusan Chris. Pada akhir cerita, hidup Chris dan anaknya justru terselamatkan karena nilai ketulusan yang dimiliki oleh Chris.

2. Forrest Gump (1994)

Film ini mengisahkan hidup Forrest Gump yang penuh dengan lika-liku. Forrest Gump yang terlahir dengan keterbatasan mental, ternyata memilki ketulusan yang luar biasa. Forrest tak pernah hidup dalam benci, meskipun semasa kecil ia sering dibully. Ia selalu berusaha sebisa mungkin untuk mencintai orang-orang terdekatnya dengan tulus, meskipun sedang terpuruk dalam derita. Ketulusan itulah yang membuat Forrest Gump menuai berbagai keajaiban dalam hidupnya.

3. Pay It Forward (2000)

Film Pay It Forward mengajarkan kita tentang ketulusan yang harus disebarkan. Bermula dari sebuah tugas dari gurunya, Trevor McKinney mencoba membuat proyek kebaikan sosial yang sederhana. Sebuah proyek yang menyuruh orang berbuat kebaikan seperti dalam sistem jaringan Multi Level Marketing (MLM), yang ia namai Pay It Forward. Intinya, jika ada seseorang yang berbuat baik kepadamu, kamu harus membalas jasanya dengan berbuat baik kepada orang lain. Proyek Pay It Forward inilah yang membuat Trevor dikenal dan dikenang.

4. Children of Heaven (1997)

Ali dan Zahra adalah dua tokoh kakak beradik dalam film asal Iran yang berjudul Children of Heaven. Ali dan Zahra hidup dalam keluarga kecil yang terpuruk dalam tekanan kemiskinan. Sampai-sampai Ali harus harus rela beergantian sepatu dengan adiknya Zahra setelah Ali menghilangkan sepatu milik adiknya itu. Ali tak ingin menyusahkan orang tuanya. Ketulusannya inilah yang membuatnya mengikuti lomba lari yang hadiah utamanya sepatu. Dan ia menang. Sikap kedua bocah ini mengajarkan bahwa ketulusan adalah sesuatu yang berharga di tengah kemiskinan.

5. Gridiron Gang (2006)

Film Gridiron Gang adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi di rumah tanahan Mustang Kilpatrick, Los Angeles, Amerika Serikat. Tokoh utamanya adalah seorang pekerja di rumah tahanan Mustang Kilpatrick, bernama Sean Porter. Sean sempat frustasi ketika menghadapi remaja-remaja narapida ini. Ia takut ketika bebas nanti mereka kembali ke lembah kejahatan. Akhirnya, ia memutuskan untuk membentuk tim football guna membangkitkan semangat para remaja itu. Alhasil, berkat ketulusan Sean, mereka mendapatkan hidup yang lebih baik.

6. Hotel Rwanda (2004)

Hotel Rwanda merupakan film yang mengadapatasi kisah nyata pembantaian genosida di Rwanda pada tahun 1994. Tokoh utamanya adalah Paul Rusesbagina yang berprofesi sebagai petugas hotel biasa. Tetapi, ketulusannya menyelematkan rekan-rekannya dan anak-anak membuatnya menjadi seorang pahlawan.

Kini, kamu tahu bahwa ketulusan bisa menyebarkan kebaikan kepada banyak orang. Seperti yang dilakukan oleh tokoh-tokoh dalam film tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *