Ingin Surat Lamaran Kerja Bisa Lolos Seleksi? Terapkan 4 Hal Ini di Kata Pembukanya

Ada banyak sekali surat lamaran kerja yang harus diseleksi oleh HRD. Mereka tentu akan malas membaca jika kalimat pembukanya saja sudah tidak menarik. Jadi, jika ingin HRD langsung melirik surat lamaran kamu, buatlah mereka terkesan dengan kalimat pembuka yang memukau. Begini caranya!

1. Singkat, padat, dan jelas

 

Photo Credit: Usability

Kalimat pembuka pada surat lamaran kerja tidak perlu bertele-tele. Langsung saja perkenalkan diri kamu dengan mencantumkan informasi yang bisa membuat HRD langsung tahu posisi yang sedang kamu incar. Misalnya, kamu mengincar posisi arsitek, maka jelaskan bahwa kamu memiliki latar belakang di dunia arsitektur.

2. Mencantumkan nama rekan yang merekomendasikan

Kamu mungkin memiliki rekan yang bekerja di perusahaan tersebut. Jika dia yang merekomendasikan kamu, maka jangan lupa cantumkan namanya. Jelaskan bahwa dialah yang merekomendasikan untuk menghubungi pihak HRD langsung mengenai lowongan kerja tersebut karena sebelumnya kamu juga telah berpengalaman di bidang yang sama.

3. Menunjukkan prestasi

 

Photo Credit: best-job-interview

Kemukakan prestasi apa yang telah kamu raih pada pekerjaan sebelumnya. Tunjukkan mengapa kamu layak mendapat prestasi tersebut. Jelaskan pula mengapa kamu merasa perusahaan yang kamu lamar harus menerimamu segera. Misalnya jika posisi yang kamu lamar sama dengan posisi kamu di pekerjaan sebelumnya, maka jelaskan bahwa prestasi yang telah kamu raih dapat berguna untuk memajukan perusahaan yang kamu lamar.

4. Menunjukkan minat dan ketertarikan

Tunjukkan minat dan ketertarikan kamu terhadap perusahaan dan posisi yang sedang kamu lamar. Jelaskan mengapa kamu tertarik melamar di perusahaan tersebut. Misalnya kamu melamar di perusahaan kesehatan, maka jelaskan bahwa kamu memang memiliki latar belakang di dunia kesehatan. Kamu bisa menjelaskan bahwa kamu memang lulusan ilmu kesehatan. Atau bisa juga karena kamu telah memiliki pengalaman bekerja sebagai tenaga kesehatan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu terapkan di kalimat pembuka surat lamaran kerja. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *