Nikmat dan Lezat! Menu-menu Idul Adha yang Bisa Kamu Masak Bersama Keluarga Tercinta

Idul Adha adalah salah satu hari raya bagi umat Muslim yang tak kalah meriahnya dari Idul Fitri. Saat Idul Adha, umat Muslim yang mampu akan menyembelih hewan qurban (sapi, kambing, kerbau) sebagai ungkapan syukur dan menjalankan perintah kepada Tuhan. Nah, dalam Idul Adha itu sendiri, tradisi yang paling banyak dilakukan adalah berkumpul bersama keluarga besar lalu memasak aneka hidangan serba daging-dagingan. Seluruh anggota akan berkumpul bersama, bergotong-royong meracik hidangan kegemaran. Tak cuma dengan keluarga saja lho, biasanya kamupun berkumpul bersama sahabat dan teman-teman, bukan? Untuk merayakan Idul Adha, berikut adalah referensi menu-menu Idul Adha yang bisa kamu masak bersama. Dijamin nikmat sekaligus lezat!

1. Sate

Photo Credit: UlinUlin

Hidangan Idul Adha pertama dan paling banyak penggemarnya karena sangat mudah diolah adalah sate. Selain tak rumit, sate digemari karena mampu membangkitkan keseruan, kebersamaan, dan keakraban saat bersama-sama membakarnya bersama teman-teman. Hayo kamu yang suka ‘satean’ atau ‘bakaran’ bareng keluarga atau teman-teman kuliah, apakah masih ingat kenangan manis setiap datangnya Idul Adha?

2. Gulai

Photo Credit: Resep Sedapku

Beberapa daerah terutama Jawa Timur menyebutnya “gule”, merupakan hidangan Idul Adha favorit kedua setelah sate. Gulai sesungguhnya berasal dari India dan cukup populer juga di beberapa negara Asia Tenggara misalnya Thailand, Kamboja, Malaysia, dan Singapura meski dengan racikan bumbu yang sedikit berbeda. Gulai cenderung berkuah kental dengan rempah-rempah yang nendang, sangat cocok dimasak dengan bahan utama daging kambing.

3. Tongseng

Photo Credit: Resep Masakan

Tak cuma gulai, daging kambing juga kerap diolah jadi tongseng yang pedasnya bikin ‘geleng-geleng’. Banyak orang mengatakan bila tongseng memang sedikit mirip dengan gulai namun bumbunya lebih tajam. Selain itu, perbedaannya pun terletak pada daging yang digunakan. Tongseng dibuat dengan daging yang masih melekat pada tulang di bagian iga, sementara gulai adalah potongan daging, lemak, bahkan jeroan.

4. Rendang

Photo Credit: Tokopedia

Bila kamu punya stok daging sapi melimpah, jangan sia-siakan untuk mengolahnya jadi rendang. Masakan khas Minangkabau ini sangat digemari banyak orang bahkan dinobatkan sebagai kuliner paling nikmat sedunia. Jika kamu ingin membuatnya, resep rendang nikmat dan empuk sangat mudah ditemukan di mesin pencarian. Setelah sukses, jangan lupa kirim ke calon mertuamu agar semakin sayang.

5. Oseng Mercon

Photo Credit: AngkutKoper

Jika rendang asli Minang, maka oseng mercon adalah kuliner daging paling ‘nendang’ asal Jogja. Yang khas dari kuliner ini adalah rasa pedas menyengat yang bikin kamu ‘keringetan bahagia’. Oseng mercon biasa dimasak dengan daging sapi campur koyor sehingga lemaknya pun cukup banyak. Waspada kolesterol ya, teman-teman!

6. Soto Madura

Photo Credit: Sumber | Berbagi informasi, Membangun negeri

Nah, tak cuma bagian daging berkualitas yang bisa diolah jadi kuliner nikmat, lho. Jika kamu punya stok jeroan sapi, babat usus, atau bagian lain yang tak banyak diincar orang seperti mata dan torpedo, kamu bisa memasaknya jadi soto madura berkuah kental, gurih, dan sangat nyaman!

7. Bakso

Photo Credit: RumahMesin

Wah, siapa yang tak suka makan bakso? Kuahnya yang mantap beserta bola-bola daging yang nikmat memang bikin siapapun ketagihan. Saat Idul Adha datang, kamu bisa bikin bakso sepuasnya bareng teman-teman tanpa takut menghabiskan banyak uang. Hm, sedap!

8. Lapis Daging

Photo Credit: ResepBuntik

Lapis daging adalah masakan khas Jawa Timur yang punya cita rasa khas, sedikit manis gurih, sangat cocok dinikmati bersama nasi dan acar segar. Meski lazimnya dihidangkan saat hajatan dan pesta pernikahan, namun tak ada salahnya kamu memasak kuliner satu ini agar tidak penasaran.

9. Rawon

Photo Credit: Dunia Internet

Sup hitam gurih asal Jawa Timur ini juga sayang banget untuk dilewatkan. Selain rawon daging khas dalam, rawon tetelan dan rawon suwiran juga nikmat untuk dinikmati bersama keluarga besar.

10. Sop Buntut

Photo Credit: InfoKuliner

Last but not least, sop buntut harus dimasukkan juga dalam daftar menu Idul Adha karena gurih, sedap, serta nendangnya mampu menghangatkan kebersamaan. Jangan lupa setelah mencoba semua hidangan di atas, timbang ulang berat badanmu ya! Haha.

Kamu penyuka olahan daging? Kunjungilah 5 kota berikut ini

Nah, teman-teman, apakah tradisi Idul Adha yang sering kamu lakukan bersama keluarga? Masakan apa yang tak pernah absen sebagai sajian di meja? Share yuk di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *