Test Kepribadian Ini Sering Digunakan Perusahaan Untuk Menentukan Penempatan Karyawan

Menjadi pemilik perusahaan harusnya berhati-hati dalam menyeleksi karyawan serta menempatkannya. Karena setiap manusia memiliki minat, keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda. Maka dari itu dibutuhkan test psikolog atau test kepribadian yang sering dilakukan bagi para karyawan baru. Test yang sering dilakukan adalah DISC atau Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance.

Model kepribadian DISC ini menunjukkan pemikiran manusia yang memiliki perilaku bawaan dari orang tua (keturunan). Selain itu seiring dengan pertumbuhannya seseorang akan dipengaruhi oleh lingkungan dan komunitas terdekat. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengetahui titik lemah dan unggul masing-masing tipe kepribadian, sehingga penempatan karyawan bisa lebih mudah.

1. Dominance (D)

Photo Credit: CNBC

Orang yang memiliki tipe “D” ini akan bereaksi dominant, decisive, langsung, demanding dan selalu mengambil alih terhadap masalah dan tantangan. Mereka bertanggung jawab dan tidak suka di bawah kendali orang lain. Tipe ini merupakan tipe yang aktif. Dia akan lebih banyak memberikan ide dan me-lead anggota, maka dari itu tipe ini cocok menjadi seorang pemimpin dalam organisasi, misal CEO atau presiden.

2. Influence (I)

Photo Credit: utel.edu

Tipe influence ini adalah tipe yang mudah bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain, sehingga memiliki pribadi yang optimis, antusias dalam mengerjakan dan menjalankan pekerjaannya. Orang yang memiliki tipe ini lebih suka berada dalam keadaan bekerjasama dengan orang lain dalam mengerakan tugas. Karena ia masih membutuhkan orang lain untuk mencari fakta, dan melakukan pendekatan secara logis. Tipe orang ini cocok menjadi salesperson, public relation officer, manager.

3. Steadiness (S)

Photo Credit: Kumari Job

Kepribadian ini dikenal dengan konsistennya dalam melakukan sesuatu. Tipe ini berorientasi sama dengan influence yaitu pada people (orang) dan relationship (hubungan). Kekuatan dari seseorang yang memiliki tipe ini adalah ia piawai bekerja dalam tim, memiliki loyalitas tinggi, supportive dan cepat melayani orang lain. Dia akan nyaman dengan keadaan lingkungan yang minim dengan konflik dan berorientasi dengan kelompok. Sedangkan yang ditakutinya adalah perubahan lingkungan dan ketidakpastian dalam mengerjakan pekerjaannya. Maka dari itu pekerjaan yang sesuai untuk tipe ini adalah pekerja sosial, konselor, human resources officer.

4. Compliance (C)

Photo Credit: cabinet-consultant

Seseorang yang memiliki kepribadian tipe “C” ini merupakan tipe pekerja yang tekun, fokus pada kualitas dan ketepatan. Mereka memiliki sifat yang teliti dan detail. Selalu merancanakan semuanya lebih dahulu sebelum memulai pekerjaannya. Karena sifat perfectionistnya ini tipe compliance terkesan lambat dalam proses pekerjaannya. Tipe ini sangat bisa bekerjasama dengan tipe orang “D”. Maka pekerjaan yang tepat buat orang berkepribadian ini berada dibawah komando dominant sebagai wakil presiden atau asisten manajer.

Test ini hanya membantu menempatkan karyawan sesuai dengan karakter dan sifat mereka. Bukan berarti satu posisi harus diisi dengan kepribadian tertentu. Nah, kamu tipe kepribadian yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *